Skip to content

12 Makanan Ikan Arwana Terbaik

Makanan Ikan Arwana

Burungnya.com – Apa saja makanan ikan arwana? Bagi Anda yang hendak memelihara ikan arwana, ketahui dulu jenis makanannya.

Pasalnya, harga ikan arwana sangat mahal. Ikan arwana asli biasanya dihargai Rp 2.000.000 ke atas. Sehingga kalau asal memberikan makan pada ikan tersebut, tentu akan sangat menyesal bila ikannya mati.

Memang memberi makanan ikan arwana merupakan salah satu perawatan yang paling penting. Jadi, jenis makanannya harus dipilih yang terbaik.

Baca juga: Harga Ikan Tenggiri Segar Utuh Per Kg

Makanan Ikan Arwana Terbaik

Makanan Ikan Arwana Terbaik

Makanan Ikan Arwana Terbaik

Anda harus mengetahui bahwa makanan ikan arwana harus dibedakan untuk ikan anakan atau dewasa. Soalnya, tubuh ikan menyesuaikan besar kecilnya makanan.

Untuk ikan arwana dewasa, Anda bisa memberikan makanan yang besar, seperti katak, kadal, kelabang, hingga udang.

Namun, untuk ikan arwana kecil, cukup berikan jenis makanan yang kecil, contohnya jangkrik, ikan kecil, dan lain-lain.

1. Jangkrik

Makanan ikan arwana silver atau yang lain bisa diberi jangkrik. Oh iya, jangkriknya sendiri harus aman. Sehingga kaki gergajinya lebih baik dilepas dulu.

Anda bisa memberikan jangkrik 2-3 ekor setiap kali pemberian. Misal, pagi 2 ekor, nanti sore 2 ekor lagi.

Baca juga: 7 Cara Ternak Jangkrik untuk Pakan Burung Kicau

2. Katak

Apakah katak boleh dijadikan makanan ikan arwana? Sudah pasti boleh-boleh saja.

Katak termasuk makanan ikan arwana terbaik. Ukuran katak sendiri harus disesuaikan dengan ukuran ikan arwana.

Paling tidak, katak bisa dilahap oleh ikan arwana. Katak ini bagus untuk kesehatan ikan arwana, tapi kalau kebanyakan warnanya bisa memudar.

3. Cicak

Di rumah pasti cukup banyak cicak menempel di dinding. Nah, ambil 1 ekor cicak, lalu jadikan makanan alternatif arwana.

Pemberian cicak ini tidak boleh setiap hari. Anda dapat memberikan cicak ke arwana sebulan sekali atau dua minggu sekali.

Baca juga: Cara Membuat Murai Batu Ngotot dan Bongkar Isian, Rahasianya Cicak dan Katak

4. Kelabang

Tahukah Anda, ikan arwana suka sekali dengan kelabang. Namun, mencari kelabang itu susah.

Jika ada, pasti harga kelabang relatif mahal untuk makanan ikan arwana.

Jadi, saran kami berikan kelabang pada arwana cukup sebulan sekali.

Ini bukan karena harganya saja, tapi pemberian kelabang terlalu sering juga tidak bagus.

5. Kadal

Kadal dan cicak sama-sama bisa dijadikan makanan ikan arwana. Namun, ukuran kadal lebih besar.

Sehingga kadal besar cocoknya untuk ikan arwana dewasa. Kalau kadal kecil, bisa juga diberikan pada ikan arwana ukuran kecil ke medium.

Namun, perlu diingat lagi bahwa pemberian kadal pada ikan tidak boleh terlalu sering. Berikan kadal sebulan sekali, sudah sangat bagus.

6. Udang

Makanan alternatif ikan arwana lainnya yaitu udang. Namun, karena harga udang cukup mahal, Anda bisa memberikan udang seminggu sekali atau dua kali.

Pemberian udang pada ikan arwana bisa membuat warna lebih cerah. Tapi harus hati-hati bila udang dewasa sudah mempunyai capit.

Takutnya capit tadi justru melukai ikan. Namun, bila udang diberikan tanpa capit pasti ikan arwana akan aman-aman saja.

Pemberian udang juga harus kondisi segar atau masih hidup. Bila udang tidak hidup, pastikan udang masih beku dan nampak segar.

7. Kecoa

Ternyata kecoa bisa dijadikan makanan ikan arwana. Bahkan, bila nafsu makan ikan menurun, Anda dapat menaikkan kembali dengan bantuan kecoa.

Pemberian kecoa pada ikan arwana konon bisa membuatnya lebih nafsu makan dan stamina bertambah.

8. Ikan Kecil

Ikan yang kecil bisa jadi makanan alternatif arwana. Soalnya, ikan ini sangat bergizi untuk ikan arwana.

Pemberian ikan kecil pada arwana bisa dilakukan seminggu sekali. Tujuannya untuk menjaga agar pola makan ikan tetap bagus.

Jangan sampai ikan arwana diberi makan ikan terus, tapi saat diberi makanan lain tidak mau. Kemudian ikan arwana juga jadi bosan karena selalu diberi makan ikan terus.

9. Pelet Ikan Arwana

Pelet Makanan Ikan Arwana

Pelet Makanan Ikan Arwana

Nah, untuk makanan ikan arwana anakan dan dewasa, Anda bisa memberikan pelet. Pakan ini bisa untuk harian karena dirasa aman dan tanpa efek samping.

Pelet kandungan gizinya seimbang. Sebab, sebagian besar pelet ikan sudah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi ikan arwana.

10. Ulat Hongkong

Anda juga bisa memberikan ulat hongkong ke ikan arwana. Justru ulat hongkong jadi makanan ikan arwana terbaik dan paling favorit.

Bila Anda memberikan ulat hongkong ke ikan arwana, sebaiknya jangan setiap hari. Nanti ikan arwana jadi manja dan tidak mau diberi makanan yang lain.

11. Daging Ayam Segar

Sama seperti burung Hantu, ikan arwana dapat diberi daging ayam segar sebagai makanan alternatif.

Dalam memberikan daging ayam, Anda wajib mengirim kecil-kecil. Pastikan pula itu merupakan daging ayam yang segar.

12. Cacing Beku atau Cacing Sutra

Salah satu makanan arwana favorit adalah cacing beku atau cacing sutra. Coba Anda beli di kios ikan hias. Nanti pasti mereka menjual cacing seperti itu.

Ikan arwana sangat menyukai cacing kecil-kecil. Apalagi ikan arwana yang berukuran kecil, dia suka sekali makan cacing sutra dan cacing beku.

Untuk cacing segar seperti ini Anda bisa memberikannya sehari sekali. Pemberian cacing sutra dan cacing beku bagus untuk kesehatan serta mencerahkan warna.

Kesimpulan

Demikian beberapa jenis makanan ikan arwana terbaik. Kami mengatakan begitu karena beberapa makanan tadi bisa membuat ikan arwana cepat besar dan warnanya cerah.

Ikan arwana sebenarnya paling suka diberi makanan hewan hidup. Namun, ikan arwana harus dibatasi pemberian makanannya. Terutama yang alternatif tadi.

Untuk makanan seperti pelet, Anda boleh memberikannya setiap hari dan rutin. Kemudian jika Anda ingin membuat ikan arwana cepat besar, coba berikan udang, ulat hongkong, dan jangkrik.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom.

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.