7 Lovebird Prospek Juara Lomba Dilihat dari Ciri Fisik

Burungnya.com – Kalau beli Lovebird mulai dari bakalan atau anakan, pastinya banyak yang belum bunyi. Untuk mengetahui Lovebird tersebut prospek juara lomba atau tidak, tentu cukup sulit. Oleh karena itu, diperlukan keahlian melihat ciri fisik Lovebird prospek juara agar Anda tidak buang uang sia-sia.

Ya, benar sekali, Anda bisa mengetahui Lovebird tertentu akan menjadi juara dari ciri fisiknya. Mengapa bisa begitu? Mudah saja, fisik berperan penting dalam menentukan seekor Lovebird bagus atau tidak.

Dalam hal ini, Anda memang berada di keadaan belum bisa mendengarkan suaranya. Berbeda kalau Anda bisa mendengarkan suara ngekeknya secara langsung, postur tubuh, performa di lapangan, dan lain-lain. Anda jadi tidak perlu belajar mengenali ciri fisik Lovebird yang prospek juara.

Lovebird Prospek Juara

1. Selalu Terlihat Berpasangan

Misal, Anda membeli burung Lovebird dari ombyokan. Perhatikan, biasanya Lovebird prospek selalu berpasang-pasangan. Dari beberapa Lovebird, ada dua Lovebird yang selalu berdekatan, bercengkerama, dan bercumbu.

Amati baik-baik kedua Lovebird tersebut. Ada kemungkinan kedua Lovebird tadi prospek dan konslet di lomba. Soalnya, dari segi birahi, keduanya bisa tersalurkan dengan baik.

2. Kepala Besar Leher Panjang

Selanjutnya lihat apakah kepala Lovebird besar dengan leher yang panjang. Jika benar, kemungkinan Anda mendapatkan Lovebird prospek sudah berada di depan mata. Mengapa kepala harus besar dengan leher panjang?

Lovebird dengan kepala besar diyakini lebih pintar dari Lovebird rata-rata. Sementara leher panjang pada Lovebird diyakini dia bisa mengatur napas dan mengeluarkan suara ngekek yang panjang.

3. Mata Melotot dengan Tatapan Tajam

Coba cari Lovebird yang matanya bulat, melotot, dengan sorot mata yang tajam. Burung seperti ini biasanya sehat dan memiliki mental yang fighter. Berbeda dengan Lovebird mata sayu, ada kemungkinan dia sedang sakit atau memang bermental rendah.

Dilihat dari matanya, burung tampak ingin tahu dan penasaran. Dia seperti ingin mengetahui siapa yang sedang ngekek. Ibaratnya, Lovebird sedang berkata, “siapa di sini yang memiliki suara paling keras, dia akan aku kalahkan.”

Lovebird Prospek Juara Lomba dari Ciri Fisik (twitter.com)
Lovebird Prospek Juara Lomba dari Ciri Fisik (twitter.com)

4. Pangkal Paruh Besar

Dari pangkal paruh Lovebird bisa terlihat bahwa dia memiliki suara yang keras. Ciri Lovebird dengan suara keras yaitu pangkal paruh berukuran besar. Burung seperti ini berpotensi mempunyai suara yang keras, receh, cerewet, dan gacor.

Bentuk pangkal juga simentris, artinya tidak melengkung ke kanan atau ke kiri. Sehingga saat memakan milet, dia bisa dengan mudah mengupasnya. Kalau pangkal paruh besar tapi kurang simetris, dia akan mengalami masalah dalam mengupas milet.

Loading...

5. Sayap Lovebird Mengapit dan Menyilang

Burung Lovebird prospek juara bisa diketahui dari bagian sayap. Lovebird yang bagus dan sehat selalu mengapitkan sayapnya. Kedua sayap mengapit erat di tubuh dan ujung menyilang seperti huruf X.

Kalau Anda mendapati ada sayap yang turun sebelah atau turun semuanya, lebih baik cari lagi yang lain. Burung tersebut mungkin sedang sakit, cedera, dan kurang bagus performanya. Sehingga untuk mengangkat sayap saja, dia tidak kuat, apalagi mengeluarkan tenaga untuk bunyi.

6. Kaki Lovebird Besar dan Kuat

Saat akan memilih Lovebird, coba perhatikan bagian kakinya. Kaki Lovebird yang bagus biasanya besar dan cengkraman kuat. Yang paling penting, burung suka bertengger di satu titik tangkringan, misal di tengah atau samping.

Jika Anda menemukan burung yang kurang kuat dalam mencengkram, lebih baik pilih yang lain karena burung tersebut mungkin sedang sakit. Terus kalau burung sering naik turun tangkringan, hal tersebut juga perlu dipertimbangkan karena hobi seperti itu membuat burung sulit nagen di satu titik.

7. Mental Lovebird Bagus

Burung Lovebird yang bermental bagus tidak akan takut dengan manusia. Saat tangan Anda dimasukkan, biasanya burung akan melihat saja dengan tenang atau cenderung menyerang.

Bila burung menyerang, ada kemungkinan burung masih giras atau belum jinak. Meski begitu, mentalnya sudah menunjukkan fighter. Namun, kalau burung tidak takut sama sekali dan cenderung tertarik mengikuti gerakan tangan Anda, berarti burung sudah sejiwa dengan Anda atau sudah cukup jinak.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian cara mengetahui Lovebird prospek juara lomba dari ciri fisik. Teknik ini perlu dilakukan ketika burung belum mengeluarkan suara atau jarang bunyi. Sehingga kita cuma bisa memantau dari segi fisik saja.

Tidak masalah, karena main Lovebird sebenarnya seperti gambling. Anda bisa beruntung mendapatkan Lovebird bagus, tapi juga bisa apes karena dapat burung kurang bagus.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!