8 Kesalahan Merawat Kucing yang Harus Diubah

Burungnya.com – Selama ini apakah cara Anda dalam merawat kucing di rumah sudah benar? Perlu Anda ketahui, walau kita sudah menganggap benar, ternyata apa yang kita lakukan dalam merawat kucing masih salah.

Perawatan kucing kita dianggap salah karena membuat kucing tidak nyaman, mempunyai banyak keluhan, dan sering sakit-sakitan. Sehingga, ada kemungkinan bila kucing Anda gampang sakit, mungkin cara merawat Anda masih belum benar.

Lantas, bagaimana cara merawat kucing yang benar? Kebetulan di Channel YouTube Kucing Om Wepe sedang berbagi pengetahuan tentang beberapa kesalahan dalam merawat kucing yang harus segera diubah.

Baca juga: 18 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Bulu Lebat dan Gemuk

Sebenarnya kesalahan ini mungkin sepele bagi kebanyakan orang. Namun, bila dibiarkan dan dilakukan terus-menerus, maka akan berdampak buruk pada kucing Anda.

Jadi sebaiknya segera diubah kebiasaan dalam merawat kucing yang masih salah, mengikuti saran dari Om Wepe. Walau cara merawat kucing ala Om Wepe mungkin tidak benar 100 persen, tapi setidaknya cara perawatannya membuat kucing lebih sehat dan bahagia.

Salah Merawat Kucing (thesprucepets.com)
Salah Merawat Kucing (thesprucepets.com)

Kesalahan Merawat Kucing

1. Porsi Makanan Kucing

Setiap makanan kucing sudah ada porsinya masing-masing. Biasanya makanan kucing porsinya disesuaikan dengan usia dan berat kucing. Jadi, bila Anda asal memberikan makanan, tentu hasilnya kurang bagus.

Kucing jadi tidak mau makan, kucing makannya sedikit, kucing pilih-pilih makanan, dan lain-lain. Saran dari Om Wepe, pemberian makanan kucing sesuaikan dengan berat tubuhnya.

Tips lebih enak Anda membeli sendok khusus yang ada takarannya. Sehingga Anda tidak perlu menimbang berapa berat makanan yang harus diberikan ke kucing.

  • Kitten atau anak kucing (1-2 kg) : 35 gram per hari
  • Kucing dewasa (2-4,5 kg) : 1/2 cup (50 gram) per hari
  • Dewasa (4,5-7 kg) : 2/3 cup (70 gram) per hari

Jadi, porsi makanan tadi dibagi tiga, untuk pagi, siang, dan sore. Kucing akan selalu sehat dan tidak kelebihan berat badan atau obesitas.

Anda harus menyadari bahwa takaran makanan kucing itu sebenarnya tidak terlalu banyak. Jangan termakan iklan yang memberikan porsi makanan dalam jumlah banyak.

Baca juga: Porsi Makanan Kucing Per Hari yang Tepat Sesuai Perhitungan

2. Porsi Pemberian Snack Kucing atau Treats

Cat lovers, snack atau treats itu nutrisinya tidak seimbang. Jadi, jangan jadikan snack sebagai makanan utama. Banyak orang memberikan snack terlalu banyak, sehingga kucing tidak suka makan makanan utama.

Kalori yang terkandung dalam snack sangat tinggi. Kalau Anda memberikan snack terlalu banyak, jelas kucing Anda tidak mau makan.

Paling banyak kucing diberi snack 6 butir per ekor. Normalnya kucing makan snack atau treats sebanyak 3 butir per hari. Lebih baik snack diberikan 3 butir saja.

Jangan pernah memuaskan kucing dengan memberikan snack yang banyak. Nanti kucing tidak mau makan makanan utama.

3. Wadah Makanan Kucing dari Plastik

Kesalahan Perawatan Kucing (hip2save.com)
Kesalahan Perawatan Kucing (hip2save.com)

Tahukah Anda plastik memiliki pori-pori. Jadi walau wadah plastik sudah dibersihkan, pori-pori di permukaannya tetap saja kotor. Sisa-sisa makanan tidak bisa bersih total.

Lebih baik, pakai wadah makanan dari keramik, kaca, atau stainless stell. Ini lebih bagus karena kotoran tidak akan tersisa atau melekat pada permukaan wadah tersebut.

Baca juga: Biaya Memelihara Kucing Mahal atau Murah

4. Kucing Dilatih Nurut

Kucing sering dilatih agar nurut layaknya anjing. Tentu hal tersebut tidak bisa. Sebab, kucing bukan anjing. Lebih baik Anda pelihara anjing daripada kucing.

Kucing bisa nurut tapi tidak bisa sebagus anjing. Jadi, walau sudah dilatih dan dipaksa nurut, tapi kucing tetap memiliki naluri untuk tidak mau diperintah.

Dia memiliki kepribadian yang sifatnya ingin sesukanya sendiri. Jadi, jangan pernah memaksa kucing untuk menuruti kemauan Anda atau dipanggil langsung datang.

Loading...

Baca juga: 10 Cara Merawat Kucing Kampung agar Nurut dan Sehat

5. Kucing Dikenalkan Kucing Lain

Sebagian dari Anda suka sekali memperkenalkan kucing pada kucing tetangga atau kucing teman kalian. Niat Anda mungkin bagus untuk meningkatkan sosialisasi kucing.

Namun, hal tersebut justru membuat kucing stres. Kucing adalah hewan soliter yang suka hidup menyendiri. Jadi, kalau dikenalkan dengan kucing lain, tentu perasaannya berkecamuk dan membuatnya tegang.

Kucing juga tidak suka dikenalkan tempat-tempat baru. Apabila dia diajak jalan-jalan ke tempat baru, sebenarnya dia tidak nyaman. Kucing sering kali jadi diam karena diajak ke tempat lain.

6. Kucing Gigit dan Mencakar

Anda mungkin mau mengubah kucing karena dia suka gigit dan mencakar. Itu sebenarnya naluri kucing terutama yang masih kitten. Anda tidak bisa melarangnya untuk tidak menggigit.

Anda dapat menyiapkan benda-benda untuk arena dia mencakar atau menggigit. Carikan mainan yang bisa digigit dan dicakar. Sehingga Anda terbebas dari gigitan kucing dan barang-barang Anda tidak rusak.

Baca juga: 13 Cara Mengatasi Kucing Gigit Tangan dan Mencakar Tubuh

7. Stres karena Bulu Kucing Rontok

Anda jangan stres kalau bulu kucing rontok. Anda memelihara kucing sehat atau sakit, bulunya akan tetap rontok. Kucing sehat tetap mengalami siklus kerontokan bulu.

Sebab, rontoknya bulu termasuk bagian dari kucing sehat. Bulu yang lama rontok untuk berganti ke bulu baru. Sebagai cat lover seharusnya Anda sudah mengantisipasi rontoknya bulu.

Yang harus Anda lakukan sekarang adalah rajin-rajin membersihkan bulu kucing yang rontok. Sebab, bila tidak dibersihkan bulu kucing justru bisa membawa penyakit bagi manusia.

8. Kucing Tidak Suka Mandi

Kucing Tidak Suka Mandi (catcareofvinings.com)
Kucing Tidak Suka Mandi (catcareofvinings.com)

Tidak ada kucing yang suka mandi. Walau kucing terlihat tenang saat mandi, sebenarnya kucing tersebut tetap stres. Anda jangan terlalu memaksakan kucing harus mandi.

Justru kucing akan stres bila harus berurusan dengan air di kamar mandi. Kalau tidak mau kucing Anda kotor, rawat saja kucing di dalam rumah. Kucing bisa membersihkan dirinya sendiri.

Sehingga Anda tidak perlu terlalu sering memandikan kucing. Dalam sebulan kucing bisa dimandikan satu kali atau 3 minggu sekali. Kucing hamil dan kucing sakit juga tidak boleh dimandikan karena mereka rentang stres.

Baca juga: 10 Cara Memandikan Kucing yang Benar di Rumah

Rangkuman Kesalahan Merawat Kucing

1. Porsi makanan sesuai berat badan kucing

  • Kitten (1-2kg) : 35 gram
  • Dewasa (2-4.5kg) : 1/2 cup (50 gram)
  • Dewasa (4.5-7kg) : 2/3 cup (70 gram)

2. Pola memberi snack/treats pada kucing

  • 3 butir/hari

3. Memakai wadah makanan plastik

  • Ubah wadah makanan berbahan stainless steel/piring kaca/piring keramik

4. Pelihara kucing untuk dijadikan penurut

  • Pelihara anjing saja karena lebih penurut
  • Kucing level penurutnya sangat kecil

5. Kucing tidak menyukai ketika kita mengenalkannya ke kucing lainnya

  • Kucing mudah stres bila dikenalkan dengan kucing lain karena kucing hewan soliter.

6. Tidak sadar akan kebiasaan kitten menggigit dan mencakar

  • Sediakan benda cakaran (menghindari supaya tangan kita/benda lain dirumah kita terhindar dari cakaran dan gigitan)

7. Kucing dengan bulu rontok

  • Kucing sehat pun tetap mengalami siklus kerontokan bulu karna termasuk siklus kucing sehat
  • Hindari bulu rontok karna alasan yg tidak sehat (parasit, jamur)
  • Solusi : rajin membersihkan

8. Kucing jangan terlalu sering dimandikan kalau tidak diperlukan

  • Dapat membuat kucing stres
  • Solusi : jaga kucing untuk tetap indoor
  • Mandi 3minggu sekali

Kesimpulan

Demikian beberapa kesalahan dalam merawat kucing yang harus diubah. Anda mungkin mengira cara merawat Anda sudah benar, tapi kalau mendengar penjelasan dari Om Wepe, tentu perawatan kita masih banyak yang salah.

Daripada kesalahan kita terus berlanjut, sebaiknya segera ubah kesalahan tersebut, sebelum menjadi kebiasaan. Kucing akan menjadi lebih bahagia dan sehat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!