Makanan Burung Jalak Suren Gacor untuk Harian dan Pakan EF

Burungnya.com – Burung Jalak Suren gacor membutuhkan asupan makanan yang bergizi. Pemilihan makanan burung ini tidak boleh sembarangan. Paling tidak, makanannya harus ada kombinasi antara voer bermerek, buah-buahan, dan pakan EF atau Extra Fooding dari serangga atau hewan kecil lainnya.

Untuk membuat Jalak Suren rajin bunyi diperlukan makanan terbaik. Kemudian burung juga dirawat dengan baik, seperti embun, mandi, jemur, ditrek, diumbar, pemasteran, dan lain-lain. Jadi, Jalak Suren bisa gacor bukan hanya karena faktor makanan, tapi juga serangkaian latihan yang panjang.

Jenis Makanan Burung Jalak Suren Gacor

Makanan Harian Jalak Suren

1. Voer Bermerek

Untuk makanan Jalak Suren setiap hari, Anda bisa memberikan voer dan buah-buahan. Voer itu seperti nasi yang bisa dijadikan sumber energi. Namun, kandungannya belum lengkap, sehingga voer harus didampingi oleh buah-buahan.

Mengapa harus voer bermerek? Alasannya karena voer tersebut sudah dilengkapi bahan-bahan bergizi. Berbeda dengan voer biasa yang cuma mengenyangkan perut saja.

Oh iya, kalau Anda memberikan voer sebaiknya diganti setiap hari. Pasalnya, voer mudah berjamur, apalagi kalau terkena percikan air hujan atau embun, pasti jamuran.

2. Buah-buahan

Pendamping makanan voer dan serangga adalah buah-buahan. Nah, kalau buah bisa diberikan setiap hari. Misal, Anda ingin memberikan pisang, maka gantung saja pisang di dinding sangkar. Pagi hari pisang diberikan ke Jalak Suren, lalu keesokan paginya pisang diambil dan diganti yang baru.

  • Pisang kepok putih atau kuning
  • Apel merah
  • Pepaya
Pakan Burung Jalak Suren Gacor (treknature.com)
Pakan Burung Jalak Suren Gacor (treknature.com)

Pakan EF Jalak Suren

1. Serangga

Dalam pemberian serangga dan hewan melata lainnya, porsinya sedikit saja. Namun, tergantung dari kondisi burung itu sendiri. Misalnya, kalau burung kurang birahi, Anda bisa menambah porsi pakan EF berupa serangga.

Loading...
  • Jangkrik ternak
  • Kroto
  • Jangkrik alam
  • Ulat hongkong
  • Belalang
  • Ulat daun pisang
  • Orong-orong
  • Ulat jerman
  • Undur-undur
  • Ulat kandang
  • Cacing tanah
  • Ulat bambu

2. Kroto

Siapa yang tidak kenal dengan kroto. Pakan kroto merupakan telur semut dengan warna putih kekuningan. Saat ini cukup sulit mendapatkan kroto segar karena jarang ada orang yang mencari kroto di pepohonan.

Meski begitu, sekarang sudah banyak orang yang ternak kroto di toples. Sehingga mereka tidak perlu cari-cari kroto di pohon. Sebab, dengan ternak kroto, usaha lebih ringan dan hasilnya memuaskan.

3. Pasir

Ternyata pasir tidak hanya untuk bahan bangunan saja. Pasir juga bisa dipakai untuk memperlancar sistem pencernaan. Anda bisa memberikan pasir di wadah cepuk. Pasirnya harus serbuk yang lembut dan bersih. Soalnya, kalau Anda memberikan pasir kasar dengan kerikil besar, takutnya justru melukai tenggorokan burung.

Kalau tidak ada pasir, Anda bisa menggunakan batu bata atau genteng. Namun, sebelum diberikan, pastikan Anda sudah menghancurkan batu bata dan genteng sampai halus.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan burung Jalak Suren gacor dan pakan EF. Burung Jalak Suren bisa diberi voer dan buah-buahan untuk harian. Kemudian agar burung ini lebih gacor, Anda bisa menambahkan pakan EF, jangkrik, ulat kandang, belalang, dan lain-lain.

Sebaiknya pakan-pakan tadi tidak diberikan sekaligus. Anda dapat memberikan pakan secara bergantian atau selang-seling. Berikan jadwal pemberian pakan yang berbeda-beda setiap hari, agar gizinya merata dan burung tidak cepat bosan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!