5 Makanan Burung Kutilang yang Bagus dan Cara Perawatan

Burungnya.com – Kalau Anda ingin burung cepat bunyi, pastikan makanannya yang terbaik. Sama seperti makanan burung Kutilang juga harus bagus.

Sebagus-bagusnya makanan burung, yang terbaik memang yang berasal dari alam dan hewan. Biasanya makanan kemasan bagus, tetapi masih ada zat kimia dan zat pengawet.

Jadi, Kutilang diharapkan diberi beberapa buah-buahan saja. Berikan buah secara selang-seling. Jangan beri satu buah terus secara monoton. Takutnya burung akan bosan.

Makanan Burung Kutilang

  1. Pisang Kepok
  2. Pepaya
  3. Serangga
  4. Voer
  5. Minuman
Makanan Burung Kutilang dan Cara Merawat (ebird
Makanan Burung Kutilang dan Cara Merawat (ebird

1. Pisang Kepok

Makanan terbaik untuk Kutilang adalah pisang kepok yang sudah matang. Kalau masih mentah, dia tidak akan memakan buah tersebut.

Coba berikan buah pisang kepok di sangkar, pasti dia akan cepat bunyi. Ini stimulus supaya burung Kutilang mau bunyi gacor.

2. Pepaya

Selain pisang, burung kutilang juga sangat suka pepaya. Coba Anda lihat di kebun belakang rumah, pasti Kutilang akan memakan buah pepaya.

Bahkan, Kutilang bisa mengetahui mana buah yang sudah matang atau buah yang belum masak.

3. Serangga atau Jangkrik

Burung Kutilang membutuhkan protein hewani yang bagus. Hal ini bisa didapat dari jangkrik, ulat hongkong, serta kroto.

Sebaiknya Anda jangan memberikan seranggga tersebut setiap hari, kecuali jangkrik. Kalau jangkrik Anda dapat memberikannya setiap hari dengan porsi tertentu.

4. Voer

Sekarang sudah ada voer yang khusus dibuat untuk Kutilang. Voer ini diracik agar memiliki gizi seimbang. Nah, untuk voer, Anda dapat memberikan setiap hari dan harus selalu ada di cepuk makanan.

Kalau voer tidak tersedia, burung akan kelaparan. Terlebih makanan Kutilang yang cukup tahan lama adalah voer. Meski begitu, setiap 2 hari sekali makanan harus diganti.

Loading...

Ini dilakukan agar makanan burung Kutilang selalu fresh dan tidak terkontaminasi oleh air. Kalau voer sudah terkena air, misalnya air hujan, nanti voer akan mudah jamuran.

5. Minuman

Nah, kalau minumnya, Anda bisa memberikan air kran yang bersih. Jika ingin yang lebih baik, berikan saja air mineral kemasan.

Apabila di rumah cuma ada air PDAM, ada baiknya berikan setelah didiamkan selama 1 hari. Tapi jika dirasa air PDAM sudah bersih dan bening, berikan saja langsung.

Cara Perawatan Kutilang

Burung Kutilang termasuk burung murah yang cukup populer di kalangan pedesaan. Anda dapat merawat Kutilang secara sederhana.

  • Setiap pagi Subuh burung Kutilang diembunkan.
  • Nanti kalau matahari sudah terbit, mandikan burung dengan cara disemprot atau mandi sendiri di keramba.
  • Kemudian burung dianginkan sebentar, tujuannya agar burung tidak kaget terhadap pergantian suhu dari dingin ke panas.
  • Setelah itu lanjut ke penjemuran burung. Durasi jemur bisa 1-2 jam tergantung cuaca.
  • Selesai jemur, angin-anginkan burung di teras.
  • Burung dapat dikerodong bila ingin diistirahatkan.
  • Putar suara masteran untuk mengajari burung bisa menirukan suara isian. Kutilang bisa memiliki sampai 4 suara sekaligus.
  • Sore harinya burung bisa dikeluarkan dan diangin-anginkan.
  • Malamnya, burung dikerodong saja.

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan burung Kutilang yang bagus dan cara merawat. Burung Kutilang tipikal burung yang rajin bunyi di pagi hari dan sore hari.

Baca juga:

Kutilang akan cepat bunyi bila perawatannya tepat dan sudah cukup umur. Kalau burung masih muda, dia akan ngeriwik atau masih belajar berkicau.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara merawat kutilang yg baik

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!