Kucing Himalaya Asli Itu Seperti Apa?

Burungnya.com – Punya kucing Himalaya asli menjadi impian banyak orang. Kucing Himalaya ini sering disebut kucing Himmies di kalangan cat lovers.

Kucing himalaya asli adalah kucing yang lahir dari dua induk kucing yang berbeda ras. Jadi, indukan kucing Persia dan Siam membentuk gen yang menghasilkan ras kucing Himalaya asli.

Ciri kucing himalaya asli dapat diketahui dengan mudah. Pada umumnya, kucing himalaya asli tubuhnya besar dan gempal.

Baca juga:

Nah, karena ukurannya yang besar, kucing himalaya asli sering dipanggil kucing raksasa. Meski raksasa, tapi kucing ini lembut sekali. Ini yang menjadikan kucing himalaya mempunyai sifat ingin dimanja, suka main, dan aktif.

Anda ingin beli kucing himalaya asli? Yuk simak dulu sejarah, harga, dan cara merawat kucing himalaya asli berikut.

Sejarah Kucing Himalaya Asli

Anak Kucing Himalaya Asli
Anak Kucing Himalaya Asli

Ternyata banyak dari sejarah genetika ras kucing di dunia yang dipersilangkan. Salah satunya sejarah kucing himalaya asli. Kucing ini cenderung memiliki sejarah yang masanya pendek.

Alasannya keberadaan kucing himalaya diperkirakan masih sekitar 100 tahun. Munculnya kucing himalaya asli tidak terlepas dari pengaruh peternak di tahun 1920-1930.

Di saat itu banyak sekali peternak yang menginginkan persilangan genetika kucing Persia dengan Siam.

Lalu, di tahun 1935, Harvard membuat penelitian untuk mengetahui karakteristik genetika masing-masing kucing Persia dan Siam bila keduanya dikawinkan.

Dari penelitian tersebut justru mendapatkan jenis kucing baru yaitu kucing Himalaya asli pertama. Peneliti memberi nama kucing tersebut Debutante.

Kemudian persilangan genetika yang menghasilkan kucing himalaya asli ini secara resmi dicatat di American Cat Fanciers’ Association serta Cat Fanciers’ Association (CFA).

Karakter Kucing Himalaya Asli

Sebelum beli dan membawanya pulang, ada baiknya Anda memahami karakter kucing Himalaya dulu. Pasalnya, karakter dari kucing himalaya ini berbeda dengan ras kucing lain.

Kucing himalaya lebih suka berinteraksi dengan pemiliknya memakai mata dan suara yang ekspresif. Bulu kucing yang lebat dan tubuh gimbul membuat siapa saja pasti mau berinteraksi dengannya.

Kucing Himalaya juga suka dibelai, terutama di bagian punggung, saat dia digendong. Kucing ini juga suka dimanja dan dipangku.

Walau terlihat akrab dengan manusia, kucing ini sebenarnya tidak terlalu aktif. Sehingga saat berada di rumah, kucing himalaya asli tidak akan berlari-larian dan melompat.

Kesukaan kucing Himalaya cuma bersantai di tempat empuk dan berjalan santai. Bila ada yang aktif, tentu itu kucing himalaya mix Persia atau kucing Kampung.

Harga Kucing Himalaya Asli

Harga Kucing Himalaya Asli
Harga Kucing Himalaya Asli

Berapa harga kucing Himalaya yang asli? Perlu Anda ketahui, kucing Himalaya asli cukup langka dan sulit ditemui. Tak heran, harga kucing himalaya asli bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Kalau kucing himalaya campuran atau mix cenderung lebih murah. Contoh kucing himalaya mix kucing kampung, tentu harganya tidak sampai belasan juta rupiah.

Di beberapa tempat, harga kucing Himalaya campuran berkisar antara Rp 1.850.000 sampai Rp 5.000.000. Cari saja kucing yang masih anakan usia 2 bulan, maka harganya cuma Rp 1.000.000.

Semakin langka dan mahal pasangan kucing Himalaya, maka harganya kucing tersebut akan semakin mahal.

Untuk harga kucing Himalaya yang asli, anakannya saja dihargai antara $1.000-$2.000 atau sekitar Rp 14.360.000 – Rp 28.720.000, seperti yang disadur dari petkeen.com (12/01/2022).

Harga anakan kucing Himalaya saja segitu, apalagi indukannya. Tentu lebih mahal lagi, terutama yang kucing betina.

Fakta Kucing Himalaya

Fakta Kucing Himalaya Asli
Fakta Kucing Himalaya Asli

1. Kucing Himalaya Bukan Ras Alami

Kucing Himalaya diciptakan dari hasil kawin silang Persia dan Siam. Tujuannya untuk mendapatkan bulu runcing Persia yang indah dan mata biru kucing Siam.

Keturunan kucing Himalaya baru bisa disebut keturunan alami. Sebab, dia bukan hasil kawin silang ras lain atau campur tangan manusia.

2. Kucing Himalaya Dinamai Berdasarkan Gen

Gen yang bertanggung jawab atas pewarnaan bulu kucing Siam dikenal sebagai gen Himalaya. Keunikan kucing himalaya terletak pada bulu ujungnya yang bisa berubah.

Saat musim kemarau bulunya putih atau krem. Namun, saat musim dingin, bulu ujungnya akan berubah menjadi gelap.

3. Masalah Kesehatan Kucing Himalaya

Wajah datar kucing himalaya dapat membuatnya sulit bernapas atau istilahnya sesak napas atau asma.

Apabila dia berada di musim kemarau, penyakit sulit bernapas akan sangat menghantui kucing Himalaya.

Apakah Kucing Himalaya Suka dengan Hewan Lain?

Dalam hal ini kucing Himalaya tidak terlalu suka dengan anjing. Namun, bila anjingnya tidak terlalu energik, maka keduanya bisa bersahabat.

Anjing yang berisik bisa membuat kucing Himalaya cemas dan stres. Kucing Himalaya cocok dipelihara dengan hewan lain yang lebih kecil, seperti kelinci, hamster, dan anak kucing.

Makanan Kucing Himalaya Asli

Kucing Himalaya harus diberi makanan dengan kandungan protein berkualitas tinggi. Makanan karnivora wajib dan sumber protein hewani.

Kandungan lain yang dibutuhkan kucing ini adalah asam lemak omega-3 dan omega-6 untuk menjaga bulu agar tetap sehat dan berkilau.

Nah, untuk kucing Himalaya karena berwajah datar, Anda harus memilihkan makanan kucing yang mudah dimakan oleh kucing wajah datar dan mangkuk khusus untuk kucing wajah datar.

Perawatan Kucing Himalaya Asli

Cara merawat kucing Himalaya asli yang terpenting adalah menyisir bulunya setiap hari agar tidak kusut dan tidak kotor.

Selain itu, jaga bulunya jangan sampai terkena kotorannya sendiri. Berarti kucing Himalaya harus dilatih pup di kotak pasir dengan benar.

Pastikan pula litter box juga harus bersih setiap saat. Mandikan kucing Himalaya sebulan sekali untuk menjaga bulunya tetap bersih.

Ciri Kucing Himalaya Asli

  • Tinggi: 25-30 cm
  • Berat: 3-5 kg
  • Masa hidup: 9-15 tahun
  • Karakter: pendiam, lembut, dan jinak
  • Perangai: Manis, penyayang, lembut, pendiam, dan mandiri

Kesimpulan

Demikian beberapa info tentang kucing Himalaya asli. Kucing ini populer di Amerika Serikat. Jadi, bila Anda mencarinya di Indonesia, kemungkinan akan sangat sulit sekali.

Kecuali ada orang yang mengimpor kucing Himalaya asli dari negara asalnya. Kemungkinan di penangkaran kucing atau penampungan kucing ternama juga ada.

Jadi, coba cari kucing himalaya asli dari komunitas. Biasanya dari situ, akan ketahuan siapa pemilik kucing himalaya asli. Sebab, kalau kucing himalaya mix atau campuran, kualitas gennya berbeda dengan kucing himalaya yang asli.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.