Lomba Burung Lovebird dengan Sistem Aplikasi Juri Kicau

Lomba Burung Lovebird dengan Sistem Aplikasi Juri Kicau

Burungnya.com – Sistem penilaian atau penjurian lomba burung di Indonesia memang belum semuanya modern. Namun, ke depannya teknologi digital akan segera merambah ke sektor lomba burung. Sama seperti lomba burung Lovebird dengan sistem aplikasi Juri Kicau.

Penilaian Lomba Burung dengan Aplikasi

Aplikasi yang tersedia di Google Play Store ini memberikan kemudahan untuk kicau mania dalam memantau hasil lomba burung secara live. Tidak hanya kicau mania saja, karena para juri dan korlap di lapangan lomba juga terbantu dengan sistem penilaian yang serba cepat dan akurat.

Aplikasi JuriKicau di Google Play Store (play.google.com)
Aplikasi JuriKicau di Google Play Store (play.google.com)

Kelebihan Aplikasi Juri Kicau

Bagaimana tidak, juri cukup menekan tombol start dan end untuk menghitung durasi ngekek Lovebird. Setelah itu, hasilnya akan dikumpulkan dan bisa dipantau oleh pengguna aplikasi Juri Kicau di mana saja.

Jika pemilik burung berhalangan hadir dan cuma mengutus jokinya saja, maka pemilik burung dapat memantau perlombaan dari rumah melalui aplikasi Juri Kicau.

Aplikasi Juri Kicau dalam Penilaian Suara Kasar Lovebird (Bonafide Indonesia Community)
Aplikasi Juri Kicau dalam Penilaian Suara Kasar Lovebird (Bonafide Indonesia Community)

Sistem penilaian lomba burung Lovebird menggunakan aplikasi juga bisa membedakan suara volume standar dan kasar atau keras. Kalau burung memang bersuara kasar atau keras, maka juri bisa mengelompokkan burung dalam kategori suara kasar dan tentu poinnya lebih tinggi.

EO Lomba Burung dengan Aplikasi Juri Kicau

Sistem lomba burung dengan aplikasi ini akan diadopsi oleh Bonafide Indonesia Community (BIC). EO lomba burung BIC didirikan oleh Dr. H. Lukman Hakim, MSi.

Tablet untuk Penilaian Lomba Burung dengan Aplikasi (Bonafide Indonesia Community)
Tablet untuk Penilaian Lomba Burung dengan Aplikasi (Bonafide Indonesia Community)

Sekarang, beliau menjabat sebagai Direktur LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Ketua Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI. Beliau juga bekerja di bidang Sertifikasi Halal sejak tahun 1993, seperti yang disadur dari Burungnews.com (15/8/2019).

Lomba Burung dengan Sistem Penilaian Aplikasi Modern

Aplikasi Juri Kicau bukan sistem digital pertama di lomba burung kicau. Sebab, sudah ada aplikasi penilaian dan pendaftaran lomba burung bernama SapuRegel Bird Contest System.

Tahukah Anda, aplikasi ini sukses menilai lomba burung pada event besar di kontes Bupati Cup Cilacap tahun 2014. SapuRegel Bird Contest System dapat mengumpulkan pilihan juri yang kemudian diberikan ke korlap untuk dikirim ke komputer induk melalui gadget tablet iPad melalui jaringan WiFi.

Loading...
Penilaian lomba burung (ronggolawe.info)
Penilaian lomba burung (ronggolawe.info)

Selain penjurian lomba burung, aplikasi tersebut juga dipakai untuk pendaftaran dan penetapan undian (nomor gantangan) secara random menggunakan sistem komputer. Aplikasi SapuRegel Bird Contest System dipercaya dapat menggantikan sistem pendaftaran model konvensional.

Lomba Burung dengan Sistem Penilaian Sensor Perekam Suara

Ada lagi teknologi modern yang digunakan pada sistem penilaian lomba burung, yaitu sensor perekam suara ngekek Lovebird. Eo lomba burung yang menggunakan teknologi canggih ini adalah Geneng BC (GBC) di Jombang. Mereka rela menggelontorkan dana sekitar Rp 60 jutaan untuk mewujudkan adanya pembaruan teknologi digital di lomba burung Lovebird.

Cara kerjanya sebagai berikut, alat sensor pendeteksi suara terhubung ke perangkat smartphone atau tablet. Apabila ada Lovebird yang ngekek maka secara otomatis tampilan di aplikasi smartphone akan berwarna hijau sesuai nomor gantangan. Namun, sepertinya bisa juga aplikasi tersebut diatur untuk penghitungan secara manual.

Juri menekan tombol hijau, kemudian aplikasi akan menghitung durasi Lovebird ngekek dalam hitungan detik sampai menit. Hasilnya langsung dikirim ke komputer pusat dan tercatat di database. Setelah penghitungan selesai, maka hasil penilaian lomba burung akan keluar dalam bentuk kertas print out.

Kesimpulan

Demikian beberapa aplikasi penilaian lomba burung secara digital yang mulai diterapkan pada EO lomba burung kicau. Aplikasi seperti ini disambut antusias oleh kicau mania karena transparan, cepat, jujur, dan adil. Yang terpenting, diharapkan aplikasi digital ini dapat menutup adanya celah kecurangan di event lomba burung.

Baca juga:

Peserta lomba yang tadinya bisa bermain mata dan salam tempel dengan juri akan berpikir dua kali. Pasalnya, sistem penilaian ini transparan, bahkan bisa dipantau secara langsung dari semua perangkat gadget dan diakses dari mana saja.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kertas penjurian burung pleci
  • sistem informasi penjurian perhitungan nilai lomba burung
  • aplikasi juri
  • pakem lapangan bic
  • penjurian ronggolawe
  • Tarif juri lomba burung pleci

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!