Skip to content

25 Makanan Burung Gereja yang Bagus dan Cara Merawat

Makanan Burung Gereja dan Cara Merawat (zoochat.com)

Burungnya.com – Apa saja makanan burung Gereja? Mungkin Anda pernah menemukan burung Gereja yang terjatuh dari pohon. Nah, karena merasa kasihan, burung tersebut Anda rawat dan bawa pulang.

Namun, bagi pemula yang baru memelihara burung Gereja, tentunya tidak mengetahui makanan burung Gereja itu apa saja. Sebab, burung Gereja jarang dipelihara di dalam sangkar.

Paling burung ini cuma dipelihara karena suaranya bagus untuk masteran. Jadi, kalau Anda tidak sengaja menemukan burung tersebut, sebaiknya lihat dulu kondisinya.

Makanan Burung Gereja

Makanan Burung Gereja

Cara Mengecek Kondisi Burung Gereja

  • Perkirakan usia burung.
  • Lihat kondisi tubuhnya ada luka atau tidak.
  • Cari sarang burung yang jatuh.

Apabila burung Gereja terjatuh karena tertiup angin, sebaiknya kembalikan ke sarangnya. Kalau sarangnya ikut terjatuh, berarti Anda harus mengembalikan sarang dan burungnya sekaligus.

Apabila burung terluka karena terjatuh hingga tak bisa menggerakkan kaki atau sayap, Anda baru boleh merawatnya.

Cara Merawat Burung Gereja yang Terluka

  • Bagian luka atau berdarah dicuci dengan air mengalir.
  • Keringkan seluruh bagian tubuh burung dengan handuk atau tisu.
  • Berikan obat merah pada luka di tubuh burung Gereja.
  • Balut luka dengan perban atau hansaplast.
  • Tunggu beberapa hari sampai luka mengering dan anggota tubuh kembali sembuh.
  • Selama perawatan, berikan makanan yang bergizi agar burung Gereja gacor.

Makanan Burung Gereja

1. Milet putih

Harga Milet Naik dan Mahal (bukalapak.com)

Harga Milet Naik dan Mahal (bukalapak.com)

Banyak milet putih dijual di kios burung atau pasar burung. Beli saja milet putih kiloan agar lebih murah. Anda bisa beli milet setengah kilo gram dulu dan lihat perkembangannya.

Milet putih yang bagus biasanya berwarna putih bersih. Jika ada milet yang agak kekuningan biasanya kualitas kurang bagus, sehingga harga lebih murah.

2. Beras putih

Beberapa orang yang menemukan burung gereja, biasanya dipelihara dan dikasih makan beras putih. Apakah beras putih memang bisa diberikan pada burung Gereja? Jawabannya bisa, karena burung ini juga suka beras yang kita makan sehari-hari.

Beras justru lebih mudah didapat karena tersedia di dapur. Anda bisa merawat burung gereja selama beberapa hari dan diberi beras putih lalu dilepas bila kondisi burung sudah sehat.

3. Milet merah

Milet merah tidak berbeda jauh dengan milet putih. Justru keduanya sering dicampur untuk makanan burung Lovebird atau burung parkit hingga kenari. Banyak sekali burung paruh bengkok yang suka campuran milet putih dan milet merah.

Perbedaan keduanya mungkin di kandungan dan warna saja. Sementara harga milet putih dan merah cuma berbeda sedikit. Namun, sebagai polosan biasanya orang-orang lebih suka yang milet putih.

4. Jagung kecil atau giling

Air Rebusan Rambut Jagung untuk Menurunkan Birahi Lovebird (idntimes.com)

Air Rebusan Rambut Jagung untuk Menurunkan Birahi Lovebird (idntimes.com)

Ini jagung kecil yang sudah digiling ya. Soalnya, paruh burung gereja sangat kecil. Kalau Anda memberi jagung yang biasa untuk pakan Merpati, nanti burung Gereja bisa tersedak.

Justru burung tersebut akan mengalami masalah pencernaan. Sebab, jagung besar tidak baik untuk burung gereja. Kalau burung Lovebird bisa diberi jagung tapi jagung mentah. Sementara Merpati kondisi jagung sudah kering.

5. Beras merah

Kalau beras merah termasuk makanan burung gereja kelas premium. Sebab, harga beras merah sendiri tidaklah murah. Banyak orang yang ingin menjaga berat badan dan kesehatan memakan beras merah.

Sementara masyarakat lainnya tidak terlalu suka beras merah. Padahal, beras merah lebih menyehatkan terumata untuk orang yang menderita penyakit tertentu.

6. Padi atau gabah

Jika Anda tinggal di pedesaan, coba pergi ke sawah dan carikan padi atau gabah sedikit saja misal tiga genggam. Itu bisa untuk makanan burung gereja selama satu minggu. Soalnya, burung gereja tidak makan dalam jumlah banyak.

Burung gereja makan sedikit saja. Yang penting Anda memberikan minuman, burung gereja bisa hidup. Kalau Anda cuma memberikan makanan tanpa minuman, burung bisa saja jatuh lemas.

7. Serangga kecil

Serangga yang bisa dikasihkan pada burung gereja apa saja? Menurut kami anak jangkrik masih bisa diberikan ke burung gereja. Namun, pilih anak jangkrik alam yang berukuran sangat kecil.

Anda pernah melihat anak jangkrik yang warna hitam bukan? Nah, berikan jangkrik tersebut sebagai pakan EF burung gereja. Burung tersebut akan sangat suka sekali karena kalau cuma diberi beras akan bosan.

8. Voer

Cara Memilih Voer Burung yang Bagus (petfoodtakeaway.co.uk)

Cara Memilih Voer Burung yang Bagus (petfoodtakeaway.co.uk)

Merek voer terserah, pilih saja yang harganya di bawah Rp 10.000. Voer harga segitu sudah sangat awet dan bisa dipakai untuk sebulan. Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan karena voer ini sifatnya cuma makanan harian.

Pemberian voer juga belum tentu disukai burung gereja. Jadi, lebih baik berikan voer yang murah-murah dulu. Burung yang sudah terbiasa makan biji-bijian biasanya tidak terlalu suka makan voer.

9. Buah

Untuk buah yang diberikan sebagai makanan burung gereja, Anda bisa memberikan buah pisang kepok. Harga pisang kepok cuma Rp 2.000 per 2 biji. Jadi satu buah pisang harganya Rp 1.000.

Tenang saja, buah pisang sangat awet yakni 2-3 hari. Kalau buah pisang yang belum terlalu matang, bisa tahan lebih lama lagi.

10. Sayur

Sayuran untuk makanan burung gereja cukup bervariasi. Anda bisa memberikan sayur sawi atau kangkung bila burung gereja menyukainya. Berikan sayuran yang biasanya diberikan kepada burung kenari.

Nanti pasti burung gereja juga menyukainya. Burung gereja bisa makan sayur sama seperti burung kenari, lovebird, dan burung kicau lainnya.

Dari semua makanan tadi, untuk makanan utama burung Gereja biasanya biji-bijian. Anda bisa memberikan campuran beras putih dan beras merah atau beras putih saja.

Mengapa beras putih? Alasannya beras ini mudah didapat di dapur. Nah, untuk selingan, Anda bisa menambahkan buah dan sayur.

Jika bosan dengan biji-bijian, berikan saja voer yang biasa diberikan pada burung kicau lainnya. Jika sedang ada waktu luang, Anda bisa beli milet kiloan di pasar burung.

Makanan Burung Gereja (bubobirding.com)

Makanan Burung Gereja (bubobirding.com)

Jenis Serangga untuk Pakan Burung Gereja

  1. Jangkrik kecil
  2. Belalang
  3. Ulat hongkong
  4. Kroto
  5. Ulat kandang

Buah untuk Makanan Burung Gereja

  1. Pisang
  2. Tomat
  3. Pir
  4. Apel
  5. Pepaya

Sayuran untuk Burung Gereja

  1. Kol
  2. Brokoli
  3. Sawi
  4. Kangkung
  5. Bayam

Cara Merawat Burung Gereja agar Cepat Gacor

Burung Gereja dimandikan setiap hari layaknya burung kicau pada umumnya. Setelah mandi, coba angin-anginkan sebentar dan jemur sekitar 30 menit.

Jangan lupa ganti pakan dan minum burung setiap hari. Agar mudah, gantilah pakan minum saat memandikan burung.

Kemudian burung dimaster dengan suara MP3. Suara isiannya bisa burung Prenjak, Kenari, dan Blackthroat.

Volume suara pelan saja agar burung tidak ketakutan. Ini untuk memancing burung Gereja agar bersuara lebih keras dan gacor.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian makanan burung Gereja yang bagus dan cara merawatnya. Burung Gereja memiliki suara kasar sehingga bagus untuk masteran.

Namun, untuk meningkatkan kemampuan vokalnya, burung Gereja juga perlu dimaster. Masteran burung Gereja yang bagus, bisa berupa burung Kenari, Prenjak, dan Blackthroat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • makanan burung gereja
  • cara merawat burung gereja erasia
  • Ciri greja anak jantan
  • Pakan burung gereja
  • pur ayam untuk burung gereja

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.