Kemampuan Burung Terbang Dijelaskan dalam Al Quran dan Sains

Burungnya.com – Al Quran merupakan kitab suci Umat Islam. Di sana terdapat banyak sekali penjelasan tentang seluruh isi bumi, termasuk kemampuan burung terbang. Ya, ternyata kemampuan burung saat terbang sudah dijelaskan di dalam Al Quran dan juga Sains.

Burung Terbang Dijelaskan di Surah An-Nahl dan Surat Al-Mulk

Seperti yang dikutip dari buku Alquran vs Sains Modern Menurut Dr Zakir Naik karya Ramadhani dan kawan-kawan. Dalam Al Quran dijelaskan bahwa burung memang dimudahkan saat terbang di angkasa. Burung bebas terbang, kecuali Allah yang melarangnya. Hal ini tercantum dalam Surah An-Nahl.

“Tidakkah mereka memerhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang di angkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman,” isi Surah An-Nahl Ayat 79.

Ada juga pembasan lainnya tentang burung terbang di Surah Al-Mulk. Kurang lebih isinya sama, burung bebas terbang di langit dan angkasa sesuka mereka, kecuali mereka dilarang oleh Allah. Walau angin kencang atau udara kencang sekalipun, burung tetap bisa terbang.

“Dan apakah mereka tidak memerhatikan burung-burung yang mengembangkan dan mengatupkan sayapnya di atas mereka? Tidak ada yang menahannya (di udara) selain Yang Maha Pemurah. Sesungguhnya Dia Maha Melihat segala sesuatu,” bunyi Surah Al-Mulk Ayat 19.

Burung Terbang dalam Sains

Di dalam buku Power dan Fragility karya Profesor Hamburger, terdapat penjelasan tentang burung jenis Mutton Bird. Dia mampu terbang jauh di Laut Pasifik menempuh perjalanan lebih dari 15 ribu mil selama 6 bulan.

Burung ini menariknya juga membentuk pola angka delapan saat melakukan perjalanan jauh. Mungkin mereka sudah mengetahui bahwa pola tersebut bisa membuat sekelompok burung menjadi kuat menerjang angin.

Nah, berbicara tentang burung kuat dalam menerjang angin, ada burung Alap-alap yang terlahir sempurna karena bisa menerjang angin tapi masih memiliki penglihatan yang tajam. Kepala burung Alap-alap tetap bisa diam saat menerjang angin walau tubuhnya bergoyang dan bergetar.

Loading...

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian sedikit penjelasan tentang kemampuan burung terbang yang dijelaskan dalam Al Quran dan Sains. Secara logika, angin kencang akan membuat benda yang melayang atau terbang akan menjadi berat, tapi burung memiliki kemampuan melawan angin sehingga mereka bisa melewati angin dengan mudah.

Kalau disangkutpautkan dengan Al Quran, sudah pasti kemampuan burung terbang merupakan izin Allah. Sebab, burung dibiarkan bebas terbang di udara tanpa hambatan karena sudah mendapat izin dari Allah. Kalau suatu saat Allah melarang burung terbang, maka burung tidak akan bisa terbang lagi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!