Skip to content

10 Makanan Burung Pipit Terbaik Agar Rajin Bunyi

Makanan Burung Pipit (pelataransastrakaliwungu.com)

Burungnya.com – Makanan burung Pipit apa saja? Apakah burung Pipit bisa diberi beras? Nanti akan kami tunjukkan beberapa jenis makanan pipit. Sekarang kita bahas dulu tentang burung pipit itu sendiri.

Pada perayaan Imlek kemarin, banyak sekali orang yang jualan burung Pipit. Namun, burung ini dijual untuk dilepas kembali. Jika Anda ingin memelihara beberapa burung Pipit maka Anda harus memberikan makanan yang tepat supaya burung tersebut rajin bunyi.

Meski suara burung Pipit cuma cuit-cuit, Anda masih bisa menikmati suaranya bila jumlah burung tersebut cukup banyak. Apalagi kalau rumah Anda termasuk sepi, Anda dapat merawat burung ini sebagai klangenan.

Makanan Burung Pipit

Jika Anda sedang ingin memelihara burung pipit, sebaiknya berikan beberapa makanan berikut. Alasannya karena makanan burung pipit memang sebagian besar berasal dari biji-bijian.

Jadi, jangan memberi burung Pipit berupa voer atau serangga. Nanti burung pipit tidak mau memakannya.

1. Milet Putih

Untuk makanan burung pipit harian, Anda bisa memberikan milet putih polosan. Harganya murah dan Anda bisa membelinya di pasar burung. Kalau mau yang agak premium, belikan milet putih bermerek.

Jika Anda tidak ingin keluar banyak uang, beli saja milet kiloan. Harga milet putih kiloan tidak antara Rp 10.000 – Rp 20.000. Tenang saja milet putih 1 kg tidak akan habis sebulan. Jadi Anda bisa lebih berhemat.

Oh iya kalau mau milet putih bersih, Anda dapat mencuci milet terlebih dahulu. Nanti milet yang terapung dibuang saja karena kemungkinan isinya kopong. Setelah selesai milet disaring dan dijemur di bawah sinar matahari. Kalau tidak ada matahari atau hujan, lebih baik milet disangrai saja.

Makanan Burung Pipit Terbaik (alihamdan.id)

Makanan Burung Pipit Terbaik (alihamdan.id)

2. Milet Merah

Tidak berbeda jauh dengan milet putih, kalau milet merah biasanya dijadikan campuran milet putih. Kandungannya sama saja tapi burung-burung biasanya lebih suka milet putih.

Harga milet merah cenderung sama dengan milet putih. Namun, orang-orang lebih suka beli milet putih. Kalau mau beli milet merah biasanya akan dicampur dengan milet merah.

3. Jagung Kecil

Jika burung Pipit sudah agak dewasa Anda bisa memberikan pipilan jagung muda dan ukurannya kecil-kecil. Mengapa harus biji jagung ukuran kecil? Tujuannya untuk mempermudah burung pipit menelan dan tidak menyakit saluran pencernaan.

Oh iya, harga jagung pecahan sangat murah. Anda bisa beli jagung kecil seperti itu dengan harga Rp 5.000 per setengah kilo gram. Itupun makanannya sudah awet sampai 1-3 bulan.

4. Canary Seed

Nah, makanan kesukaan burung-burung kecil seperti pipit salah satunya canary seed. Makanan ini memiliki bentuk yang sama dengan biji beras. Namun, teksturnya mungkin lebih empuk canary seed.

Pemberian canary seed pada pipit bisa dicampur dengan milet putih. Mengapa pakan harus dicampur? Tujuannya agar pipit tidak mudah bosan dan kebutuhan gizi burung lebih tercukupi.

5. Beras

Biasanya masyarakat awam masih bingung dalam memberikan makanan burung pipit. Ada orang yang memberikan biji beras karena pasti semua orang memilikinya.

Sebelum beli pakan burung, di rumah yang ada cuma biji beras putih, ambil saja sedikit. Terus beras tersebut diberikan ke burung pipit. Kandungan gizi beras putih sebenarnya tidak terlalu banyak tapi bisa membuat burung cepat gemuk dan berisi.

6. Gabah

Anda juga bisa memberikan gabah padi bila Anda memilikinya di rumah. Biasanya warga desa yang punya sawah punya gabah banyak sekali. Minta saja sedikit, misal satu genggam untuk makanan burung pipit.

Gabah ini ukurannya agak besar. Sehingga lebih cocok memberikan gabar pada burung pipit dewasa. Sementara burung pipit muda diberikan beras saja.

Burung Emprit atau Pipit (bbpopt.id)

Burung Emprit atau Pipit (bbpopt.id)

7. Beras Merah

Oh iya, selain beras putih, Anda juga bisa menjadikan beras merah sebagai makanan burung pipit. Burung ini bisa makan biji-bijian seperti beras putih dan beras merah.

Namun di antara keduanya, Anda bisa memberikan beras putih saja. Soalnya beras putih sudah pasti ada di setiap rumah masyarakat Indonesia. Sementara beras merah harus beli dulu.

8. Kacang hijau kupas

Pernah mendengar kacang hijau kupas? Kacang ini sudah dikupas kulitnya sehingga warnanya tidak hijau lagi. Kacang hijau kupas berwarna kuning cerah.

Anda bisa memberikan kacang hijau kupas karena sangat bergizi dan aman untuk pencernaan. Namun, kembali pada burungnya mau atau tidak diberi kacang hijau kupas.

9. Biji sawi

Untuk biji sawi bisa dijadikan campuran milet putih dan milet merah. Biji sawi berukuran sangat kecil dan warnanya hitam. Biji ini memang dijual untuk campuran makanan burung pipit dan lain sebagainya.

Membasmi Burung Pipit atau Emprit (anteroaceh.com)

Membasmi Burung Pipit atau Emprit (anteroaceh.com)

10. Ketan hitam

Kalau Anda pernah memelihara burung Perkutut, paling bagus diberi makanan ketan hitam. Ketan hitam sifatnya menghangatkan tubuh. Apabila Anda baru menemukan burung pipit karena kehujanan dan bulu basah kuyup, lebih baik diberi ketan hitam dulu.

Beli ketan hitam sedikit saja, karena ketan hitam bisa mengundang kutu. Jika Anda tidak menjemurnya, kutu akan bermunculan dan ketan hitam berwarna keputihan.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa daftar makanan burung pipit atau emprit terbaik. Burung seperti ini memang paling suka makan biji-bijian ketimbang voer. Terlebih ukuran voer biasanya terlalu besar dan sulit dicerna burung pipit.

Untuk cara pemberian pakan sama saja dengan burung yang lain. Setiap pagi ganti pakan yang masih fresh atau baru. Jadi sambil bersihkan sangkar dan kotoran, Anda bisa memberikan makan burung pipit di dalam cepuk makan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.