10 Kucing Tertua di Dunia dan Makanannya

Burungnya.com – Siapa kucing tertua di dunia? Sampai usia berapa kucing bisa hidup? Rata-rata usia kucing bisa mencapai 10-15 tahun ke atas. Kalau kucing dipelihara dengan sangat baik, dia bisa berusia 20 tahunan. Itu belum seberapa ya.

Sebab, ada kucing tertua di dunia yang usia mencapai 38 tahun. Ini usia tertua kucing. Sudah pasti kucing seusia ini tubuhnya tampak lemah. Bahkan bulu di tubuhnya mungkin sudah sering berjatuhan.

Ini wajar karena semakin tua usia kucing, maka kerja organ tubuhnya juga menurun. Sehingga kucing kelihatan tua renta dan jarang melakukan aktivitas.

Baca juga: 15 Jenis Kucing Paling Mahal di Dunia Hampir Rp 2 Miliar

Kucing Tertua di Dunia

1. Kucing Creme Puff

Kucing Tertua di Dunia Creme Puff (animalchannel.co)
Kucing Tertua di Dunia Creme Puff (animalchannel.co)

Tahukah Anda Creme Puff disebut sebagai kucing tertua di dunia yang pernah hidup. Sebab, usia kucing tersebut mencapai 38 tahun lebih 3 hari.

Ya kucing milik Jake Perry ini lahir pada bulan Agustus 1967 lalu mati pada bulan Agustus 2005. Nama kucing Creme Puff sampai pernah tercatat di Guinness World Records sebagai kucing tertua di dunia.

Makanan kucing Creme Puff ternyata sedikit berbeda dari kucing lainnya. Usia kucing ini bisa panjang karena diberi makan berupa telur, daging asap, brokoli, dan asparagus.

2. Kucing Baby

Kucing tertua kedua yang pernah ada adalah kucing domestik hitam bernama Baby, yang tinggal bersama Al Palusky dan ibunya, Mabel, di Duluth, Minnesota. Kucing ini berusia 38 tahun hampir sama dengan Creme Puff.

Dia tidak pernah meninggalkan rumah tempat dia dilahirkan sampai dia berusia 28 tahun. Ketika Al menikah, istri barunya bersikeras agar furnitur untuk kucing menggaruk diganti dan Baby dikeluarkan.

Itu adalah pertama kalinya kucing Baby melihat dokter hewan. Kucing itu tidak menyukai anak-anak, jadi ketika mereka datang, dia bersembunyi di balik perabotan.

Al memberikan kontribusi umur panjang kucing untuk latihan yang dia dapatkan setiap kali dia menggunakan kotak pasirnya atau ingin makan.

Mangkuk makanan dan kotak pasirnya disimpan di ruang bawah tanah, yang mengharuskan kucing untuk naik dan turun 14 anak tangga setiap kali dia ingin menggunakannya.

Baca juga: 10 Jenis Kucing Paling Pintar di Dunia yang Cocok Dipelihara

3. Kucing Puff

Tidak banyak yang diketahui tentang kucing Puss. Dia dikabarkan lahir pada 28 November 1903, di Devon, Inggris.

Kucing jantan ini meninggal pada 29 November 1934, sehari setelah ulang tahunnya yang ke-36. Jadi usia kucing Puff adalah 36 tahun lebih 1 hari.

4. Kucing Ma

Kucing betina bernama Ma mungkin adalah hewan paling beruntung yang masih hidup. Dia tinggal bersama Alice St George Moore dari Drewsteignton, Inggris.

Ma terjebak dalam perangkap gin ketika dia masih kecil dan nyaris tidak selamat dari kecelakaan itu. Namun, dia diselamatkan oleh musisi klasik dan suaminya, yang juga seorang musisi.

Kecelakaan itu menyebabkan masalah khusus bagi kucing itu, jadi dia hidup dengan makan daging dari tukang daging setempat.

Ketika ditanya apa kontribusi mereka untuk umur panjang kucing mereka, Mrs Moore menjawab makanan kucing berupa daging segar dan suasana santai di rumah mereka. Ma harus ditidurkan pada 5 November 1957. Jadi usia kucing ini 34 tahun lebih 5 bulan.

5. Kucing Granpa Rexs Allen

Granpa Rexs Allen diadopsi dari Humane Society of Travis County (Texas) oleh Jake Perry pada 16 Januari 1970.

Belakangan tahun itu, ia menerima telepon dari Madame Sulinaberg, yang mengklaim bahwa itu adalah hewannya.

Perry akhirnya memelihara kucing itu, dan Madame Sulinaberg memberinya surat-surat silsilah yang menunjukkan bahwa dia lahir pada 1 Februari 1964. Dari situ diketahui bahwa kucing ini sudah berusia 34 tahun lebih 2 bulan.

Sulinaberg mengatakan dia lepas karena seseorang membiarkan pintu kasa terbuka ketika dia pergi.

Baca juga: 15 Mitos Kucing Hitam di Seluruh Dunia dan Nama Kucing Hitam Terkenal

6. Kucing Granma Wad

Keluarga Wanna menemukan Granma Wad sebagai anak kucing yang tinggal di depan rumah nenek mereka.

Anak perempuan yang merawat kucing itu baru berusia 3 tahun. Granma Wad tinggal di sebuah rumah di sebuah kebun buah di Thailand.

Dia hanya melahirkan satu anak sepanjang hidupnya. Dia melahirkan empat anak kucing, tetapi dia berhasil hidup lebih lama dari mereka semua.

Menjelang akhir hayatnya, kucing Wichien Maat diserang oleh anjing dua kali, yang membuatnya kesulitan untuk bergerak. Akhirnya kucing 34 tahun ini tutup usia.

7. Kucing Nutmeg

Ada lagi kucing paling tua namanya Nutmeg. Kucing berusia 32 tahun ini berasal dari Tyneside, Inggris. Dia lahir pada tahun 1985.

Kucing milik Liz dan Ian Finlay ini mempunyai usia panjang karena makan ayam panggang dan ikan tuna.

Nutmeg meninggal pada September 2017. Penyebab meninggalnya karena kesulitan bernapas dan gagal jantung.

8. Kucing Scooter

Kucing Tertua di Dunia Scooter (indiatimes.com)
Kucing Tertua di Dunia Scooter (indiatimes.com)

Terdapat kucing siam berusia 30 tahun, namanya Scooter. Scooter lahir pada 26 Maret 1986. Pemiliknya Gail Floyd dari Mansfield, Texas.

Apa yang membuat kucing Scooter hidup lama dan panjang umur? Ternyata salah satu kucing tertua di dunia ini tipikal kucing yang lucu dan bahagia.

Jadi, sehari-harinya dia membuat pemiliknya senang. Kucing ini suka eksplor tempat-tempat baru dan suka dengan manusia. Dia juga sangat suka main rambut dan naik di punggung pemiliknya.

Baca juga: Jenis Kucing Terkecil di Dunia dan Cirinya

9. Kucing Rubble

Rubble melewati jembatan pelangi tak lama setelah teman dan keluarga mengadakan pesta ulang tahun ke-30 tahun untuk ras Maine Coon.

Dokter hewannya mengadakan pesta yang mencakup pemeriksaan gratis dan beberapa makanan kucing favoritnya.

Rubble tinggal di Exeter, Devon, Inggris, bersama pemiliknya Michelle Foster. Dia menerimanya sebagai hadiah ulang tahun ketika dia berusia 20 tahun.

Dia tinggal bersama tiga kucing lain yang berasal dari Persia . Pemiliknya mengatakan bahwa dia menjadi sedikit pemarah ketika dia bertambah tua. Diketahui usia kucing Rubble mencapai 31 tahun saat meninggal.

10. Kucing Corduroy

Kucing Tertua di Dunia Corduroy berburu burung (instagram.com)
Kucing Tertua di Dunia Corduroy berburu burung (instagram.com)

Beberapa dari kalian pasti belum tahu dengan nama kucing Corduroy. Corduroy adalah kucing jantan asal Oregon, Amerika Serikat berusia 27 tahun. Dia lahir pada 1 Agustus 1989.

Apa yang membuat Corduroy bisa hidup lama? Ternyata selain makanan bergizi, dia juga suka berkeliaran di rumah, menangkap hewan, dan olahraga. Sehingga kucing ini muda dan masih perkasa.

Kesimpulan

Demikian beberapa kucing tertua di dunia. Jadi kucing yang paling tua dan tercatat di Guinness World Records adalah Creme Puff. Sementara kucing yang lain juga tua tapi belum tercatat di Guinness World Records.

Beberapa pemiliknya memberikan bocoran bagaimana membuat kucing berumur panjang. Ada kucing tua karena makanannya, tapi ada juga kucing hidup lama karena aktivitas sehari-hari.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.