Kucing Makan Nasi, Bahaya atau Tidak?

Burungnya.com – Sebagian pecinta kucing mungkin pernah memberikan nasi dicampur ikan. Pertanyaannya sekarang, apakah kucing boleh makan nasi? Kira-kira nasi berbahaya untuk kucing atau tidak?

Sebagai warga Indonesia, kita memang sudah terbiasa makan nasi sejak masih kecil. Sehingga kucing peliharaan terkadang ikut diberi nasi. Padahal kita belum tahu apakah nasi aman untuk pencernaan kucing.

Di samping kebiasaan, alasan lainnya sudah pasti karena harga yang murah. Anda bisa mengambilkan beberapa sendok makan nasi di wadah dan mencampur dengan ikan.

Kucing sudah terlihat suka dan lahap memakan makanan tersebut. Dilihat dari perilakunya kucing tampak menikmati hidangan nasi dan ikan. Berarti nasi aman untuk kucing dan boleh dimakan untuk makanan harian?

Belum tentu, soalnya nasi bisa berdampak baik dan buruk pada kucing. Tergantung pada usia kucing, tingkat kesehatan, dan porsi nasinya sendiri.

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Nasi dan Gimana Efeknya?

Manfaat Nasi Untuk Kucing

Kucing dapat memakan nasi tanpa efek apapun. Bahkan, nasi bermanfaat untuk mengatasi kucing diare dan masalah perut lainnya.

Namun, perlu diketahui bahwa nasi merupakan biji-bijian padi yang tidak punya banyak nilai gizi untuk kucing. Jadi, kalau diberi nasi setiap hari, nutrisinya tidak terlalu ada. Bukannya lebih baik kucing diberi makanan yang lebih bergizi.

Efek Pemberian Nasi pada Kucing

Di samping itu, pada sebagian kucing, nasi dapat menyebabkan muntah, masalah perut, dan sembelit. Namun, bila nasi dimasak dengan benar, maka nasi bisa dikonsumsi dengan baik.

Kalau untuk kucing, sebaiknya jangan memberikan nasi yang dicampur garam, bawang putih, bawang bombay, dan bahan penyedap lainnya.

Kucing Makan Nasi Bahaya atau Tidak (animalwised.com)
Kucing Makan Nasi Bahaya atau Tidak (animalwised.com)

Waktu Memberikan Nasi pada Kucing

Setelah mengetahui manfaat dan efek nasi pada kucing, kita menjadi tahu bukan kapan harus memberikan nasi ke kucing. Sebaiknya, kucing diberi nasi pada saat sedang sakit perut atau sakit pencernaan lainnya.

Loading...

Kalau kucing sakit, Anda bisa memberikan nasi putih atau nasi merah. Terkadang dokter menyarankan makanan kucing dengan nasi agar efeknya lebih berasa. Meski dicampur, porsi nasi tidak boleh 25 persen lebih banyak dari makanan kucing.

Nasi sendiri dapat membuat kotoran kucing lebih padat dan mencegah dia dehidrasi. Namun, kebanyakan makan nasi, kucing bisa kekurangan gizi. Pasalnya, setelah makan nasi, kucing jadi kenyang dan tidak mau makan daging.

Padahal daging merupakan nutrisi penunjang perkembangan kesehatan kucing. Bila setiap hari kucing makan nasi saja, mungkin dia bisa kekurangan gizi.

Baca juga: 8 Cara Membuat Makanan Kucing dari Kuning Telur Murah Bergizi

Sebelum Memberikan Nasi pada Kucing

Ketahui dulu apa yang boleh dan tidak boleh sebelum memberikan nasi pada kucing. Jangan asal memberi nasi takutnya nanti jadi tidak baik bagi kesehatannya.

1. Kucing Bisa Diberi Nasi Putih Tapi Tanpa Bumbu

Nasi putih biasa masih boleh diberikan ke kucing. Kalau nasi dicampur bahan lain, sebaiknya jangan diberikan pada kucing.

Takutnya bahan tersebut beracun dan memperburuk kesehatan kucing. Contohnya nasi uduk, nasi goreng, hingga nasi kuning belum boleh diberikan ke kucing kesayangan.

2. Anak Kucing Tidak Boleh Diberi Nasi

Ingat tadi kami sempat berpesan bahwa nasi bisa membuat kucing muntah dan lain-lain. Dari situ dapat disimpulkan bahwa nasi kurang baik diberikan pada anak kucing.

Nutrisi nasi kurang bila diberikan setiap hari pada anak kucing. Lebih baik, belikan anak kucing pakan khusus kitten supaya perkembangannya lebih baik.

3. Beras Harus Sudah Dimasak Jadi Nasi

Kalau masih dalam bentuk beras, sebaiknya jangan berikan pada kucing. Kucing tidak terlalu suka makan biji-bijian. Takutnya beras juga bisa melukai penjernaan kucing karena cukup tajam.

Baca juga: 15 Makanan Kucing Terbaik Sehat Bergizi Dilengkapi Merek

Kesimpulan

Demikian beberapa info seputar kucing makan nasi. Anda bisa menyimpulkan sendiri apakah nasi baik untuk kucing atau tidak. Menurut kami nasi putih baik untuk kucing yang sedang sakit pencernaan saja.

Kalau kucing sehat, tidak perlu diberi nasi. Berikan saja makanan kucing pada umumnya. Sebab, nilai gizi pada makanan tersebut sudah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi kucing.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • bolehkah kucing makan nasi

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!