12 Makanan Burung Kacer Terbaik Agar Cepat Gacor

Burungnya.com – Tahukah Anda burung Kacer merupakan salah satu burung kicau yang paling populer di Indonesia. Tipikal burung ini fighter dan bisa menirukan suara burung lain.

Kalau sudah gacor, burung Kacer akan langsung terpancing bunyi begitu mendengar suara Kacer lainnya. Bahkan, dia bisa menirukan suara burung lain, termasuk Murai Batu, Jalak, hingga Kenari.

Di balik kepintaran dalam menirukan suara burung dan suara yang gacor ada asupan makanan yang harus dipenuhi. Apa saja makanan burung Kacer yang paling bagus?

Banyak sekali makanan Kacer terbaik yang bisa Anda dapatkan dari alam atau buatan. Soalnya, Kacer merupakan burung yang bisa memakan hewan, sayur, dan buah. Sehingga asupan nutrisi dari makanan yang diperoleh burung Kacer bisa lebih banyak dan seimbang.

Baca juga: 46 Pakan Kacer Agar Cepat Bunyi dan Gacor Setiap Hari

Berbeda dengan Lovebird yang hanya bisa memakanan biji-bijian, buah kecil, dan sayuran. Asupan makanan Lovebird lebih sedikit ketimbang Kacer. Meski begitu, setiap jenis burung memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda.

Kembali lagi ke makanan Kacer terbaik, kami akan merangkum beberapa makanannya agar Anda lebih mudah memberikan pakan ke burung Kacer sebagai makanan harian.

Makanan Burung Kacer Terbaik (dailymotion.com)
Makanan Burung Kacer Terbaik (dailymotion.com)

Makanan Burung Kacer Terbaik

1. Jangkrik

Namanya juga burung Kacer, kalau dikasih jangkrik pasti suka sekali. Bahkan, saat Anda membawa jangkrik saja, dia pasti akan mendekat. Ini karena makanan Kacer di alam juga jangkrik dan serangga lainnya.

Selain jangkrik, burung Kacer juga makan belalang, kelabang, ulat, semut, dan cacing. Makanan di alam memang juara dan bisa dikatakan yang terbaik bila dibandingkan dengan makanan kemasan.

Porsi jangkrik sebenarnya terserah Anda dan burung. Misalnya, dalam sekali pemberian burung kacer diberi 5 ekor jangkrik, dia masih kurang, maka ditambah lagi porsinya.

Kalau porsi segitu sudah terlalu banyak, berarti dalam sekali pemberian berikan 5 ekor jangkrik saja. Dalam sehari, Kacer bisa diberi jangkrik dua kali, yaitu pagi dan sore.

Sama pemberiannya tetap 5 ekor per sesi pemberian. Jadi dalam sehari ada 10 ekor yang diberikan ke burung Kacer. Apakah jumlah segitu kebanyakan? Mungkin tidak, karena ada yang lebih banyak dari itu.

Makanan Kacer berupa Serangga

  • Jangkrik
  • Belalang
  • Kelabang
  • Ulat
  • Semut
  • Cacing
  • Larva tawon
  • Undur-undur

2. Sayur

Kacer juga bisa diberikan pakan sayur-sayuran, seperti sawi, kangkung, tauge, dan selada. Kalau untuk sayuran, pemberiannya bisa setiap hari.

Pemberian sayuran pada Kacer ada baiknya diberikan dengan cara digantung. Bersihkan lembaran sayur tadi dengan air mengalir, kemudian ikat di dinding sangkar atau dikaitkan di dinding sangkar satu lembar saja.

Pilih salah satu jenis sayuran saja, atau diganti-ganti setiap harinya biar Kacer tidak bosan. Kalau bosan makan sayuran, burung Kacer diberi buah saja.

Makanan Kacer berupa Sayuran

  • Sawi
  • Kangkung
  • Tauge
  • Selada

3. Buah

Nah, ada lagi makanan Kacer alami, yaitu buah-buahan. Pilihan buah yang bisa diberikan ke Kacer sangat banyak. Namun, kami akan pilihkan yang cukup populer saja.

Buah yang biasa diberikan ke burung Kacer antara lain, pisang, pepaya, timun, apel, dan jeruk. Bagaimana cara memberikan buah-buahan?

Cukup mudah, bersihkan dulu buah tersebut. Kemudian potong buah jadi dua bagian atau empat bagian. Lalu gantung buah dinding sangkar.

Biarkan Kacer memakan buah sendiri. Nanti di sore hari buah dibuang karena buah yang sudah terkelupas kulitnya akan mudah layu dan basi.

Baca juga: 7 Jenis Buah yang Disukai Kacer dan Bagus Untuk Kesehatan

Makanan Kacer berupa Buah

  • Pisang
  • Pepaya
  • Timun
  • Apel
  • Jeruk
  • Buah kersen
  • Mengkudu
Makanan Burung Kacer yang Bagus (howyoudoin.wordpress.com)
Makanan Burung Kacer yang Bagus (howyoudoin.wordpress.com)

4. Kroto

Tidak ada burung kicau sekelas Kacer yang tidak suka kroto. Pasti burung Kacer sangat menyukai makan kroto. Sayangnya, sekarang kroto cukup sulit didapat.

Sebab, pencari kroto di alam sudah jarang ditemukan. Apalagi peternak kroto di Indonesia masih sedikit. Sehingga kroto cukup langka dan harganya relatif mahal.

Dari segi nutrisi, kroto memang baik untuk Kacer. Pasalnya, kroto mengandung protein yang tinggi. Kroto bisa menyebabkan kegemukan, sehingga berikan kroto 2 kali dalam seminggu.

Bagi yang belum tahu, kroto adalah telur semut rangrang atau angkrang. Telur semut ini warna putih kekuningan, tapi lebih bagus yang putih bersih.

Bentuk kroto seperti butiran nasi putih. Sehingga Kacer pasti suka makan kroto. Oh iya, sebelum diberikan ke Kacer, bersihkan sisa semut rangrang karena bisa melukai tenggorokan Kacer. Porsi pemberian kroto cukup 1-5 sendok teh dalam setiap pemberian.

Baca juga: Efek Kroto Untuk Kacer Lomba, Baik atau Buruk?

5. Cacing Tanah

Kami sudah menyinggung tentang cacing tanah sebagai makanan Kacer terbaik. Kalau cacing dibilang makanan terbaik memang benar. Sebab, cacing tanah bisa menaikkan birahi, banyak protein, dan tidak menyebabkan obesitas.

Pemberian cacing tanah sebaik tidak digabung dengan kroto. Cacing tanah bisa diberikan 2 kali seminggu tapi harinya berbeda dengan pemberian kroto.

Loading...

Cara memberikan cacing bisa diberikan langsung dengan tangan atau dimasukkan ke dalam cepuk sendiri. Cacing bisa merambat naik, jadi potong tubuhnya agar dia tetap bergerak tapi tidak bisa keluar dari wadah. Ini juga memudahkan burung Kacer memakannya.

6. Ikan Kecil

Banyak sekali jenis ikan kecil di pasaran. Ternyata kacer menyukai ikan-ikan kecil, seperti molly, guppy, platy, dan lain-lain. Pastikan bentuk ikan memang berukuran kecil dan bisa masuk ke dalam paruhnya.

Nanti kalau ikan kebesaran, kasihan bisa tersangkut di tenggorokan Kacer. Lebih baik ikan kecil sedikit dilemaskan dulu dengan cara dipencet kepalanya, lalu diberikan ke Kacer.

Soalnya, ikan bisa melompat dan jatuh ke dasar sangkar. Kalau sudah begini, ikan bisa dikerubungi semut. Semut sendiri akan mengganggu aktivitas burung Kacer dan bisa melukainya bila yang datang adalah semut api atau semut merah.

Baca juga: 5 Setingan Kacer Cepat Emosi dan Ngeplay Sendiri

7. Ulat Hongkong

Pergilah ke pasar burung atau ke kios burung, kemudian beli ulat hongkong Rp 5.000 saja. Pasti nanti Anda sudah dapat banyak dan sampai rumah langsung berikan ulat tersebut pada Kacer.

Burung Kacer sangat suka dengan ulat hongkong. Sifat makanan ini cukup panas, sehingga dapat menaikkan birahi. Nah, karena sifatnya panas, sebaiknya pemberian ulat ini jangan setiap hari.

Anda bisa memberikan ulat hongkong seminggu sekali dengan porsi yang sedikit. Pakan extra fooding Kacer ini bagus untuk lomba. Porsinya bisa 5-10 ekor ulat dalam sekali pemberian.

Makanan Kacer berupa Hewan Kecil

  • Ulat hongkong
  • Cacing
  • Ulat bambu
  • Kelabang
  • Ulat daun pisang
  • Cicak kecil
  • Ulat kandang

8. Voer

Selanjutnya makanan Kacer terbaik untuk harian adalah voer. Di sini voer termasuk makanan buatan yang awet, tidak mudah basi, dan harganya murah.

Voer wajib diberikan di dalam cepuk dan harus tersedia setiap hari. Sebab, ini bukan termasuk pakan extra fooding, melainkan pakan wajib harian.

Ada berbagai merek voer Kacer, Anda bisa memilih mana merek voer terbaik di pasaran. Pemberian voer bisa diganti dua hari sekali. Sebab, voer mudah berjamur bila terkena air.

Merek Voer Kacer Terbaik

  • Top Fighter Kacer Sempati
  • Insect Blend Voerzoo
  • Top Five Nutrition
  • High Protein Probird Formula Insect Blend
  • Maxxx Power
Makanan Kacer Agar Cepat Gacor (flickr.com)
Makanan Kacer Agar Cepat Gacor (flickr.com)

9. Daun Mengkudu

Bila Kacer Anda ingin rajin bunyi dan gacor, coba sesekali berikan daun mengkudu. Daun ini dapat membuat tekanan darah stabil, stamina kuat, dan konsentrasi meningkat.

Pemberian daun mengkudu pada Kacer bisa dilakukan secara langsung. Daun dicuci bersih, lalu dipotong kecil-kecil. Masukkan ke dalam wadah cepuk tersendiri agar Kacer mudah memakannya.

Mungkin di awal-awal Kacer tidak mau makan daun mengkudu. Untuk menyiasatinya daun mengkudu bisa dicampur dengan voer atau dijadikan makanan jangkrik.

Burung jangkrik yang makan daun mengkudu, sama seperti burung Kacer makan daun mengkudu karena nutrisi yang didapat sama.

10. Jahe

Saat musim hujan tiba, udara menjadi sangat dingin. Jangan lupa memberikan kehangatan pada Kacer dengan pemberian jahe secara rutin.

Manfaat jahe dapat menghangatkan tubuh dan menaikkan stamina. Selain itu, jahe juga bisa membuat napas Kacer lebih lega dan plong.

Dengan begitu, Kacer bisa cepat gacor dan rajin bunyi. Saran kami pemberian jahe terbaik di saat udara dingin atau musim hujan saja.

Cara pemberian jahe pada Kacer, bisa diberikan dalam potongan kecil atau direbus dan airnya diberikan sebagai air minum Kacer.

Baca juga: 3 Jamu Kacer Agar Gacor dan Cara Meraciknya

11. Racikan Makanan Kacer

Bahan-bahan:

  • 1 buah apel merah
  • 5 sendok kroto
  • 3 butir telur puyuh

Cara membuat:

  1. Apel merah dikupas kulitnya dan buang bijinya.
  2. Potong apel jadi 4 bagian.
  3. Apel diparut dan airnya dibuang.
  4. Air parutan apel berikan ke burung lain, seperti burung Pleci.
  5. Parutan apel tadi campur saja dengan kroto dan kuning telur puyuh.
  6. Aduk semua bahan sampai tercampur merata.
  7. Racikan makanan Kacer ini bisa diberikan sebulan sekali untuk beberapa Kacer.

Baca juga: 5 Racikan Pakan Kacer Cepat Gacor secara Alami

12. Makanan Kacer Buatan atau Pabrikan

Kalau sudah membahas makanan pabrikan atau buatan, tentu makanannya lebih awet dengan kandungan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan Kacer.

Jadi, biasanya makanan seperti ini lebih awet dan tahan lama karena ada pengawetnya. Meski begitu, pengawetnya aman untuk burung Kacer.

Nah, karena dibuat dalam kemasan, beberapa makanan ini sudah diracik oleh dokter dan ahli yang berpengalaman. Sehingga sudah pasti makanan ini baik untuk Kacer.

Cara memberikan makanan ini biasanya sudah tercantum di kemasan. Tujuannya biar aman dan Anda tidak kebanyakan dalam pemberiannya.

Jenis Makanan Kacer Pabrikan

  • Voer kacer
  • Tepung kroto
  • Vitamin kacer
  • Suplemen kacer
  • Pelet lele
  • Tepung jangkrik
  • Multimineral kacer
  • Tepung cacing

Baca juga: 40 Makanan Kacer Alami, Pabrikan, dan Racikan Agar Cepat Gacor

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan Kacer terbaik agar cepat gacor dan rajin bunyi. Anda bisa memilih mau memberikan makanan Kacer yang sudah jadi atau makanan alami.

Perlu Anda ketahui, biasanya makanan alami lebih bagus untuk Kacer. Sebab, pakan ini tidak efek sampingnya. Kalau makanan ini kebanyakan diberikan burung tidak akan mengalami masalah.

Kendati begitu, pemberian makanan Kacer harus sesuai dengan kebutuhan Kacer. Jangan sampai burung sudah kenyang tetap diberi makanan extra fooding. Nanti bukannya sehat, tapi burung malah sekarat.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!