8 Kesalahan Merawat Bayi Kucing yang Tidak Disadari

Burungnya.com – Kalau sudah pisah indukan, bayi kucing menggantungkan hidup pada pemiliknya. Anda sebagai pemilik harus meluangkan waktu untuk merawat bayi kucing. Jangan sampai kucing terlantar karena kesalahan dalam merawat bayi kucing.

Apalagi bila kucing tersebut terlalu kecil dan matanya belum 100 persen berfungsi normal. Tentu, mau mencari makanan sendiri saja akan sulit sekali.

Jadi, Anda harus mengetahui cara merawat bayi kucing supaya nanti kucing tersebut bisa tumbuh sehat dan normal. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan selama merawat bayi kucing.

Kesalahan Merawat Bayi Kucing

1. Kasih Susu Sembarangan

Menurut kalian mungkin semua susu sama saja. Namun, kucing membutuhkan susu khusus terutama kitten atau anak kucing. Susu yang diberikan seharusnya memang buat kucing anak-anak, bukan susu kucing dewasa, apalagi susu manusia.

2. Pemberian Susu Jeda Lama

Tahukah Anda, bayi kucing harus diberi susu dengan jeda 3 jam sekali. Jika kucing sakit, berikan susu 2 jam sekali. Bayi kucing mudah sekali lapar sehingga harus diberi susu lebih sering.

Baca juga: 

3. Makanan Basah Diberikan Terlalu Awal

Bayi kucing usia 0-3 minggu biasanya diberi susu. Nah, setelah minggu ke-4 bayi kucing baru boleh diberi makanan basah, tapi khusus anak kucing.

Nanti, kalau sudah minggu ke-5 anak kucing boleh diperkenalkan makanan padat yang khusus anak kucing. Alasannya, kucing usia segini sudah bisa mengunyah.

Cara Menjinakkan Anak Kucing (indiatimes.com)
Cara Menjinakkan Anak Kucing (indiatimes.com)

4. Telat Latihan Buang Air

Jangan sampai telat melatih anak kucing buang air. Sebab, kucing yang sudah mengenal makanan padat, dia seharusnya dilatih membuang kotoran sendiri.

Loading...

Setelah makan, biasakan meletakkan anak kucing di litter box. Jika dia bisa melakukannya pada tempatnya, berikan hadiah berupa makanan kesukaannya.

5. Kucing Kedinginan

Terkadang pemilik kucing kurang peduli dengan masalah udara dingin. Mereka tidak tahu bahwa anak kucing bisa kedinginan tanpa indukan.

Bayi kucing yang sedang minum susu dari induknya, sebenarnya dia juga mencari kehangatan. Jadi, bila tidak ada indukan, Anda harus memberikan kehangatan berupa tempat tidur hangat, selimut, atau handuk tebal.

6. Sejak Kecil Tidak Dilatih Kedisiplinan

Banyak cat lover suka dengan bayi kucing sehingga lupa memberikan pembelajaran kedisiplinan sejak kecil. Padahal hal tersebut penting, karena kalau kucing terlalu dimanja, nanti saat dewasa, dia bisa jadi kucing nakal.

Sejak kucing masih kecil, biasakan memberikan ketegasan dan kedisiplinan. Misalnya, anak kucing mulai suka mencakar sofa, maka peringatkan dia biar tidak gitu lagi.

Apabila kucing suka buang kotoran sembarangan, segera latih untuk buang air di litter box.

Kelamin Anak Kucing Jantan atau Betina (apurrfectcat.wordpress.com)
Kelamin Anak Kucing Jantan atau Betina (apurrfectcat.wordpress.com)

7. Tidak Menjalin Hubungan yang Erat

Anda mungkin cuma beli kucing untuk senang-senang sesaat saja. Hal tersebut kurang baik. Seharusnya, beli kucing lalu rawat dia dengan baik dan luangkan waktu bersamanya.

Kucing dipelihara untuk mendapatkan keluarga baru, bukan sekadang hewan yang dimasukkan ke dalam kandang saja.

8. Terlalu Protektif

Mungkin Anda begitu sayang dengan anak kucing, sehingga melarang anak kucing pergi ke mana-mana. Justru hal tersebut mengganggu perkembangannya.

Seharusnya, anak kucing dibiarkan berlarian di dalam rumah atau taman. Jangan mengurung anak kucing di dalam kandang karena alasan kesehatan. Justru kucing yang tidak aktif bisa jatuh sakit.

Kesimpulan

Demikian beberapa kesalahan merawat bayi kucing yang tidak disadari. Mungkin selama ini Anda mengira perawatan yang Anda berikan sudah bagus, tapi sebaliknya justru tidak bagus untuk kesehatan.

Jadi, lebih baik segera ubah kebiasaan Anda dalam merawat anak kucing. Dia butuh perawatan yang baik dari pemiliknya. Diharapkan mulai sekarang perawatan Anda terhadap bayi kucing menjadi lebih baik lagi.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!