7 Makanan Burung Nuri yang Bagus Versi Alami dan Buatan

Burungnya.com – Agar burung Nuri sehat dan rajin bicara, diperlukan makanan yang bagus. Apa saja makanan untuk burung Nuri? Sebenarnya banyak sekali, tapi ada beberapa pakan yang paling disukai burung Nuri.

Makanan ini biasa kita temukan di sekitar kita. Ada juga makanan yang dikonsumsi manusia, tetapi disukai juga sama burung Nuri. Namanya pakan buatan atau pakan racikan.

Anda memang bisa membuat sendiri makanan racikan untuk burung Nuri. Namun, pada dasarnya Nuri tipikal burung yang suka makan biji-bijian, buah, dan sayur.

Baca juga: 13 Jenis Burung Nuri Terlengkap dan Makanan Favorit

Lebih lengkapnya akan kami bahas di bawah ya.

Makanan Burung Nuri

1. Biji-bijian

Burung Nuri, seperti burung lainnya, juga makan biji-bijian. Namun biji ini sebaiknya diberikan kepada burung nuri yang masih anakan. Jika dia tidak bisa makan maka tidak boleh dipaksa.

Jika burung Nuri Anda benar-benar terbiasa makan berbagai varian pakan, selain biji milet dan biji bunga matahari yang bermanfaat bagi burung, Anda juga bisa memberinya biji jagung yang segar dan empuk.

Tidak sulit untuk membelinya sendiri, karena ada banyak hal yang bisa Anda beli di toko hewan peliharaan terdekat atau bahkan di pasar. Di lapak pakan burung pinggir jalan juga banyak yang menjual pakan biji-bijian mix untuk burung Nuri.

Pada dasarnya, kalau burung Lovebird menyukai pakan tersebut, berarti burung Nuri juga suka. Sebab, Lovebird dan Nuri masih termasuk burung paruh bengkok yang suka makan biji-bijian.

2. Bubur Buatan

Anda tidak bisa membeli bubur sumsum atau bubur kacang hijau di warung terdekat, tapi Anda bisa memasak sendiri hidangan ini untuk menyesuaikan jumlahnya. Karena bahan yang digunakan untuk membuat bubur buatan ini berbeda antara bubur manusia dan burung Nuri.

Anda dapat membuat bubur ini di rumah dengan mencampurkan berbagai bahan biji-bijian, seperti gandum, milet, beras merah, jewawut, jagung, dan sayur. Kemudian masak semuanya hingga empuk dan halus, sehingga memudahkan burung untuk memakannya.

Takaran bubur tadi bisa Anda sesuaikan sendiri sesuai jumlah bahan yang Anda punya. Intinya masak bubur sampai lembut biar burung nuri anakan bisa makan dengan lahap.

Jangan menunggu terlalu lama, berikan bubur buatan ini kepada burung Nuri favorit Anda saat masih hangat. Sambil menyuapinya latih burung Nuri bicara atau istilahnya diajak ngobrol.

3. Buah segar

Selanjutnya adalah buah segar. Burung Nuri mendapatkan vitamin yang berbeda-beda dari setiap buahnya. Buah yang paling umum untuk burung adalah apel karena mengandung antioksidan. Apel juga dapat meningkatkan daya tahan burung dan mengurangi penyakit.

Khusus untuk orang yang tinggal di kota, sebaiknya berikan apel untuk burung Nuri secara teratur agar tetap sehat. Buah lain yang bisa diberikan pada Nuri adalah pisang dan pepaya yang membantu meningkatkan nafsu makan burung Nuri secara alami.

Selain menambah nafsu makan, buah ini juga membantu memperkuat kekebalan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit pencernaan burung. Bagi manusia, buah juga dapat digunakan untuk melancarkan pencernaan.

Loading...
Makanan Burung Nuri yang Bagus (alaboutbirds.info)
Makanan Burung Nuri yang Bagus (alaboutbirds.info)

4. Sayur-sayuran

Makanan burung nuri selanjutnya yang dapat membantunya cepat berbicara adalah sayur-sayuran. Sama seperti buah-buahan, tapi disarankan untuk memberi sayur sekitar dua kali seminggu.

Sayuran tertentu yang hanya boleh dimakan burung sesekali, seperti wortel, brokoli, dan kol. Perhatikan juga berbagai jenis sayuran yang bermanfaat atau tidak bermanfaat untuk Nuri.

Soalnya, bila Anda asal memberikan makanan sayur ke burung, dia bisa mengalami over birahi. Sehingga nanti perilakunya bisa tidak terkendali.

Contoh, Anda kebanyakan memberinya jagung, memang dia suka, tapi efeknya birahi akan naik dan bulu-bulu bisa rontok. Terkadang burung juga sering menabrak dinding sangkar.

Baca juga: Temukan Burung Nuri Tertinggi di Dunia, Tingginya 1 Meter

5. Umbi

Makanan berikutnya agar burung Nuri cepat berbicara adalah umbi-umbian. Pakan ini kaya serat dan beberapa umbi yang paling umum, seperti kentang dan ubi jalar.

Makanan berikut dapat membantu burung Nuri untuk lebih aktif, karena tidak akan mengalami gangguan pencernaan atau masalah lainnya, dan mereka akan mendapatkan karbohidrat yang cukup sehingga Anda dapat aktif bermain dengannya kapan saja.

6. Voer

Sekarang sudah ada voer khusus untuk burung Nuri. Voer ini dibuat seperti pelet lele atau pelet kelinci yang mengandung banyak gizi. Jadi tidak sekadar makanan pengenyang perut saja, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan.

Anda bisa beli voer burung Nuri secara online melalui market place atau beli di kios burung terdekat. Coba tanyakan dulu apakah di toko tersebut jual voer atau pelet burung Nuri atau tidak.

7. Campuran Buah dan Sayur

Sesekali buah dan sayur bisa juga dicampur. Namun, pemberiannya harus dalam potongan kecil-kecil atau dicacah. Ini lebih kaya akan gizi karena perpaduan antara buah dan sayur.

Pastikan dulu burung pernah memakan keduanya dan suka. Setelah itu, baru buah dan sayur dicampur. Cuci bersih dulu, lalu dipotong kecil-kecil dan dicampur saja pakai tangan.

Baca juga: 5 Jenis Burung Peliharaan yang Cocok Untuk Keluarga dan Anak Kecil

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan burung Nuri yang bagus. Kami yakin makanan ini bagus karena bisa membuat burung sehat tanpa efek samping. Sebagian besar makanan tadi alami tapi ada juga yang buatan.

Pakan buatan tadi sebenarnya masih alami karena dari bahan biji-bijian. Cuma proses pemasakannya dibuat sendiri. Sehingga Anda bisa tahu asupan gizi yang masuk ke tubuh burung Nuri Anda.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!