Cara Memaster Lovebird yang Benar (instagram.com)

3 Kunci Utama Memaster Lovebird yang Benar

Burungnya.com – Apakah memaster Lovebird bisa membuatnya ngekek panjang? Kalau ditanya demikian, jawabannya belum tentu. Sebab, pemasteran Lovebird tujuannya untuk membentuk irama dan mengolah napas saat Lovebird ngekek.

Jadi perlu digarisbawahi bahwa memaster Lovebird sebenarnya tidak bertujuan untuk menambah durasi ngekek Lovebird. Burung Lovebird bisa ngekek panjang bukan karena pemasteran.

Masteran Lovebird difungsikan untuk mengatur irama Lovebird dan melatih napas supaya ngekek dengan cengkok yang tepat. Nantinya, jika pemasteran berhasil, burung Lovebird bisa mengolah napasnya dengan baik dan menjadikan Lovebird ngekek panjang.

Kunci Utama Memaster Lovebird

  1. Jenis Kelamin
  2. Tipe Suara
  3. Kondisi Lingkungan

1. Pemilihan Masteran Berdasarkan Jenis Kelamin

Tujuan memilih suara masteran agar tidak berpengaruh pada tingkat birahi Lovebird. Sebagai contoh sederhana, Anda memiliki Lovebird betina kemudian dimaster dengan suara Lovebird jantan. Apa yang terjadi?

Burung Lovebird betina milik Anda bisa saja over birahi karena mendengar suara Lovebird jantan. Sehingga pemasteran tidak maksimal karena Lovebird betina birahi duluan. Suara masteran tidak akan terekam dengan baik di dalam otak.

Oleh karena itu, sesuaikan jenis kelamin burung Lovebird dengan jenis kelamin burung masteran. Walau burung ngekek karena masteran, tapi kalau ngekeknya disebabkan oleh birahi, maka hasilnya tidak akan sempurna.

2. Tipe Suara Lovebird

A. Tipe Speed Cepat

Suara Lovebird tipe speed cepat biasanya dimiliki oleh Lovebird fighter. Lovebird ini harus mempunyai stamina yang bagus agar tidak mudah lelah. Kalau speed ngekek cepat biasanya durasinya tidak banyak karena energi yang terkuras cukup banyak.

B. Tipe Speed Lambat

Burung Lovebird suara minor atau agak serak biasanya memiliki speed lambat. Walau burung sebelah ngekeknya cepat, dia tidak akan terpancing dan tetap ngekek lambat tapi panjang.

C. Tipe Volume Suara Keras

Suara Lovebird yang keras membutuhkan energi yang besar. Apabila burung tidak memiliki stamina yang bagus, dia pasti cepat kelelahan. Burung seperti ini hanya sedikit yang bisa ngekek panjang.

D. Tipe Volume Suara Pelan

Kelebihan Lovebird volume suara pelan adalah durasi ngekek panjang dan memiliki napas panjang. Lovebird ini pintar mengolah napasnya sehingga bisa ngekek panjang.

Cara Menentukan Tipe Suara Lovebird

Untuk mengetahui Lovebird tipe suara cepat atau lambat, Anda bisa melakukannya dengan cara menghitungkan kekean per detik. Rekam video saat Lovebird ngekek dan bandingkan dengan jumlah suara ngekek Lovebird fighter atau Lovebird minor.

Sementara untuk mengetahui Lovebird tipe suara keras atau pelan, Anda bisa melihatnya dari proses gantang di lomba. Usahakan Lovebird digantang di tengah. Saat Lovebird suaranya terdengar sampai ke pinggir berarti suaranya keras. Namun, bila suaranya tidak terdengar dari pinggir berarti suaranya pelan.

Burung Lovebird bisa memiliki beberapa tipe suara sekaligus. Misalnya, Lovebird tipe suara cepat dan keras. Tipe suara ini biasanya dimiliki oleh Lovebird fighter.

Sekarang bagaimana cara memilih suara masteran Lovebird yang benar? Mudah saja, Anda tinggal memilih suara masteran yang suaranya mendekati tipe suara Lovebird Anda. Misalnya Lovebird Anda suaranya tipikal cepat dan keras, maka pilih suara burung masteran yang memiliki tipe suara serupa.

3. Kondisi Lingkungan Lovebird

Pilih lokasi yang minim gangguan atau tempat yang sepi. Jangan sampai ada suara burung lain atau suara bising lainnya. Sebaiknya pilih tempat pemasteran yang sepi.

Loading...

Tips Pemasteran Lovebird Berdasarkan Lokasi

  • Cari tempat yang sepi.
  • Jangan memaster Lovebird di tempat ramai atau bising.
  • Hindari memaster Lovebird dewasa di dekat Lovebird Paud biar tidak ngeriwik.
  • Pilih suara master dengan kelamin sejenis.
  • Kalau Lovebird Paud dimaster suara Lovebird dewasa tidak masalah.

Cara Memilih Materi Suara Masteran

Lovebird Betina bisa diberi masteri isian masteran yang berdurasi panjang. Kalau Lovebird jantan bagus dimaster dengan suara kasar. Burung Lovebird betina lebih pintar menguasai berbagai suara masteran. Sementara Lovebird jantan lebih mudah menguasai suara burung kasar.

Kalau Lovebird Anda banyak dan campur jantan betina, sebaiknya pilih suara burung lain. Sebagai contoh, suara burung Tengkek Buto speed lambat. Tujuan memilih suara Tengkek Buto agar Lovebird bisa ngekek stabil mendekati suara minor.

Selanjutnya Anda bisa memilih suara walang kecek yang kasar. Suara burung isian walang kecek bisa membuat mental lawan drop dan membuat mereka terdiam mendengar suara Lovebird Anda.

Kalau suara masteran Kenari ini bagus jika Anda ingin fokus ke suara ngekek panjang. Tentunya pemilihan suara Kenari harus yang memiliki cengkok bagus.

Kapan Lovebird Dewasa Bagus Dimaster?

Untuk Lovebird dewasa sangat bagus dimaster saat mabung. Inilah masa-masa terbaik dalam memaster Lovebird dewasa. Sebab, burung yang sedang mabung pastinya lebih banyak diam karena proses pergantian bulu lama ke bulu baru.

Kalau mau pemasteran yang lebih bagus, silakan memaster burung Lovebird di gantangan. Efek pemasteran Lovebird di gantangan sangat efektif dan cepat. Anda bisa memaster di sebelah Lovebird berdurasi.

Pemasteran Lovebird di gantangan lebih cepat masuk. Nanti di rumah akan kelihatan perubahannya. Di gantangan burung bisa mengatur irama agar bisa ngekek panjang. Selain itu, burung juga bisa sekaligus belajar melatih mental di lingkungan dan mental menghadapi lawan.

Kesimpulan

Demikian cara memaster Lovebird yang benar untuk paud maupun dewasa. Burung Lovebird bisa dimaster saat dalam keadaan diam. Misalnya, burung sedang mabung atau menjelang tidur. Kalau burung tidur, sebaiknya biarkan dia beristirahat tidak perlu diganggu dengan suara masteran.

Baca juga:

Sampai saat ini waktu yang paling bagus untuk memaster Lovebird yaitu ketika Lovebird mabung. Soalnya, burung mabung lebih fokus mendengarkan suara burung lain. Dengan begitu, suara masteran akan lebih mudah terekam di otak.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kenapa lovebird bingung saat di masterin
  • Apakah lovebird dewasa bisa dimaster
  • cara memasteri lb dewasa
  • Download suara kenari durasi ngekek panjang
  • Kelamin lb yang cocok dimasteri cililin

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!