5 Kelebihan Burung Jalak Putih Dilihat dari Fisiknya

Burungnya.com – Mengapa banyak orang mencari Jalak Putih (Acridotheres melanopterus) ketimbang jenis Jalak yang lain? Ternyata burung Jalak Putih memiliki kelebihan yang istimewa dan sebagian tidak dimiliki burung lain.

Ya, kalau dilihat-lihat, beberapa orang lebih tertarik dengan burung Jalak warna putih. Burung ini bukan albino karena sebagian sayapnya masih berwarna hitam. Namun, ada juga Jalak putih albino yang seluruh tubuhnya tertutup bulu putih.

Kelebihan Jalak Putih

1. Warna Bulu Putih

Sudah pasti sebutan Jalak putih karena warna bulunya yang putih. Burung ini memang terlihat mencolok karena warna bulu yang indah.

Bulu putih di tubuhnya mulai dari ujung kepala, tenggorokan, punggung, hingga perut. Sementara warna sayap dan ekor hitam pekat keabuan.

Menariknya, di bagian mata terdapat warna kuning seperti kaca mata. Namun, ini bukan bulu, melainkan mirip daging berwarna kuning cerah.

2. Tubuh Jalak Putih

Berapa ukuran burung Jalak putih? Dari ukuran terpantau panjang burung ini 20-25 cm. Tubuhnya besar, gagah, dan terlihat maskulin.

Kaki burung ini panjang, postur tegap, layaknya tim keamanan. Oh iya, perlu Anda ketahui bahwa ukuran tubuh burung Jalak Putih jantan lebih panjang dari betina. Perbedaan ukuran ini diketahui setelah burung berusia 2-3 bulan.

3. Paruh Jalak

Dilihat sudah tampak bahwa paruh Jalak putih warnanya kuning keputihan. Paruh burung ini panjang dengan ukuran lubang hidung yang cukup besar.

Burung ini bisa makan berbagai serangga dengan paruh tersebut. Bahkan, paruh ini juga kuat untuk memakan biji-bijian dan buah.

Dari paruhnya ini keluar suara-suara indah. Tak heran, Jalak Putih sering disebut primadona di antara berbagai jenis Jalak.

Burung Jalak Putih (vogelspeciallclub.nl)
Burung Jalak Putih (vogelspeciallclub.nl)

4. Suara Burung

Tidak hanya postur tubuh yang gagah, tapi suaranya juga istimewa. Burung Jalak putih memiliki suara gacor dan cukup keras. Namun, yang paling mengagumkan adalah Jalak putih bisa menirukan suara burung atau hewan lain.

Loading...

Ini jarang terjadi, tapi sejatinya beberapa burung Jalak memang mempunyai kecerdasan untuk menirukan suara, termasuk suara manusia.

Jadi, wajar saja burung ini menjadi primadona di kalangan keluarga Jalak. Satu lagi, suara Jalak putih jantan lebih keras dari betina.

5. Jalak Putih Dilindungi

Tahukah Anda, bahwa Jalak putih termasuk satwa liar yang dilindungi undang-undang dalam Lampiran PP No. 7 Tahun 1999. Undang-undang tersebut membahas tentang Pemanfaatan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar.

Nah, bagi Anda yang sedang memelihara Jalak Putih, sebaiknya segera daftar ke BKSDA setempat. Ini karena burung tersebut masuk daftar burung dilindungi.

Bagi yang memelihara Jalak Putih, merawat, menyimpan, menjual, membeli, dan sebagainya bisa dikenai hukuman pidana dan denda.

Nah, karena perlindungan burung ini sudah ditingkatkan, jadi tidak ada seorangpun yang menganggapnya burung murahan. Burung ini sudah naik derajatnya karena langka dan hampir punah.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian kelebihan burung Jalak Putih dilihat dari fisiknya. Burung ini memang indah dan istimewa, terutama dari bagian fisik dan kecerdasan berkicau serta menirukan suara.

Burung Jalak Putih sudah masuk daftar burung dilindungi. Sehingga Anda tidak diperbolehkan memelihara atau memburu burung ini secara sembarangan. Saran kami, burung ini diternak saja agar semakin lestari.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!