10 Makanan Manusia yang Aman Untuk Makanannya Kucing

Burungnya.com – Berbicara tentang makanan kucing tentu banyak sekali. Jika sedang mendesak, Anda bisa menjadikan makanan manusia jadi makanannya kucing.

Mungkin Anda mengira kucing hanya boleh makan makanan kucing. Padahal, kucing juga bisa menjadikan makanan manusia sebagai makanannya kucing.

Beberapa makanan yang kami sebutkan memang aman untuk kucing. Namun, bila kucing Anda mempunyai masalah kesehatan terutama di pencernaan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Baca juga: 11 Makanan Manusia yang Boleh Dimakan Kucing

Makanan Manusia Aman Untuk Makanannya Kucing

  • Telur
  • Daging
  • Ikan
  • Jagung
  • Semangka
  • Pisang
  • Apel
  • Bayam
  • Labu
  • Wortel
  • Brokoli

Makanan tersebut bisa aman untuk makanannya kucing bila diberikan dengan cara yang benar.

Makanannya Kucing dari Telur
Makanannya Kucing dari Telur

1. Telur

Telur aman untuk kucing bila diberikan dalam kondisi matang. Sementara telur mentah masih tidak aman karena ada bakteri salmonella dan e-coli.

2. Daging Pilihan

Untuk daging, pilih jenis daging ayam, burung, kalkun, dan sapi. Selain daging tersebut masih belum aman.

3. Ikan

Terdapat ikan sebagai makanannya kucing, yaitu salmon, whitefish, tuna, trout, herring, dan makarel.

4. Jagung

Jagung bisa diberikan pada kucing. Terkadang jagung dicampurkan pada makanan kucing. Bahkan, kucing kecil sukali sekali dengan potongan keripik jagung.

5. Semangka

Kucing dehidrasi bisa diberi semangka. Pilih semangka yang sudah tidak ada bijinya agar aman untuk makanannya kucing.

6. Pisang

Apakah kucing makan pisang? Sebenarnya kucing tidak makan pisang, tapi kalau kucing tidak sengaja makan pisang sedikit saja, tidak masalah.

Jika kucing terlalu makan pisang, kandungan potasiumnya sangat berbahaya untuk kucing.

7. Buah Apel

Kucing juga bisa makan apel tapi jangan sampai kucing makan bijinya. Soalnya biji apel mengandung sianida dan sangat beracun.

8. Bayam

Makanannya kucing beragam, dia bisa juga diberi bayam karena kandungan seratnya tinggi. Namun, kucing dengan gangguan ginjal dan kandung kemih jangan diberi bayam.

9. Wortel

Wortel bisa dikukus sebelum diberikan ke kucing. Sebab, wortel yang mentah sangat keras, sehingga tidak bagus untuk percernaan kucing.

10. Brokoli

Sama seperti wortel, brokoli juga diberikan ke kucing dalam kondisi sudah dikukus.

Baca juga: Jenis Makanan Kucing Basah Terbaik

Apakah Boleh Makanan Manusia Dijadikan Makanannya Kucing?

Sebenarnya makanan manusia tidak cocok untuk kucing. Namun, beberapa makanan tadi ada pengecualiannya dan bisa dibilang masih aman untuk kucing.

Kendati demikian, jangan jadikan makanan manusia sebagai makanan utama kucing. Pasalnya, pencernaan kucing berbeda dengan manusia.

Makanan tadi diperbolehkan apabila termakan kucing secara tidak sengaja.

Anda juga boleh memberikan makanan seperti telur dan daging sebagai selingan. Sementara jenis makanan yang lain jangan diberikan ke kucing ya.

Baca juga: Cara Memilih Makanan Kucing Terbaik Untuk Pemula

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan manusia yang aman untuk makanannya kucing. Kucing bisa makan makanan manusia, tetapi dalam jumlah sedikit dan tidak sering.

Untuk makanan kucing harian, sebisa mungkin berikan makanan kucing. Sebab, kandungan di dalamnya sesuai dengan kebutuhan nutrisi kucing.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.