10 Kelebihan Burung Merpati dan Faktanya

Burungnya.com – Apa yang menarik dari burung Merpati? Di lihat dari sisi suara, biasa saja. Dikatakan burung jinak juga tidak terlalu. Oh ternyata kelebihan burung Merpati ada pada kecepatan dan kemampuan mengingatnya.

Burung Merpati dapat mengingat lokasi untuk mengirimkan sebuah surat atau pesan. Tak heran dulu ada yang namanya Merpati Pos. Burung ini dijadikan layanan pengirim pesan di saat perang.

Tidak ada yang mengetahui kalau burung yang terlihat biasa saja ini ternyata sedang mengirimkan pesan rahasia. Biasanya pesan tersebut diselipkan di kaki atau bawah sayapnya.

Tak hanya itu, Merpati Balap bisa terbang sangat cepat dan tinggi sekali. Kelebihannya tersebut yang sering dijadikan perlombaan namanya lomba Merpati Balap.

Kelebihan Burung Merpati (cgtn.com)
Kelebihan Burung Merpati (cgtn.com)

Kelebihan Burung Merpati

Apakah sampai di situ saja kelebihan burung Merpati? Ternyata tidak, masih banyak lagi kemampuan Merpati yang mungkin belum pernah Anda ketahui.

1. Kecepatan Merpati Terbang

Menurut blog Alpasya, burung Merpati bisa terbang dengan kecepatan rata-rata 77,6 km/jam sampai 92,5 km/jam.

2. Jarak Terbang

Burung Merpati bisa terbang 600-700 mill/hari dengan waktu terbang terlama mencapai 55 hari. Jarak ini bisa ditempuh dari Afrika – Inggris yang berjarak sekitar 7.000 km.

3. Deteksi Medan Magnet Bumi

Merpati dapat menentukan arah dengan cara mendeteksi medan magnet bumi atau pakai matahari sebagai pemandu arah. Bahkan, Merpati bisa memakai gelombang frekuensi rendah seismik untuk mengetahui jalan pulang.

4. Minum yang Unik

Tahukah Anda, ada keunikan pada paruh Merpati. Burung ini bisa minum dengan cara menyedot air menggunakan paruh.

Paruhnya difungsikan sebagai sedotan. Sehingga air dapat disedot layaknya manusia sedang minum. Berbeda dengan burung lain yang harus mendongakkan kepala dulu saat sedang minum.

5. Pandangan yang Baik

Mata Merpati dapat melihat sekaligus membedakan berbagai warna. Tidak hanya itu saja, Merpati juga bisa melihat sinar ultraviolet secara langsung. Itu adalah spektrum cahaya yang sulit dilihat oleh manusia.

Loading...

6. Tes Cermin

Merpati sudah lulus tes cermin dan dapat mengenali refleksi dirinya di cermin. Jadi dia tidak menganggap bayangannya sebagai burung lain. Di dunia ini cuma ada 16 jenis hewan non mamalia yang mempunyai kemampuan tersebut.

7. Burung Pintar

Diketahui Merpati merupakan burung yang pintar. Burung ini dapat mengenali semua huruf atau abjad. Selain itu, dia juga bisa membuat konsep, mengenali gambar, foto, dan membedakan dua foto manusia dalam satu frame.

8. Merpati Balap

Burung Merpati Balap dapat mengepakkan sayap sebanyak 10 kali per detik. Jantung burung berdetak 600 kali per menit selama 1 jam tanpa istirahat.

9. Memori Merpati

Burung Merpati dapat mengingat memori visual hingga 300 gambar sampai kapan pun. Ini diketahui dari studi B.F. Skinner dari Universitas Harvard.

10. Burung Hebat

Merpati merupakan burung yang hebat karena selalu sempurna dalam menjalankan tugas mengirimkan pesan. Burung ini juga setia terhadap pasangan maupun majikan. Burung Merpati selalu bekerja sama dan fokus pada tujuan akhir.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa kelebihan burung Merpati. Meski terlihat seperti burung biasa, tetapi di dalam dirinya terdapat kemampuan yang luar biasa.

Meski dikatakan burung cepat, masih banyak lagi burung yang lebih cepat. Namun, seperti cuma Merpati yang dari dulu dijadikan burung pengantar surat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Keistimewaan Burung Merpati

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!