10 Makanan Burung Lovebird biar Gacor dan Tips Perawatan

Burungnya.com – Banyak kicau mania merawat burung Lovebird sejak masih anakan. Tujuannya agar pemiliknya dapat menentukan karakter Lovebird dan membuatnya jinak. Burung yang dilatih sejak kecil akan lebih berbakat daripada dirawat di usia yang sudah dewasa.

Soalnya anakan Lovebird lebih mudah menyerap latihan, masteran, dan perawatan. Otaknya masih fresh sehingga mudah mempelajari sesuatu yang baru dan akan diingat lebih lama.

Oleh karena itu, berikan makanan burung Lovebird di usia yang tepat dan jangan lupa perawatan harian dan lomba harus selalu berkualitas.

Perawatan Lovebird yang berkualitas akan meningkatkan stamina Lovebird dan memancing Lovebird rajin bunyi. Namun, ingat jangan hanya perawatan saja yang bagus, pemilihan jenis makanan Lovebird juga harus bagus agar semuanya seimbang.

Makanan Lovebird agar Cepat Gacor dan Cara Perawatan (budidayakita.com)
Makanan Lovebird agar Cepat Gacor dan Cara Perawatan (budidayakita.com)

Makanan Burung Lovebird Biar Gacor

Performa burung di lapangan sangat dipengaruhi oleh pakan yang diberikan setiap hari. Sebab, Lovebird membutuhkan berbagai macam nutrisi yang sempurna. Agar bisa sempurna, berikan makanan burung Lovebird yang bervariasi dan tidak monoton.

Makanan Lovebird akan berpengaruh pada potensi burung. Apabila makanan dan perawatan Lovebird sudah baik dan sesuai karakter burung, maka hasil akhirnya pasti akan memuaskan.

Namun, bila makanan saja tidak terlalu diperhatikan, maka penampilan Lovebird akan biasa-biasa saja dan tidak istimewa. Berikut makanan Lovebird biar cepat gacor.

1. Jagung Manis

Salah satu makanan Lovebird biar gacor adalah jagung manis. Alasannya karena jagung manis mengandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk kesehatan Lovebird. Ya, di dalam jagung terdapat nutrisi, seperti vitamin C, vitamin B, beta karoten, folat, dan crypthoxanthin.

Nutrisi yang terdapat pada jagung manis selain untuk kesehatan mata, juga mampu memperkuat otot dan kekebalan tubuh Lovebird. Oh iya, pemberian jagung sebaiknya yang masih muda karena teksturnya lunak dan mudah ditelan.

2. Biji Kenari atau Canary Seed

Ada berbagai jenis burung pemakan biji-bijian, seperti Lovebird, Parkit, Finch, Blackthroat, Kenari, dan lain-lain. Diketahui burung Lovebird memang gemar memakan canary seed.

Makanan biji Kenari ini mengandung nutrisi untuk sistem pertumbuhan dan perkembangan burung, seperti protein, lemak, dan hidrat arang.

Burung yang makan canary seed akan merasa segar tubuhnya dan stamina bertambah. Selain itu canary seed juga bisa mengobati serak pada tenggorokan dan memancing Lovebird gacor yang sebelumnya tidak mau buka paruh.

Tak hanya itu, di dalam canary seed juga ada kandungan lemak. Jadi, Anda jangan memberikan canary seed terlalu banyak. Lebih baik, berikan canary seed dengan cara dicampur dengan milet.

Berbeda dengan jagung manis, kalau canary seed lebih bagus dimakan saat sudah tua berwarna kuning mengkilap, tidak berbau, kering, dan bersih. Kalau canary seed muda biasanya kurang bagus untuk Lovebird.

3. Haver atau Biji Oat (Avena Sativa)

Pakan Lovebird berupa biji oat atau haver bisa menenangkan dan mempercepat burung dalam fase mabung. Sehingga bulu Lovebird yang tadinya berantakan agar segera berganti dengan yang baru dan kelihatan lebih indah.

Burung yang stres akibat ditinggal pasangan atau kalah mental akan segera pulih begitu memakan biji oat. Selain itu, haver ini juga bisa memperbaiki struktur jaringan kulit agar tidak mudah iritasi.

Keunggulan lain dari biji oat adalah dapat mengobati burung yang baru sakit. Selain itu, burung akan cepat gemuk karena mengonsumsi biji oat.

Kandungan di dalam biji oat banyak sekali, di antaranya kalori, protein, serta karbohidrat. Pakan ini cocok untuk indukan Lovebird yang sedang meloloh anaknya.

Nah, anak Lovebird yang sering mendapatkan biji oat dari induknya pasti perkembangannya akan semakin cepat. Tumbuh kembang anakan burung juga dipengaruhi oleh makanan tersebut.

4. Toge atau Kecambah

Di dalam toge atau kecambah terdapat nutrisi yang berfungsi untuk menunjang sistem pertumbuhan burung Lovebird. Pertumbuhan ini selain tubuh, tapi juga dari sisi suara.

Zat gizi pada kecambah dapat meningkatkan stamina burung. Sehingga burung akan berkicau gacor, keras, dan jeda rapat. Pemberian kecambah sebaiknya yang masih muda dan harus dalam keadaan bersih.

Makanan burung Lovebird biar Cepat Gacor dan Ngekek Panjang (birdeden.com)
Makanan burung Lovebird biar Cepat Gacor dan Ngekek Panjang (birdeden.com)

Perawatan Lovebird Gacor

Pelihara burung Lovebird agar cepat gacor harus memperhatikan pakan dan perawatan. Kalau pakan baik tapi perawatan kurang baik, hasilnya tidak akan maksimal. Kedua faktor ini harus berjalan berdampingan.

Loading...

Untuk merawat Lovebird tidak hanya diberi pakan minum, tapi juga butuh embun, mandi, jemur, umbaran, masteran, terapi, kerodong, dan lain-lain.

Jadi, dalam sehari kemungkinan Anda akan menghabiskan waktu bersama burung Lovebird. Sehingga bagi para pekerja kantoran mungkin akan kesulitan merawat Lovebird.

Berbeda dengan pengusaha yang memiliki waktu flesibel. Sehingga dia bisa kerja sambil merawat Lovebird sekaligus. Namun, Anda tak perlu khawatir karena banyak pekerja yang memelihara Lovebird. Artinya, para pekerja dapat menyesuaikan waktunya untuk memelihara burung Lovebird.

1. Pengembunan Lovebird

Sejak pagi Lovebird harus diembunkan, terutama sebelum matahari terbit. Tujuannya agar burung dapat merasakan kesejukan udara bersih di pagi hari.

Tubuh burung Lovebird yang terkena embun pagi akan terasa segar dan fresh kembali. Namun, perlu diingat bahwa pengembunan dapat dilakukan saat cuaca cerah saja.

Kalau cuaca sedang buruk atau hujan, sebaiknya lewati saja perawatan pengembunan. Anda bisa langsung memandikan Lovebird kemudian dijemur di bawah sinar matahari.

2. Burung Lovebird Mandi

Setelah embun, burung Lovebird dapat dimandikan sampai basah kuyup atau secukupnya. Pemandian burung dapat dilakukan dengan cara mandi sendiri di cepuk atau disemprot.

Waktu memandikan Lovebird harus tepat waktu. Misalnya, Anda memandikan pagi jam 06.00, maka setiap hari Lovebird dimandikan jam 06.00.

Kalau ingin burung cepat jinak, burung dimandikan dengan cara dipegang. Kemudian kucurkan air di atas tubuhnya sambil di elus-elus. Nantinya, burung tersebut akan cepat jinak.

Mandi burung bisa dilakukan sekali sehari, dua kali sehari (pagi dan sore) atau tiga kali sehari (pagi, sore, malam). Semua proses mandi burung memiliki manfaat yang berbeda. Namun, di balik semua itu, stamina burung akan bertambah dan burung jarang sakit.

3. Lovebird Dijemur

Selanjutnya Lovebird dijemur di bawah sinar matahari. Waktu penjemuran terserah, tapi maksimal 3 jam atau jangan lebih dari jam 10.00 siang. Proses jemur Lovebird cukup simpel, yaitu cari tempat yang terkena sinar matahari.

Sebaiknya burung dijemur di bawah atau di atas tanah. Tujuannya agar mental burung lebih berani dan lebih dekat dengan pemiliknya.

Kalau musim hujan gimana? Tenang sekarang banyak lampu yang memiliki sinar cerah dan cukup hangat. Manfaatkan hal tersebut untuk menghangatkan tubuh Lovebird dan mengeringkan bulu yang basah.

Sebaiknya jemur burung saat bulunya sudah agak kering. Jika burung dijemur saat bulu basah justru membuat tubuh Lovebird meriang.

4. Pemasteran Lovebird

Burung Lovebird perlu dimaster dengan suara MP3 atau burung asli. Anda yang tidak punya waktu untuk merawat burung masteran bisa memanfaatkan suara burung masteran.

Pilih jenis suara burung yang agak kasar, ngerol panjang, dan jeda rapat. Pemasteran dilakukan saat burung istirahat dan saat mabung.

Putar suara burung dalam volume kecil agar burung Lovebird tidak ketakutan. Selain itu, teknik ini bisa meningkatkan kepercayaan Lovebird agar mau berkicau lebih keras.

5. Lovebird Diumbar

Beli kandang yang panjang dan cukup besar untuk latihan umbaran Lovebird. Burung butuh melenturkan otot-otot sayap dan dada. Nah, dengan latihan umbaran stamina Lovebird lebih sehat dan napasnya panjang.

Kalau burung sehat dan napas sehat, tentu suara Lovebird akan bertambah panjang dan gacor. Latihan umbaran dapat dilakukan seminggu dua kali.

Sebaiknya burung tidak dilatih umbaran setiap hari agar burung tidak kelelahan. Sebab, latihan umbaran sangat menguras tenaga sehingga performa burung justru bisa menurun.

6. Terapi Lovebird

Ada banyak terapi Lovebird, seperti terapi mandi malam, terapi glodok bambu, terapi kerodong basah, terapi air hujan, terapi renang, dan masih banyak lagi.

Jadi, tidak hanya dilakukan perawatan harian yang standar. Agar Lovebird gacor diperlukan terapi yang bagus. Mayoritas kicau mania melakukan terapi mandi malam, terapi kerodong, terapi glodok bambu, terapi berenang, dan mengonsumsi jamu tradisional.

Baca juga:

Kesimpulan

Perawatan Lovebird cukup rumit dan kompleks. Namun, Anda yang sudah memahami dan memelihara Lovebird dalam waktu yang lama pasti lebih mudah merawatnya. Lovebird sebenarnya tipikal burung yang mudah dipelihara.

Burung ini diberi makan milet putih dan air putih saja sudah mau bunyi. Apalagi kalau burung diembunkan, dimandikan, dan dijemur setiap hari pasti suaranya gacor serta ngekek panjang.

Namun, terkadang seseorang menginginkan Lovebird yang sempurna. Burungnya harus bisa konslet, mental fighter, gacor, ngekek panjang, jeda rapat, dan stabil di berbagai lomba.

Oleh karena itu, kicau mania seperti ini akan merasa sulit merawat burung. Sebab, Lovebird yang sempurna tidak ada. Setiap burung memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Cintai burung apa adanya, dan cari kelebihannya lalu rawat sampai jadi juara.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Makanan brg lovebird agar srg ngeroll

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!