5 Makanan Manusia yang Tidak Baik Untuk Kesehatan Burung

Burungnya.com – Sebagian orang mengira bahwa burung kicau dapat memakan berbagai jenis makanan manusia sama seperti ayam. Orang seperti ini menganggap burung termasuk hewan liar yang bisa memakan apapun di luaran sana.

Padahal, burung memiliki makanan sendiri. Jadi, apabila makanan manusia diberikan ke burung, tentu tidak baik bagi kesehatan burung.

Walaupun ada makanan yang baik untuk kesehatan manusia, belum tentu makanan tersebut juga baik untuk burung kicau. Jadi, jangan samakan makanan kita dengan burung-burung di alam.

Tak heran, di kebun binatang ada larangan memberi makan pada hewan-hewan. Sebab, hewan di sana tidak boleh diberi makanan sembarangan. Hewan harus mengonsumsi makanan dengan kandungan gizi tertentu dan tidak boleh disamaratakan.

Jenis Makanan yang Tidak Boleh Diberikan ke Burung

1. Roti

Ternyata roti tidak disarankan diberikan ke burung. Menurut Presiden Bergen County Audubon Society di New Jersey, Don Torino, roti termasuk jenis makanan manusia yang sangat tidak disarankan untuk burung.

Alasannya karena potongan roti justru bisa membuat burung menjadi lemas. Roti tidak memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan burung. Sehingga aktivitas burung dalam terbang, bergerak, dan melompat menjadi kurang aktif.

Di samping itu, burung yang sering diberi makanan berupa roti akan mengalami serangkaian masalah kesehatan, seperti malnutrisi sampai obesitas.

Oleh karena itu, di beberapa negara ada larangan untuk memberikan roti pada burung-burung liar, termasuk burung Merpati di perkotaan.

2. Cracker atau Chip

Makanan manusia selanjutnya yang tidak baik untuk burung adalah Cracker atau Chip. Mengapa makanan tersebut dikatakan tidak baik? Sudah pasti ini berkaitan dengan kandungan garam atau rasa asin pada makanan cracker atau chip.

Di daerah pesisir atau laut mungkin burung-burung bisa memakan ikan-ikan asin. Namun, burung yang tinggal di daratan tidak bisa mengonsumsi makanan asin.

Pasalnya, burung yang mengonsumsi makanan mengandung asin bisa membuatnya cepat kehausan atau dehidrasi. Ada juga yang melaporkan bahwa burungnya tersedak karena tidak dapat mencerna makanan cracker dengan baik.

Makanan yang Tidak Boleh Diberikan ke Burung Kicau (pinterest.com)
Makanan yang Tidak Boleh Diberikan ke Burung Kicau (pinterest.com)

3. Beras atau Nasi

Rata-rata makanan pokok manusia adalah nasi putih. Akan tetapi, makanan ini tidak baik dijadikan makanan utama burung kicau. Kandungan karbohidrat pada nasi sangat tinggi sehingga burung mengalami malnutrisi dan obesitas.

Loading...

Selain itu, nutrisi pada beras sangat kecil dibandingkan dengan biji-bijian lainnya. Sehingga kurang bagus bila Anda memberikan beras pada burung.

4. Cokelat

Makanan cokelat sangat lezat dan terkenal manis. Menurut peneliti di Humane Society of the United States, cokelat yang diberikan ke burung sama seperti memberikan racun. Kenapa begitu?

Cokelat dapat membunuh burung secara perlahan. Di dalam sebuah cokelat terdapat kandungan theobromine yang dapat meracuni burung. Cokelat juga tidak dianjurkan pada anjing, kucing, dan hewan lainnya.

5. Biji Apel

Anda mungkin terkejut, mengapa biji apel tidak baik untuk burung. Justru biji apel termasuk makanan paling berbahaya bagi burung. Biji apel mengandung sianida yang cukup tinggi.

Buah apel sendiri masih bagus untuk burung, tapi bijinya sangat berbahaya. Jadi biji apel harus dibersihkan dulu atau dibuang sebelum memberikan buah apel pada burung kicau.

Oh iya, kulit apel sebaiknya juga dikupas dulu karena kandungan pestisida pada kulit apel dapat mengganggu pencernaan burung. Meski Anda sudah mencuci buah apel, tapi kandungan pestisida masih menempel di kulitnya.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan manusia yang tidak baik untuk kesehatan burung. Jika selama ini Anda masih memberikan makanan tersebut pada burung, sebaiknya segera dihentikan.

Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena tidak mengetahui ilmu dalam merawat burung. Hewan ini sudah memiliki jenis makanan sendiri. Anda bisa membeli makanannya di pasar burung atau secara online di Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, dan lain-lain.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!