Kucing dengan Mata Beda Warna yang Unik

Burungnya.com – Pernah melihat kucing dengan mata yang beda warna? Jadi warna mata satunya kuning, satunya lagi biru. Ini biasa terjadi pada kucing berbulu putih. Mengapa bisa demikian?

Iya, sebagian kucing memiliki keunikan pada matanya yang berbeda. Satu sisi warna cokelat, mungkin satunya lagi warna hijau. Hal seperti ini biasa dan normal.

Penyebab Mata Kucing Beda Warna

Kira-kira apa yang menyebabkan kucing mempunyai mata yang berbeda warna? Sebentar, kami jelaskan dulu kondisi kucing mempunyai dua warna berbeda namanya Heterochromia iridis.

Kucing seperti ini mempunyai warna iris yang berbeda. Dengan begitu kucing tersebut disebut kucing Heterochromia.

Menariknya, kucing dengan mata berbeda warna kebanyakan dimiliki oleh kucing warna putih. Bisa juga kucing dengan warna lain, tapi tetap didominasi warna putih.

Nah, terkait warna mata kucing yang beda, ini ternyata dari warna bulu yang berasal dari gen yang sama.

Baca juga:

Saat lahir ke dunia, kucing tersebut mempunyai mata warna biru. Setelah usianya menginjak beberapa minggu, warna mata kucing yang sebelah berubah menjadi hijau, kucing, hingga cokelat.

Walau begitu, ada juga kucing yang matanya tidak berubah. Jadi, warna matanya masih tetap biru dua-duanya.

Alasan Warna Mata Kucing Berubah

Kucing Mata Beda Warna Odd Eye
Kucing Mata Beda Warna Odd Eye

Mengapa warna mata kucing bisa berubah? Ini karena pigmen warna melanin kucing berpindah ke dalam iris mata.

Loading...

Nah, untuk kucing Heterochromia iridis, perpindahan pigmen tadi terjadi pada sebelah mata saja. Sehingga warna mata satunya masih biru.

Oh iya, kondisi Heterochromia iridis ini juga disebabkan karena faktor keturunan. Apabila indukannya Heterochromia iridis, berarti ada kemungkinan anakannya nanti juga demikian.

Apakah Kucing Mata Beda Warna Bisa Melihat Normal?

Kucing Heterochromia iridis masih bisa melihat secara normal dan baik seperti kucing lainnya. Kondisi beda warna ini cuma sebatas perbedaan mata saja, sementara fungsinya masih sama.

Yang perlu dipertanyakan justru saat mata kucing berubah tidak dalam kondisi masih bayi. Sebab, bila perubahan terjadi di usia kucing dewasa, Anda harus memeriksakan kucing Anda ke dokter hewan.

Fakta Kucing Mata Beda Warna

1. Kucing Odd Eye

Kucing yang matanya berbeda warna ini dinamakan Odd Eye. Kucing seperti ini kebanyakan memang karena faktor keturunan.

2. Kucing Tidak Tuli

Walau muncul rumor bahwa kucing mata beda selalu tuli, tapi pada dasarnya tidak demikian. Sebanyak 70 persen kucing mata beda warna bisa mendengar dengan baik.

3. Tidak Hanya Kucing Putih

Kondisi Heterochromia iridis ini tidak hanya terjadi pada kucing warna bulu putih, tapi juga warna yang lain. Meski begitu, tetap yang paling banyak kucing berbulu putih.

4. Kucing Beda Warna Dilestarikan di Turki

Tahukah Anda kucing Odd Eye dianggap istimewa di Turki, sehingga kucing tersebut dilestarikan di sana. Kucing ini juga dijadikan simbol saat pelaksanaan kejuaraan basket internasional.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang kucing mata beda warna yang satu biru dan satunya kuning. Kucing seperti ini masih bisa melihat dengan normal.

Sehingga Anda tidak perlu khawatir bahwa kucing yang matanya beda bakal buta. Hal tersebut wajar karena adanya perubahan pigmen mata.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!