15 Makanan Kucing Hamil yang Bagus dan Mereknya

Burungnya.com – Kalau kucing sedang hamil, pastinya membutuhkan nutrisi yang lebih besar dari kucing biasa. Soalnya, anak bayi kucing dalam kandungan ikut mengambil nutrisi milik induknya dan butuh asupan makanan kucing hamil.

Oleh karena itu, pemberian makanan untuk kucing hamil harus lebih bergizi dan bagus. Ada baiknya, makanan yang diberikan ke kucing hamil harus mengandung banyak lemak. Namun, pemberian makanan berlemak harus dipantau agar tidak terlalu banyak.

Perlu Anda ketahui rata-rata kehamilan kucing berlangsung antara 61 hari sampai 72 hari. Nah, selama dua pertiga kehamilan, kucing harus diberi asupan lemak untuk masa kembang calon anak bayi dalam kandungan.

Meski begitu, Anda harus memantau perkembangan tubuhnya (induk kucing). Sebisa mungkin, induk kucing atau queen tidak memiliki berat badan di atas 40 persen dari berat badan ideal.

Lebih dari itu, kucing bisa dikategorikan obesitas. Kalau induk kucing sudah obesitas, nanti dia bisa mengalami komplikasi dalam proses melahirkan dan masalah kesehatan lainnya.

Makanan Kucing Hamil

Saran dari merek makanan kucing terkemuka, yaitu Royalcanin.com, kucing hamil harus diberi diet lemak.

Misal, makanan lama kurang mengandung lemak, maka mulai campurlah makanan berlemak sekitar 25 persen. Sisa 75 persen merupakan makanan lama yang dimakan kucing sehari-hari.

Itu sebagai perkenalan di awal-awal, supaya kucing tetap mau makan dan tidak stres. Setelah proses pengenalan makanan baru berlangsung selama tujuh hari tingkatkan persentase menjadi 50 persen, kemudian lanjut 75 persen, sampai ke 100 persen.

Perubahan dari makanan lama ke baru harus dilakukan secara bertahap. Tujuannya agar kucing tidak mengalami gangguan pencernaan karena perubahan makanan secara mendadak.

Merek Makanan Kucing Hamil (medicanimal.com)
Merek Makanan Kucing Hamil (medicanimal.com)

Jenis Makanan Kucing Untuk Hamil

1. Makanan Kucing Basah

Untuk makanan kucing hamil, Anda dapat memberikan jenis makanan basah dengan porsi yang tepat sesuai berat tubuhnya.

Ikan

Contoh, berikan makanan berupa ikan tuna, salmon, dan tongkol. Penyajian makanan ini harus dalam keadaan matang atau dikukus.

Jangan pernah menggoreng ikan atau ditambah bumbu seperti makanan manusia. Tujuannya supaya kucing tidak mengalami gangguan pencernaan dan lebih alami.

Daging Ayam

Setelah pemberian ikan, coba di hari-hari berikutnya ganti dengan daging ayam bagian dada yang kaya protein. Jika bosan dengan dada ayam, Anda bisa memberikan hati ayam.

Telur Ayam Kampung

Selanjutnya, coba berikan telur ayam kampung sebagai selingan. Pemberian telur ayam ini bisa disajikan setengah matang.

Daging Sapi atau Kampung

Kalau punya dana lebih, sesekali kucing bisa diberi daging sapi atau daging kampung. Daging ini sangat baik karena kaya protein dan kalori.

2. Vitamin untuk Kucing Hamil

Selain makanan kucing basah, kucing hamil juga harus mendapatkan asupan vitamin.

Beberapa vitamin yang bagus untuk kucing hamil adalah vitamin A, vitamin B1, B3, B6, B12, vitamin C, vitamin D3, vitamin E, dan vitamin K.

Kemudian kucing juga harus diberi makanan yang mengandung magnesium, fosfor, protein, dan hemoglobin.

Loading...

3. Makanan Kucing Kering

Setelah tadi sempat membahas makanan kucing basah, sekarang makanan kucing kering. Ada beberapa merek makanan kucing kering untuk kucing hamil, salah satunya Royal Canin Pro Queen.

Makanan kucing tadi khusus untuk kucing dalam masa birahi sampai proses kehamilan. Kalau kucing sudah melahirkan bayi, Anda bisa memberikan Royal Canin Mother & Baby.

Merek Makanan Kucing Hamil Lain

  • Maxi
  • Pro Plan Kitten
  • Meo Kitten
  • Royal Canin Kitten
  • Felibite Mother & Kitten
  • Im Organic Kitten Baby & Mom
  • Equilibrio
  • Makanan kucing hamil lain dengan kandungan protein di atas 30 persen.

Cara Memberi Makanan Kucing Hamil

Cara Memberikan Makan Kucing Hamil (animalwised.com)
Cara Memberikan Makan Kucing Hamil (animalwised.com)

Sempat kami singgung sebelumnya, bahwa kucing hamil makanannya berbeda dengan kucing biasa. Anda harus melakukan peralihan makanan dari yang lama ke yang baru.

Pertama, makanan lama tetap diberikan dengan persentase 75 persen kemudian dicampur makanan baru khusus kucing hamil 25 persen.

Lakukan percampuran makanan ini selama seminggu. Nanti ditambah persentasenya seiring berjalannya waktu. Pertambahannya dengan kelipatan 25 persen saja.

Baca juga:

Jangan lupa air minum harus selalu tersedia dan segar. Pasalnya, air minum membantu penyerapan makanan dan membuat kucing terhindar dari dehidrasi.

Setelah memasuki masa-masa kelahiran, nafsu makan induk kucing akan berkurang. Hal ini wajar, bahkan nanti berat badan induk kucing akan berangsur-angsur menurun saat induk menyusui anaknya.

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan kucing hamil lengkap dengan merek makanannya. Anda bisa membuatkan makanan sendiri atau membeli makanan kucing khusus hamil dengan merek terkenal.

Jadi, memang sudah ada beberapa makanan yang khusus dihadirkan untuk kucing hamil. Kandungan lemak dan protein sudah disesuaikan seperti kebutuhan kucing yang sedang hamil.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • asupan gizi untuk kucing hamil
  • makanan bagus untuk kucing hamil
  • makanan kucing hamil harga terjangkau
  • makanan terbaik untuk kucing tahap awal hamil
  • Makanan untuk kucing hamil
  • makanan yang bagus untuk kucing hamil
  • Merk makanan kucing hamil muda
  • merk makanan untuk kucing hamil

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!