Kucing Kurus Perut Buncit atau Besar, Tanda Penyakit Apa?

Burungnya.com – Kalau bicara tentang penyakit kucing, tentu tidak bisa ditulis dalam satu lembar kertas yang besar. Soalnya penyakit kucing itu bervariasi. Biaya penanganannya juga mirip-mirip dengan manusia. Kucing bisa saja tidak sakit, tapi kurus, perut buncit, dan besar.

Nah, soal kucing kurus perut buncit, tentu ada yang tidak beres di tubuhnya. Apalagi kalau perut yang membesar adalah kucing jantan, pastinya kucing tersebut sedang mengidap penyakit tertentu.

Kalau kucing betina yang perutnya besar, kemungkinan hamil. Tapi kalau kucing jantan yang hamil, kira-kira apa penyakitnya? Perut besar pada kucing jantan, belum tentu karena penyakit berbahaya. Bisa saja kucing Anda kebanyakan makan sehingga perut jadi buncit atau obesitas.

Baca juga: Cara Mengobati Kucing Keracunan Sebelum Terlambat

Kucing Kurus tapi Perut Buncit (aminoapps.com)
Kucing Kurus tapi Perut Buncit (aminoapps.com)

Penyebab Kucing Kurus tapi Perut Buncit

Daripada bingung, mari kita bahas mengapa kucing kurus tapi perut besar dan apa penyebabnya. Bisa saja kucing mengidap masalah kesehatan sebagai berikut:

1. Obesitas: perut kucing besar karena kebanyakan makan.

2. Distensi: perut kucing membengkak karena banyak faktor.

3. Asites: Kucing mengalami penumpukan cairan pada rongga perut.

4. Cacingan: Kucing cacingan karena sering bermain di luar rumah atau makan-makanan yang kurang bersih.

Baca juga: Obat Cacing Combantrin Anak Untuk Kucing Aman atau Tidak?

Loading...

5. Penumpukan udara: Di dalam perut bisa saja terjadi penumpukan udara. Sebagai contoh bayi kucing yang diberi susu lewat botol susu atau dot. Biasanya kucing terlalu semangat ngedot akhirnya perut jadi buncit karena berisi udara.

6. Infeksi parasit: Kucing yang diambil dari jalanan bisa saja terkena parasit. Sebab, dia makan makanan daging yang sudah terkontaminasi telur lalat atau kecoak.

7. Parasit cacing pita: Saat anak kucing grooming, dia juga bisa terkena parasit cacing pita. Sehingga perutnya membesar dan tubuh yang lain terlihat kurus.

Baca juga: 7 Makanan Untuk Kucing Sakit dan Cara Memberikan

8. Infeksi FIP: FIP singkatan dari Feline Infectious Peritonitis. Kucing yang menderita penyakit ini bisa mengalami pembengkakan pada perut kucing jantan. Kucing terkena virus feline coronavirus.

9. Kegagalan fungsi organ: Perut kucing jantan membesar bisa terjadi karena kegagalan fungsi organ perut. Seiring bertambahnya usia, fungsi organ kucing menurun. Cairan dan racun yang biasanya dibuang ternyata malah menumpuk di dalam perut.

10. Trauma benturan: Kucing jalanan bisa saja mengalami perut bengkak akibat kecelakaan atau dipukul di bagian perut.

11. Kanker atau tumor: Kucing jantan bisa saja perutnya besar karena terkena kanker atau tumor. Penyakit ini sulit dideteksi karena gejalanya mirip penyakit umum.

12. Minum terlalu banyak: Udara panas membuat kucing meminum banyak cairan sehingga perutnya kembung dan besar.

Baca juga: 8 Susu Kucing yang Bagus Untuk Anakan dan Dewasa

Kesimpulan

Demikian beberapa alasan mengapa kucing kurus tapi perut besar. Hal ini sudah banyak dialami oleh cat lover. Namun, terkadang mereka kurang memahami penyakit kucing.

Sehingga mereka menganggap wajar perut kucing yang membesar. Padahal, kalau dibiarkan akan membahayakan kesehatan kucing.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!