Katuranggan Murai Batu Bahan yang Bagus

Burungnya.com – Bagus tidaknya burung Murai Batu bahan dapat dilihat dari ciri fisiknya atau katuranggan. Bahkan pemula yang baru terjun ke burung Murai Batu pasti bisa membedakan mana Murai Batu bahan yang bagus atau biasa saja.

Seperti halnya Bapak Suud, Kadiv penangkaran NZR Group yang sudah bermain burung sejak tahun 1994 sampai saat ini. Katanya dia mengetahui katuranggan burung bagus setelah merawat burung selama 2 tahun. Dulu tidak ada internet dan media sosial. Sehingga semuanya harus diamati sendiri dan dicari sendiri berdasarkan pengalaman.

Namun, sekarang kicau mania bisa bertanya ke Google atau langsung ke forum serta grup di Facebook. Jadi bisa dipastikan kicau mania zaman sekarang yang masih pemula pun seharusnya mengetahui mana burung bagus atau tidak bagus.

Murai Batu Bahan yang Bagus (youtube.com)
Murai Batu Bahan yang Bagus (youtube.com)

Katuranggan Murai Batu Bahan yang Bagus

Pertama yang harus dilakukan adalah mengamati ciri-ciri fisik burung Murai Batu bahan. Anda harus melihat dengan saksama mulai dari ujung kepala sampai ujung ekor. Dari situ akan kelihatan Murai Batu yang berkualitas.

1. Mata Murai Batu

Untuk mata atau tatapan burung, kalau bisa yang belok dengan tatapan yang tajam. Maksud dari belok adalah bola mata bulat agak menonjol.

2. Paruh Murai Batu

Saat membuka paruh, garis bukaannya sejajar dengan mata. Kalau burung sudah bunyi, bukaan paruhnya sangat lebar dengan volume yang keras. Di samping itu, ukuran paruh kalau bisa pilih yang besar.

3. Kaki Murai Batu

Tahukah Anda, kaki burung Murai Batu bahan ada yang panjang dan pendek. Burung Murai Batu yang kakinya pendek cenderung mau ngeplay.

Burung kakinya panjang tetap ada ngeplay tapi ada nabraknya. Volume suara yang kakinya panjang jauh lebih keras. Untuk burung yang ngeplay tipe sujud, suaranya tidak bisa sekeras burung yang tidak ngeplay.

Saran untuk Pemula

Kalau bisa memiliki burung Murai Batu bahan dulu. Lalu, belajar cara merawatnya seperti apa. Jemurnya bagaimana, mandinya bagaimana. Porsi pakannya berapa, extra fooding apa, dan lain-lain. Terakhir, burung dibawa ke lapangan.

Loading...

Para pemula harus mengetahui setingan dasar tersebut. Setelah mengetahui setingan yang tepat, burung akan juara. Rasa bahagia setelah menang lomba tidak akan terlupakan. Pasti Anda akan merasa bangga karena sudah belajar sendiri sampai mengantarkan burung puncak prestasinya.

Kesimpulan

Demikian sebagian katuranggan burung Murai Batu bahan yang bagus. Mungkin bapak Suud tidak membagikan seluruh ilmunya. Jadi cuma diberi tahu beberapa katuranggan saja. Anda bisa mengamati sendiri burung yang bagus berdasarkan pengalaman.

Baca juga:

Nantinya, Anda akan memiliki ilmu sendiri bagaimana cara merawat burung Murai bahan. Yang terpenting, untuk awal-awal tidak perlu beli burung yang mahal. Cari Murai Batu bahan yang murah dulu. Apabila Anda bisa menjadikan burung murah menjadi mahal, tentu rasa bangganya akan luar biasa.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • katuranggan murai yang bagus
  • katuraranggang murai batu

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!