Terapi Mandi Air Hangat untuk Lovebird Durasi Panjang (youtube.com)

Lovebird Ngekek Panjang dengan Terapi Mandi Air Hangat

Burungnya.com – Selama ini terapi mandi burung Lovebird dilakukan dengan air dingin atau air es. Namun, hal tersebut dianggap menyiksa karena air es bisa membuat tubuh burung kesakitan. Tubuh manusia saja kalau terkena air es terasa sakit apalagi burung.

Nah, karena berbagai pro dan kontra ditemukan setingan terapi mandi air hangat untuk menambah durasi ngekek Lovebird. Untuk mengetahui lebih jelas tentang terapi tersebut, Anda bisa menonton videonya di channel YouTube RKNS TV.

Cara Terapi Mandi Air Hangat untuk Lovebird

  • Siapkan air hangat secukupnya di dalam bak atau ember.
  • Pastikan air hangat tidak terlalu panas.
  • Tingkat kehangatan bisa diukur dengan kuku jari.
  • Pegang burung Lovebird dan kucuri tubuhnya dengan air hangat sedikit demi sedikit.
  • Setelah bulunya cukup basah, burung bisa dilepas di dalam bak atau ember.
  • Burung akan terlihat kelabakan dan mengepakkan sayap.
  • Jika gerakan burung intensitasnya sudah menurun, berarti dia sudah kelelahan dan langsung diangkat dari air.
  • Burung jangan langsung dimasukkan ke sangkar, tapi balik dulu tubuhnya dengan posisi kepala di bawah dan kaki di atas.
  • Pijat lembut bagian hidung dan leher agar air yang masuk ke hidung keluar.
  • Selanjutnya masukkan burung ke dalam sangkar.
  • Angin-anginkan burung, setelah bulu agak kering baru burung Lovebird dijemur.
Lovebird Dibalik Tubuhnya agar Air Hangat di Hidung Keluar (youtube.com)
Lovebird Dibalik Tubuhnya agar Air Hangat di Hidung Keluar (youtube.com)

Manfaat Terapi Mandi Air Hangat untuk Burung Lovebird

  1. Durasi ngekek Lovebird bertambah.
  2. Lovebird yang diam jadi rajin bunyi.
  3. Tubuh Lovebird lebih rileks dan ringan.
  4. Meredakan stres pada Lovebird.
  5. Menghangatkan tubuh burung yang tinggal di daerah dingin.
  6. Lovebird lebih gacor dari sebelumnya.

Kapan Lovebird Bisa Dimandikan Air Hangat?

Untuk waktu pemandian air hangat, Anda bisa melakukannya pada pagi hari yang dingin. Sebenarnya sama seperti Anda saat memandikan burung setiap pagi. Terapi ini lebih cocok untuk Lovebird yang tinggal di kawasan dataran tinggi atau daerah yang dingin.

Kalau kicau mania tinggal di daerah panas gimana? Masih bisa, tetapi durasi pemandiannya sebentar saja sekitar 1 menit. Alasannya udara di luar sudah panas, kalau mandi air panas tubuh menjadi ikut panas dan bisa jadi burung kesulitan bernapas.

Loading...

Apakah Lovebird Paud Bisa Dimandikan Air Hangat?

Sebaiknya burung yang melakukan terapi mandi air hangat mulai usia remaja sampai dewasa. Tubuh Lovebird paud masih kecil dan rentan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berbeda dengan Lovebird dewasa yang sudah memiliki ketahanan tubuh lebih kuat.

Berapa Kali Terapi Mandi Air Hangat Lovebird?

Anda dapat memandikan Lovebird dengan air hangat seminggu 3-4 kali. Misalnya, Anda melakukan terapi mandi air hangat Lovebird setiap hari Minggu, Selasa, dan Jumat.

Kapan Hasil Terapi Mandi Air Hangat Bisa Terlihat?

Kalau mandi air hangat dilakukan rutin pada Lovebird, biasanya hasilnya bisa terlihat setelah 2 minggu. Anda sebelum melakukan terapi sebaiknya direkam dulu durasi ngekeknya.

Setelah terapi selama 2 minggu, Anda rekam lagi durasi ngekek Lovebird. Pasti durasinya akan bertambah. Hal ini karena terapi mandi air hangat berhasil.

Kesimpulan

Demikian terapi mandi air hangat untuk Lovebird ngekek panjang. Terapi ini ditujukan untuk menambah durasi ngekek Lovebird. Apabila Lovebird Anda cuma ngekek 10 detik atau kurang, nanti setelah dimandikan air hangat jadi ngekek 30 detik hingga 1 menit atau lebih.

Selama terapi dilakukan dengan benar, durasi ngekek Lovebird akan bertambah panjang. Namun, kami ingatkan lagi air hangatnya jangan sampai terlalu panas.

Baca juga:

Jangan samakan tingkat hangat untuk tubuh manusia dan tubuh Lovebird. Jadi, kalau burung Lovebird tingkat hangatnya harus lebih rendah dari tubuh manusia.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!