Skip to content

20 Makanan Burung Parkit Terbaik untuk Pemula

Makanan untuk Burung Parkit (cooperscorner.info)

Burungnya.com – Banyak di antara kicau mania pemula yang bertanya-tanya tentang makanan burung Parkit terbaik. Sebenarnya apa saja pakan burung Parkit? Kalau bicara soal pakan, sudah pasti makanan utamanya adalah biji-bijian.

Meski begitu, Parkit juga suka jenis makanan lain, seperti buah dan sayur. Jadi, yang harus Anda sediakan untuk perawatan harian adalah biji-bijian dulu, terus selanjutnya baru makanan tambahan.

Anda memberikan pakan biji-bijian saja ke burung Parkit tidak masalah. Dia suka sekali makan biji-bijian seperti milet. Harga milet masih terjangkau jika Anda memelihara beberapa ekor saja.

Namun, bila Anda mempunyai penangkaran burung Parkit, sebaiknya makanan burung Parkit dicampur saja biar lebih hemat. Maksudnya makanan dicampur dengan jenis makanan lain, tidak hanya biji-bijian saja.

Jenis Makanan Burung Parkit

  1. Milet
  2. Jewawut
  3. Voer atau Pelet
  4. Apel
  5. Melon
  6. Pir
  7. Jeruk
  8. Kiwi
  9. Anggur
  10. Jagung
  11. Bayam
  12. Sawi
  13. Kol
  14. Tauge
  15. Brokoli
  16. Kangkung
  17. Kemangi
  18. Grit
  19. Canary Seed
  20. Vitamin
Makanan Burung Parkit Terbaik (puppiesareprozac.com)

Makanan Burung Parkit Terbaik (puppiesareprozac.com)

Cara Memberi Pakan Burung Parkit

Nah, itu tadi beberapa makanan burung Parkit terbaik untuk harian. Karena pilihannya banyak, Anda bisa memberikan beberapa makanan tadi secara bergantian dari hari ke hari.

Namun, pastikan setiap hari selalu ada makanan berupa biji-bijian dan minuman. Kalau pakan biji-bijian sifatnya wajib karena merupakan makanan utama Parkit.

Untuk kategori makanan buah dan sayur, tidak perlu disediakan setiap hari. Anda bisa memberikan buah dan sayur 2-3 hari sekali. Oh iya, pakan buah dan sayur harus selalu diganti di hari yang sama.

Misal, Anda pagi memberikan sayur brokoli, maka sore hari sayur yang tersisa harus dibuang. Tujuannya agar sisa sayur tidak meracuni burung. Hal ini juga berlaku pada buah-buahan.

Untuk minuman setiap hari harus diganti biar minuman selalu fresh. Sebab, kalau minuman tidak diganti, terkadang kotor karena sisa makanan di paruh masuk ke minuman.

Makanan Burung Parkit (emborapets.com)

Makanan Burung Parkit (emborapets.com)

Penyajian Makanan Burung Parkit

1. Biji-bijian

Jenis makanan biji bisa diberikan di wadah cepuk. Takarannya setengah cepuk saja agar tidak tumpah atau berceceran.

2. Voer

Sama seperti biji-bijian, untuk voer bisa diberikan di cepuk dengan porsi setengah saja. Namun, kebanyakan burung Parkit tidak menyukai voer. Mereka lebih senang diberi biji-bijian.

3. Buah

Kalau Anda mau memberikan buah-buahan untuk makanan burung Parkit. Sebaiknya, dipotong dulu buahnya dalam beberapa bagian kecil. Ingat, buah-buahan cepat sekali membusuk.

Jadi, pemberian buah sedikit saja dulu, nanti langsung ganti yang baru kalau buah terlihat membusuk. Cara pemberian, buah diberikan pagi hari, lalu sorenya buah diganti yang baru.

4. Sayur

Nah, tidak berbeda jauh dengan buah-buahan, kalau sayur juga dipilih per lembar saja atau diambil batangnya saja. Contoh, Anda ingin memberikan sawi. Berikan sawi satu lembar saja. Pemberian daun sawi ini bisa untuk sepasang parkit.

Pagi dikasih sayur sawi, besok sorenya sisa sayuran sawi diambil saja. Baru besok paginya sayuran baru diberikan kembali.

5. Vitamin atau Suplemen

Kalau vitamin atau suplemen dalam bentuk cair, Anda bisa memberikannya langsung ke paruh atau dicampur di minuman.

Untuk vitamin bubuk atau serbuk, campur saja di makanan burung Parkit. Pencampuran vitamin ini harus sesuai takaran.

Pakan Tambahan Burung Parkit

Apakah burung Parkit juga bisa diberi pakan tambahan seperti Lovebird? Tentu saja Parkit juga punya makanan tambahan atau biasa disebut pakan EF extra fooding.

Untuk makanan burung Parkit tambahan, biasanya adalah jagung muda dan kangkung. Pemberian pakan tambahan tidak boleh setiap hari. Sebab, kebanyakan parkit bisa langsung over birahi bila diberikan makanan tersebut.

Oleh sebab itu, pemberian pakan EF parkit cuma saat-saat tertentu saja. Misalnya saat burung Parkit mau kawin atau Parkit mau lomba.

Kurang lebih cuma itu saja makanan tambahan untuk burung Parkit. Burung ini dipelihara karena warna bulunya yang indah. Kalau suara, terkadang untuk masteran saja. Namun, untuk lomba suara burung Parkit kami belum pernah mengetahuinya.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan burung Parkit terbaik untuk pemula. Oh iya, kalau Anda memiliki Parkit dalam jumlah banyak dan letaknya di kandang aviary, maka jumlah makanan dan minuman harus menyesuaikan.

Burung Parkit tipikal hewan yang ramai dan receh. Mungkin saja suaranya bisa mengganggu orang yang tidak suka keramaian. Semisal, di rumah atau tetangga Anda, ada yang demikian, sebaiknya pelihara burung Parkit sedikit saja.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.