26 Makanan Berbahaya untuk Kucing dan Harus Dihindari

Burungnya.com – Anda mungkin sudah memberikan makanan yang terbaik untuk kucing. Namun, terkadang orang lain justru ceroboh dan asal memberikan makanan berbahaya ke kucing Anda. Alhasil kucing jatuh sakit hanya karena salah dalam memberikan makanan.

Tentu Anda tidak mau kejadian sepele ini menjadikan kucing Anda sakit atau bahkan meninggal dunia. Daripada hal tersebut terjadi, lebih baik mari belajar mengenal makanan apa saja yang berbahaya untuk kucing.

Soalnya, terkadang makanan yang kita anggap sehat dan enak, justru sangat berbahaya. Makanan berbahaya tidak boleh dimakan kucing karena mungkin ada racunnya atau ada kandungan yang tidak baik untuk tubuh kucing.

Daftar Makanan Berbahaya untuk Kucing

Nah, kebanyakan makanan bahaya ini memang disukai oleh manusia atau pemiliknya. Jadi apabila Anda menyukai makanan tertentu, lebih baik tidak perlu dibagi dengan kucing.

Mungkin niat Anda baik, tapi hasilnya bisa berdampak buruk. Jadi lebih baik, makan saja makanan tersebut dan kucing diberikan makanannya sendiri.

1. Cokelat

Anda pernah makan cokelat? Rasanya pasti manis dan enak. Walau enak, tapi Anda jangan coba-coba memberikan makanan tersebut kepada kucing peliharaan.

Alasannya sederhana, cokelat memiliki kandungan toksisitas tinggi dan menjadikan kucing diare serta jantung kucing berdebar-debar.

Mungkin sekali dua kali belum terasa, kalau pemberiannya sedikit sekali. Tapi kalau kucing Anda memakan banyak cokelat sekaligus, tentu hasilnya bisa fatal.

2. Nasi

Makanan utama manusia adalah nasi putih. Orang-orang Indonesia sudah terbiasa makan dengan menu nasi putih.

Walau kebiasaan ini sudah mendarah daging, tapi Anda tidak disarankan memberikan nasi ke kucing.

Alasannya yaitu karena kandungan karbohidrat pada nasi bisa membahayakan kesehatan kucing. Tubuh kucing tidak membutuhkan asupan karbohidrat terlalu banyak.

Ini karena kucing termasuk hewan yang malas gerak atau mager. Sehingga kalau hobinya cuma tidur-tiduran saja dan diberi makan nasi, maka tubuh kucing tersebut akan melemah.

Kalau hal seperti ini terjadi terus menerus, justru kucing Anda bisa jatuh sakit. Lebih baik, berikan makanan kucing merek tertentu, kemudian ajak kucing bermain supaya tubuhnya tidak gendut dan aktif.

3. Ikan Tuna

Selama ini beberapa kandungan makanan kucing juga mengandung ikan tuna. Apakah hal tersebut berbahaya?

Nah, untuk makanan kemasan biasanya kandungan ikan tunanya tidak terlalu banyak. Makanan kucing ini menjadi berbahaya apabila Anda memberikan ikan tuna secara langsung dalam jumlah banyak.

Sebab, ikan tuna tidak mempunyai banyak mineral dan vitamin untuk tumbuh kembangnya. Jika kebanyakan mengonsumsi ikan tuna, maka kucing bisa keracunan merkuri.

Bahkan, pernah kejadian seorang anak diberi ikan tuna dari kecil oleh orangtuanya. Harapan mereka agar anak tersebut bisa menjadi pintar.

Namun, yang terjadi sekarang, anak tersebut justru menjadi hiperaktif. Mungkin memang ikan tunanya mengandung merkuri di lautan. Sehingga hal tersebut berdampak pada anak-anak.

4. Ikan Asin

Hampir sama seperti ikan tuna, kalau ikan asin dampaknya terjadi pada bulu kucing. Anda memberikan ikan asin yang terlalu banyak kepada kucing, terutama kucing ras.

Lalu lihat hasilnya, dalam beberapa hari bulu kucing akan rontok. Entah karena kandungan garam yang terlalu atau memang karena ikan tersebut.

Yang jelas bulu-bulu kucing akan berjatuhan, bahkan pitak. Apa Anda tidak kasihan melihat seekor kucing cantik kehilangan bulunya?

Maksud hati ingin membuat kucing senang, tapi justru bulunya rontok semua. Ingat, apa yang kita anggap baik, terkadang justru membuat kucing menjadi sengsara.

Makanan dan Minuman Kucing Berbahaya (animalwised.com)
Makanan dan Minuman Kucing Berbahaya (animalwised.com)

5. Makanan Berlemak

Banyak makanan berlemak yang kita konsumsi dalam acara tertentu atau sehari-hari. Makanan mengandung lemak ini di antaranya sebagai berikut:

  • Daging sapi berlemak
  • Martabak manis
  • Kentang goreng
  • Pizza
  • Ayam goreng cepat saji
  • Donat
  • Gorengan
  • Es krim
  • Keju
  • Daging olahan
  • Biskuit
  • Kerupuk
  • Daging babi
  • Mayones
  • Santan
  • Permen Cokelat

Kucing yang makan makanan berlemak nanti akan menjadi gemuk dan malas gerak. Nah, kucing seperti ini akan lebih mudah terserang penyakit.

Sebenarnya lemak cukup baik untuk sumber energi kucing. Namun, jangan memberikan lemak dalam jumlah besar. Lebih baik, berikan daging saja sedikit sebagai sumber energi harian.

6. Telur Mentah

Biasanya kuda dan sapi diberi campuran telur mentah dalam makanannya agar stamina terjaga. Namun, jangan pernah memberikan telur mentah kepada kucing.

Hal ini karena karena bakteri salmonella bisa mengganggu proses penyerapan vitamin B pada kucing. Nanti kalau kucing sampai kekurangan vitamin B maka akan sangat berbahaya.

7. Makanan Mengandung Garam

Asupan garam di tubuh yang terlalu banyak bisa membahayakan. Ini karena garam bisa membuat elektrolit pada kucing menjadi tidak seimbang.

Selain itu, garam juga bisa membuat kucing menjadi kehausan terus menerus atau kekurangan cairan (dehidrasi).

8. Tulang Ikan

Beberapa siaran kartun di televisi menunjukkan kucing suka sekali dengan tulang ikan. Namun, sebenarnya hal tersebut cukup berbahaya.

Tulang ikan bisa menyakiti atau mencederai mulut kucing dan tenggorokan. Tajamnya duri ikan sudah pasti bisa tersangkut di mulut dan tenggorokan.

Lebih baik, berikan daging ikan saja. Kemudian tulangnya atau durinya dibuang.

9. Bawang Putih

Tahukah Anda, bawang putih mengandung Disufida dan Sulfoksida yang menjadikannya berbahaya untuk kucing.

Terutama Sulfoksida bisa membuat sel darah merah kucing terganggu dan menjadikan kucing sakit parah.

Namun, cukup jarang sekali ada orang yang memberikan bawang putih ke kucing.

Kecuali orang tersebut benar-benar iseng dan ingin mengerjai kucing. Kalau orang normal, sudah pasti dia tidak akan memberikan bawang putih sebagai makanan kucing.

10. Bawang Bombay

Sama seperti bawang putih, bawang bombay juga berbahaya untuk kucing. Namun, tingkat bahayanya masih lebih tinggi bawang putih.

Meski begitu, jangan sekali-kali memberikan bawang bombay kepada kucing. Kalau ada makanan lain yang lebih sehat, mengapa harus memberikan makanan yang berbahaya.

11. Bawang Merah

Masih di keluarga bawang-bawangan. Kali ini bawang merah juga berbahaya untuk kucing. Sebab, bawang merah juga bisa merusak sel darah merah sekaligus menyebabkan anemia.

Gejala pertama mungkin kucing akan muntah, lesu, lemas, dan anemia. Kemudian urin kucing akan berwarna merah karena kerusakan pada sel darah merah.

Loading...

12. Xylitol dan Permen Karet

Semua jenis permen karet mengandung pemanis buatan. Bahkan, bahan seperti pasta gigi dan penyegar mulut juga berbahaya untuk kucing.

Kucing bisa mengalami hipoglikemia (gula darah rendah) dan meningkatkan sekresi insulin. Bahkan, Xylitol juga bisa menyebabkan rusaknya hati kucing.

Dalam hitungan 30 menit, kucing yang makan Xylitol atau permen karet, kucing akan mengalami muntah, kejang, lesu, diare, dan tubuhnya bertingkah aneh.

13. Jamur

Oh iya jamur mentah juga berbahaya untuk kucing. Dampaknya bisa menyebabkan kucing syok dan kematian mendadak.

Jadi, lebih baik jangan memberikan jamur dalam bentuk matang atau mentah. Nanti kucing Anda bisa mengalami kematian mendadak.

14. Biji-bijian

Ada juga biji-bijian yang berbahaya dan beracun bagi kucing, seperti biji apel dan pir. Sementara biji padi cukup berbahaya karena mengandung gluten.

15. Adonan Roti Mentah

Banyak yang tidak tahu kalau adonan roti mentah mengandung ragi yang bisa menimbulkan gas di perut dan keracunan alkohol.

Jika makan adonan roti mentah maka dapat menyebabkan muntah, diare, disorientasi, lesu, mencret, lemas, dan sulit bernapas.

Buah Berbahaya untuk Kucing

Makanan tadi sudah pasti berbahaya untuk kucing. Namun, apakah buah-buahan juga berbahaya? Selama ini buah dianggap makanan yang menyehatkan, tapi untuk manusia.

Sedangkan untuk kucing, sebagian buah dianggap berbahaya. Anda jangan sekali-kali memberikan buah pada kucing bila tidak tahu bahayanya.

1. Jeruk

Seluruh bagian buah jeruk ternyata beracun bila dimakan kucing. Jeruk mengandung asam sitrut yang menyebabkan iritasi dan merusak saraf otak kucing.

Anda memberikan buahnya berbahaya, kulitnya berbahaya, dan batangnya sekalipun juga berbahaya. Oleh karena itu, sebaiknya jeruk dihindari saja.

2. Alpukat

Tak berbeda jauh dengan jeruk, buah alpukat mengandung zat persin yang beracun bagi kucing. Kandungan zat persin dapat menyebabkan kerja otot jantung kucing tidak stabil bahkan rusak.

Kucing yang tadinya sehat bisa mendadak tidak dapat bernapas dengan normal. Selain itu, efek alpukat selanjutnya bisa menjadikan kucing diare dan muntah.

Oleh sebab itu, jangan sekali-kali memberikan alpukat pada kucing karena sangat berbahaya.

3. Anggur

Apa yang berbahaya dari buah anggur? Ternyata buah anggur bisa mengakibatkan diare dan gagal ginjal bagi kucing. Anda mungkin tidak akan memberikan anggur ke kucing.

Namun, bila dia tidak sengaja memakan buah anggur, bisa jadi kucing Anda akan mengalami diare parah.

4. Kismis

Dari dulu kismis dianggap baik untuk manusia. Namun, bila kismis dikonsumsi kucing, maka bisa jadi racun. Soalnya, kismis dapat merusak ginjal kucing.

Jadi, Anda tidak boleh memberikan kismis pada kucing walau cuma sedikit. Nanti, kucing Anda bisa sakit parah, padahal awalnya cuma coba-coba saja.

5. Kesemek

Buah kesemek juga cukup bahaya untuk kucing terutama bijinya. Pasalnya, buah ini bisa menyebabkan obstruksi dan radang usus.

6. Tomat Hijau

Kandungan alkaloid pada tomat hijau rasanya pahit dan beracun. Di dalam tomat hijau juga terdapat Glycoalkaloid Solanine. Senyawa ini menyebabkan gejala gastrointestinal bawah.

Meski begitu yang paling berbahaya adalah bagian daun dan batangnya. Kalau kandungan tomat dalam makanan kucing tidak berbahaya karena kadarnya sedikit dan sudah diolah.

Baca juga:

Makanan Minuman Buah Berbahaya untuk Kucing (tippvet.com)
Makanan Minuman Buah Berbahaya untuk Kucing (tippvet.com)

Minuman Berbahaya untuk Kucing

1. Kopi

Di dalam kopi terdapat kandungan kafein sekitar 95 mg. Kalau di dalam kopi instan terdapat 30-90 mg kafein.

Nah, di dalam kopi terdapat kandungan Theobromine dan Teofilin yang bisa membuat kucing terkena gagal jantung.

Ini seperti manusia yang tidak pernah minum kopi, kemudian mencoba minum kopi. Dia pasti akan merasa berdebar-debar jantungnya. Apalagi bila yang diminum kopi hitam pahit, pasti jantungnya jedak jeduk.

2. Teh

Tak disangka, ternyata teh juga mengandung kafein. Kandungan kafein terbesar terdapat pada teh hitam, yaitu 25-48 mg. Kalau teh hijau kandungan kafeinnya 25-29 mg.

Efeknya sama yaitu bisa membuat kucing gagal jantung. Nanti, kucing Anda jantungnya bisa berdebar-debar seperti melihat cinta pertamanya.

3. Alkohol

Dampak buruk alkohol sudah banyak sekali. Tidak hanya kucing, manusia yang hobi meminum alkohol juga tidak baik.

Bayangkan manusia saja bisa mabuk dan kehilangan kesadaran, apalagi kucing. Nanti kucing bisa keracunan dan mati seketika.

Jadi hindari alkohol atau minuman sejenis yang mengandung alkohol. Tujuannya supaya kucing Anda hidup sehat dan damai.

Obat Berbahaya untuk Kucing

1. Paracetamol

Obat paracetamol atau asetaminofen tidak boleh diberikan ke kucing. Walau kucing sedang terlihat panas dan kurang enak badan sebaiknya tidak diberi parasetamol.

Akibat pemberian obat ini menyebabkan kucing lemas dan muntah-muntah. Mungkin saja kucing tidak cocok diberi obat tersebut karena ini obat manusia.

Berbeda bila kucing diare, dia bisa diberi combantrin, walau takarannya sedikit.

2. Obat dan Vitamin

Obat tetes mata, vitamin, dan antibiotik bisa berbahaya untuk kucing. Alasannya karena obat ini bisa menyebabkan gangguan pencernaan, beracun, dan merusak hati, serta ginjal.

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan berbahaya untuk kucing dan harus dihindari. Jangan sampai niat baik Anda memberikan makanan enak, ternyata berakibat buruk bagi kucing.

Lebih baik, berikan makanan yang aman agar kucing tidak menderita. Kucing butuh asupan makanan yang bergizi. Jadi, jangan diberi makanan yang aneh-aneh dan cenderung berbahaya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!