Kucing Oren Dianggap Kucing Barbar, Begini 12 Faktanya

Burungnya.com – Masih ingat dengan kucing warna orange yang sempat viral beberapa waktu lalu. Kucing ini menjadi buah bibir dan sering dijadikan meme oleh netizen. Berbagai media sosial membicarakan kucing oren atau lebih terkenal dipanggil kocheng oren.

Apa sebenarnya yang spesial dari kucing tersebut? Bukan masalah warna orange saja, ternyata ini juga karena sifatnya. Kucing oyen dikenal sebagai kucing yang menyebalkan, bandel, galak, usil, nakal, dan barbar.

Penelitian Kucing Oren

Itu di Indonesia, tapi kalau di luar negeri, kucing ini disebut orange tabby cat. Namun, apakah semua kucing oranye nakal, berisik, dan agresif?

Untuk menjawab hal tersebut, kami mencari sejumlah referensi dan menemukan jawabannya dari University of California. Mereka melakukan penelitian dan sudah dipublikasikan di Journal of Applied Animal Welfare Science.

Dalam penelitian tersebut mereka melakukan survei terhadap 1.200-an pemilik kucing. Dari situ diketahui bahwa kucing oren cenderung pemalas, ramah, tapi berisik. Kucing tersebut juga cerewet dan mengeong keras.

"<yoastmark

Fakta Kucing Oren

1. Kucing yang Penyayang

Selama ini kocheng oren dikenal kucing yang nakal, tapi sebenarnya kucing ini penyayang dan suka disayang. Banyak pemilik kucing orange mengatakan bahwa kucing ini suka mendapatkan perhatian dari pemiliknya.

2. Penelitian Kucing Orange

Sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa kucing oranye pernah diteliti oleh ilmuwan di University of California. Hasil penelitian yang melibatkan 1.200-an responden pemilik kucing sudah dipublikasikan di Journal of Applied Animal Welfare Science.

Dari situ diketahui bahwa kucing oren cenderung lebih ramah, pemalas, tapi memang sangat berisik. Kucing ini juga cenderung cerewet dan suka mengeong keras.

3. Kucing Berisik

Seorang dokter hewan dari San Diego Humane Society and SPCA, Gary Weitzman, menyebutkan dalam buku, How to Speak Cat, ” kucing warna orange cenderung berisik, cerewet, tapi sayang kepada pemiliknya.

4. Kucing Oren Banyak yang Jantan

Tahukah Anda, kucing orange ternyata banyak yang jantan. Menurut Science Focus, 80 persen kucing oren berjenis kelamin jantan, 20 persen sisanya betina.

Kucing betina mempunyai dua kromosom X sedangkan jantan kromosomnya XY. Gen DNA yang menjadikan warna orange adalah kromosom X.

Anak kucing betina butuh kromosom x dua untuk menjadi kucing oranye. Sementara, kucing jantan cuma butuh satu kromosom X. Sehingga kesempatan kucing jantan menjadi kucing oren lebih besar.

"<yoastmark

5. Pigmen Kucing Oren Mirip Manusia

Uniknya lagi pigmen yang menyebabkan bulu kucing berwarna oranye sama dengan pigmen orang berambut merah. Unsur genetik seperti ini disebut pheomelanin.

Pheomelanin mempunyai range warna yang banyak, mulai dari merah terang sampai krem. Kalau pada kucing, warna tersebut terletak di tengah-tengah yaitu orange kecokelatan.

Loading...

6. Corak Kucing Oren

  • Ticket: Tidak ada garis atau bercak di bagian tubuh. Coraknya mirip pasir.
  • Classic: Corak memutar seperti pakaian tie-dye.
  • Spotted Two Color: Tubuhnya memiliki warna orange lebih gelap di sebagian tempat tapi tidak menyebar ke seluruh permukaan tubuh. Jadi, seolah kucing ini memiliki dua warna dominan.
  • Mackerel: Corak garis seperti harimau, lengkap dengan tanda M di atas mata.
  • Spotted: Corak didominasi bintik-bintik.

7. Tanda M di Atas Mata

Saat dilihat dari jarak dekat, khocenk oren ini mempunyai corak garis berbentuk huruf M. Lokasi pola M ini biasanya di atas mata. Corak M di kening atau jidat ini dapat membantu mereka berkamuflase di alam liar.

8. Kucing Oren Jenis Kucing Tabby

Semua kucing oren adalah kucing Tabby. Akan tetapi tidak semua kucing Tabby memiliki bulu warna orange. Soalnya, kucing Tabby juga ada yang warna cokelat, abu-abu, dan cokelat kehitaman.

9. Kucing Populer di Perfilman

Tidak hanya di media sosial, kucing oyen juga populer di perfilman, sebut saja Garfield. Ada juga Crookshanks, kucing oren milik Hermione di film Harry Potter, Puss in Boots di Shrek, dan lain-lain.

10. Kucing Oren Gendut

Banyak kita menjumpai kucing orange yang gendut atau obesitas. Ini karena dia tipikal kucing yang malas dan jarang beraktivitas. Kucing ini terkadang lebih sering berdiam diri, apalagi kalau tidak diperhatikan.

"Khocheng

11. Sebutan Ginger Cat

Ternyata kucing orange sering disebut Ginger Cat atau Marmalade Cat. Kucing ini dipanggil begitu untuk membedakan dengan kucing tabby hitam.

12. Kucing Barbar

Banyak orang dan netizen di media sosial menganggap kucing oren adalah kucing barbar. Alasannya karena kucing sering kali terekam video sedang terlihat nakal, galak, bandel, usil, menyebalkan, berisik, cerewet, suka cari perhatian, preman, dan lain-lain.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian fakta kucing oren yang dianggap kucing barbar. Sebenarnya kucing ini memang bisa dibilang barbar. Sebab, di luar negeri sekalipun, kucing warna orange sebagian besar juga begitu.

Tak heran warga Indonesia sering menyebut kucing oren dengan panggilan kucing barbar. Namun, tidak semua kucing oreng demikian. Ada juga kucing oren yang pendiam dan pemalu.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kucing oren

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!