10 Makanan Murai Batu Terbaik untuk Extra Fooding

Burungnya.com – Pemberian makanan burung selalu berdampak pada burung tersebut. Misalnya, burung Murai Batu diberi makanan dari voer terus menerus, maka burung hanya gemuk saja tapi performa tidak meningkat.

Coba kalau burung Murai Batu diberi makanan tambahan berupa extra fooding, pasti hasilnya lebih bagus. Sebab, sebagian besar pakan EF atau extra fooding selalu berasal dari alam.

Sehingga makanan tersebut sesuai dengan makanan burung Murai Batu di alam liar. Selain kandungan gizinya tinggi, makanan tersebut tentunya bagus untuk menunjang performa burung.

Makanan Burung Murai Batu Terbaik

  1. Jangkrik
  2. Kroto
  3. Ulat Kandang
  4. Cacing
  5. Ulat Hongkong
  6. Larva Tawon
  7. Ikan Guppy
  8. Belalang Hijau
  9. Telur Rebus
  10. Udang Kecil

Pakan-pakan tadi sangat baik untuk Murai Batu. Namun, porsi pemberiannya harus disesuaikan dengan setingan burung.

Cara Memberikan Pakan EF pada Murai Batu

1. Porsi Jangkrik

Sehari Murai Batu dapat diberi jangkrik 15 ekor. Pagi hari 5 ekor, siang hari 5 ekor, dan sore hari 5 ekor jangkrik.

Jika burung Anda suka banyak jangkrik maka berikan lebih banyak. Selain itu sesuaikan pemberian pakan dengan kondisi burung.

2. Pakan Kroto

Untuk harian, burung Murai Batu bisa diberi kroto satu kali dengan porsi 1 sendok teh.

3. Ulat Kandang

Tenang saja, ulat kandang tidak akan membuat Murai Batu gemuk. Jadi, berikan ulat kandang satu cepuk kecil sudah cukup.

4. Cacing

Pemberian cacing pada Murai bisa 2 hari sekali atau 3 hari sekali. Cacing sangat bagus untuk Murai Batu, tapi sebaiknya cacingnya dalam keadaan segar dan sudah dicuci bersih.

Makanan Murai Batu untuk Extra Fooding (eol.org)
Makanan Murai Batu untuk Extra Fooding (eol.org)

5. Ulat Hongkong

Kandungan lemak pada ulat Hongkong tergolong tinggi. Jadi pemberian makanan ini cukup 3 hari sekali atau seminggu sekali. Takutnya kalau keseringna makan ulat Hongkong, burung Murai bisa kegemukan.

6. Larva Tawon

Nah, dalam pemberian larva tawon harus hati-hati karena ini yang diambil telur-telur tawon. Jika Anda tidak hati-hati nanti bisa disengat tawon.

Manfaat larva tawon untuk Murai banyak sekali, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, merangsang nafsu makan, meningkatkan daya ingat dan sistem saraf, meningkatkan energi, hingga mempercepat perkembangan Murai.

Loading...

7. Ikan Guppy

Selanjutnya, Anda bisa memberikan ikan Guppy pada Murai Batu karena dengan memakan ikan kecil-kecl, burung Anda akan semakin pintar.

Dalam hal ini burung pintar menirukan suara burung masteran dan gaya tarung Murai Batu lain. Sebab, di dalam ikan terkandung asam amino taurin untuk merangsang pertumbuhan sel otak.

Selain itu, ada pula kandungan vitamin A, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, Omega 3, dan Selenium.

8. Belalang Hijau

Tahukah Anda, belalang hijau mempunyai kandungan protein yang hampir sama dengan kroto. Nutrisi di dalam belalang sangat bagus untuk pertumbuhan Murai Batu.

9. Telur Rebus

Murai Batu menyukai telur rebus, tapi ada yang suka putihnya saja atau kuningnya saja. Anda bisa memberikan telur rebus secara langsung dengan cara dikupas cangkangnya atau telur disuntikkan ke tubuh jangkrik.

Selain itu, biar Murai Batu suka, Anda bisa mencampur telur rebus dengan kroto. Perbandingannya 1 : 3 sampai Murai Batu terbiasa makan telur rebus. Misalnya, telur rebus satu sendok, maka kroto tiga sendok.

10. Udang Kecil

Selain ikan kecil, udang kecil juga bagus untuk Murai Batu. Kandungan di dalam rebon udang kecil adalah 81 kilokalori, protein 16,2 gram, kalsium 757 miligram, karbohidrat 0,7 gram, fosfor 292 miligram, lemak 1,2 gram, dan zat besi 2 miligram.

Pemberian udang kecil ke burung Murai Batu sebaiknya dilakukan H-2 atau H-1 lomba. Sebab, efek udang kecil membuat tubuh Murai panas. Sehingga jangan memberikan udang kecil setiap hari.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan Murai Batu terbaik untuk extra fooding. Makanan ini alami karena disesuaikan oleh kehidupan burung di alam.

Sudah pasti burung Murai Batu akan sangat menyukainya, terutama burung Murai Batu hutan. Namun, burung hasil penangkaran kemungkinan harus dibiasakan dulu karena makanannya sejak kecil berbeda.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • ikan kecil bikin nglemak burung

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!