10 Makanan Burung Hantu Celepuk dan Cara Pemberian

Burungnya.com – Burung Hantu Celepuk termasuk hewan liar yang sebenarnya tidak boleh dipelihara. Namun, karena masyarakat Indonesia merasa bisa merawat burung tersebut, akhirnya burung Hantu dipelihara di rumah.

Meski begitu, Anda harus memperhatikan apa saja makanan burung Hantu Celepuk. Selain itu, cara memberikan makanan juga harus diperhatikan. Ini burung liar, jadi cara pemberian makanan berbeda dengan burung kicau pada umumnya.

Sama seperti burung Elang dan burung pemangsa lainnya. Pasti di alam liar dia sudah terbiasa memburu mangsa di malam hari. Kondisi makanan juga masih hidup dan segar.

Kalau kita cuma memberikan makanan burung Hantu di wadah pakan, tentu naluri berburu burung tersebut akan sirna. Kasihan bukan, burung yang seharusnya tangguh dan gagah malah jadi burung penakut dan nurut.

Makanan Burung Hantu Celepuk

Nah, sekarang saatnya membahas tentang makanan burung Hantu Celepuk. Burung ini termasuk burung Hantu yang populer di Indonesia. Pasalnya, banyak masyarakat yang tadinya belum pernah pelihara burung, kemudian mencoba memelihara burung Hantu Celepuk.

Banyak orang asal memberikan makanan kepada burung Hantu Celepuk. Padahal, burung ini sudah memiliki jenis pakan sendiri. Sehingga, menu yang diberikan seharusnya sesuai dengan kehidupannya di alam.

Hanya saja, Anda bisa menyesuaikan makanan burung Hantu di rumah dengan makanannya di alam. Tidak perlu jenis dan bentuknya sama persis, yang terpenting makanan ini dalam keadaan segar dan hidup.

Kalau tidak bisa memberikan makanan dalam keadaan hidup, Anda bisa memotongnya tapi dengan darah yang masih merah segar.

Jenis Makanan Burung Hantu Celepuk

  1. Cacing putih
  2. Jangkrik
  3. Kecoa
  4. Daging ayam
  5. Burung Gereja
  6. Ikan emas
  7. Burung Emprit
  8. Tikus putih
  9. Siput atau bekicot
  10. Burung Puyuh kecil
Cara Memberi Makan Burung Hantu Celepuk (ebird.org)
Cara Memberi Makan Burung Hantu Celepuk (ebird.org)

Cara Pemberian Makan Burung Hantu

Khusus Burung Hantu Muda

Jika burung Hantu muda atau masih anakan, Anda bisa memberi makanan tadi dalam bentuk potongan kecil. Ingat, walau bentuknya potongan kecil, darah segarnya harus tetap menempel pada dagingnya.

Jadi, begitu hewan untuk makanan disembelih, langsung potong kecil-kecil, kemudian berikan ke anakan burung Hantu Celepuk.

Burung Hantu Celepuk Dewasa

Nah, untuk burung Hantu Celepuk dewasa, makananya bisa dalam bentuk hewan utuh yang masih hidup. Sudah pasti, hewan hidup bisa membuat naluri berburunya tetap terjaga.

Contoh sederhana, letakkan burung Hantu di posisi agak tinggi, kemudian ikat mangsa di tanah. Biarkan mangsa berlarian seperti mau kabur, nanti burung Hantu akan menyambar dari ketinggian.

Tentunya kaki burung Hantu sudah dipasangi tali panjang agar dia tidak terbang jauh. Lakukan pemberian makan seperti ini dengan jarak 3-5 meter.

Loading...

Tidak perlu terlalu jauh jaraknya, takutnya nanti hewan ternak milik tetangga juga dimakan burung Hantu. Kalau jarak berburu dekat, tentu hanya makanan yang disediakan yang dimakan.

Minuman Burung Hantu Celepuk

Apakah burung Hantu Celepuk juga perlu diberi minum? Sudah pasti burung Hantu harus diberi minuman. Tujuannya selain melancarkan perjalanan makanan ke pencernaan, air minum juga bisa mencegah dehidrasi.

Minuman burung Hantu Celepuk bisa berupa air sumur, air kran, air putih, air minum kemasan, dan lain-lain.

Yang penting minuman dalam keadaan bersih, jernih, tidak berbau, tidak berwarna, dan segar.

Baca juga:

Pertanyaan Seputar Makanan Burung Hantu Celepuk

Apakah Burung Hantu Celepuk boleh diberi makanan voer?

Burung Hantu berbeda dengan burung kicau. Sebenarnya burung ini termasuk jenis hewan liar, sehingga makanannya harus hewan hidup.

Kalau dia diberi voer, nanti organ pencernaannya kaget. Kemungkinan burung bisa mengalami gangguan pencernaan dan pastinya stres.

Berapa kali pemberian makanan burung Hantu?

Dalam sehari, Anda bisa memberikan makanan burung Hantu dua kali, pagi dan sore. Burung harus dalam keadaan tidak kenyang biar tetap aktif dan gesit. Kalau minuman, selalu berikan di dekat tangkringannya.

Apakah Makanan Burung Hantu boleh diberikan di wadah?

Untuk menjaga tingkat kebersihan, boleh saja diberikan di wadah atau cepuk. Tapi ini untuk burung Hantu muda atau anakan. Sebab, makanannya masih dalam bentuk potongan kecil.

Kalau burung Hantu dewasa, berikan makanan dalam keadaan hidup saja. Jadi, makanannya tidak perlu diberi wadah. Nanti kalau darahnya berceceran bagaimana?

Berarti Anda harus mencari tempat yang cukup luas dan pastinya di luar rumah agar mudah membersihkan darahnya.

Mengapa Burung Hantu muntah setelah makan?

Hal tersebut wajar karena sisa tulang hewan tidak bisa dicerna dengan baik. Sehingga tulangnya dikeluarkan lagi dalam bentuk remahan atau muntahan.

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan burung Hantu Celepuk dan cara pemberian. Burung ini harus diperlakukan baik, tapi tetap liar.

Selain itu, burung Hantu Celepuk sebaiknya tidak dipelihara dalam kandang. Berikan semacam tangkringan bentuk T agar burung masih bisa bergerak bebas. Namun, kakinya harus selalu diikat biar tidak lepas dan membahayakan orang lain.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!