21 Makanan Untuk Kucing Hamil dan Menyusui

Burungnya.com – Kucing hamil butuh perawatan khusus. Pasalnya, kebutuhan nutrisi seperti makanan kucing hamil dan menyusui tidak boleh sembarangan. Anda tidak boleh sembarangan memberikan makanan karena kucing hamil kebutuhan nutrisinya berbeda dari kucing biasa.

Terdapat berbagai jenis makanan kucing hamil dan menyusui yang paling bagus. Jika Anda ingin memberikan makanan komersial, kami memiliki rekomendasi beberapa merek makanan kucing hamil.

Pastinya agar kucing kitten lahir dengan selamat dan induknya tetap sehat, pilih makanan yang terbaik dan bagus. Jangan asal memberikan makanan karena tidak disarankan.

Baca juga: 16 Ciri Kucing Hamil dari Fisik dan Perilaku

Cara Memberikan Makan Kucing Hamil (animalwised.com)
Cara Memberikan Makan Kucing Hamil (animalwised.com)

Jenis Makanan Untuk Kucing Hamil

Makanan Kucing Basah

Beberapa makanan basah yang bagus untuk kucing hamil di antaranya,

  1. Ikan Tuna
  2. Ikan Tongkol
  3. Ikan Salmon
  4. Daging ayam bagian dada
  5. Hati ayam
  6. Telur mentah
  7. Telu setengah matang
  8. Telur ayam kampung
  9. Telur ayam biasa
  10. Daging sapi
  11. Daging domba

Cara penyajian makanan harus dalam keadaan matang dan dikukus. Makanan jangan digoreng atau ditambahkan bumbu-bumbu lainnya.

Baca juga: 15 Makanan Kucing Hamil yang Bagus dan Mereknya

Makanan Kucing Hamil dan Menyusui (thesprucepets.com)
Makanan Kucing Hamil dan Menyusui (thesprucepets.com)

Makanan Kucing Kering

  1. Royal Canin Pro Queen
  2. Pro Plan Kitten
  3. Blackwood Kitten Food
  4. Royal Canin Mother & Baby
  5. Maxi
  6. Meo Kitten
  7. Felibite Mother & Kitten
  8. Royal Canin Kitten
  9. Im Organic Kitten Baby & Mom
  10. Equilibrio

Baca juga: 13 Cara Membuat Kucing Betina Tidak Hamil Tanpa Disteril

Loading...

Cara Memberikan Makanan Kucing Hamil

Itu tadi beberapa merek makanan kucing hamil. Namun, karena mungkin sehari-hari tidak makan makanan tersebut, maka diperlukan adaptasi terlebih dahulu terhadap makanan baru.

Porsi Pemberian Makanan Kucing Baru

Contoh dimulai dengan 25 persen makanan baru dan 75 persen makanan lama. Tiga hari berikutnya berikan makanan kucing hamil dengan porsi 50 persen makanan lama dan 50 persen makanan baru. Kalau sudah 5-7 hari, barulah tingkatkan persentase makanan baru menjadi 100 persen.

Tujuannya untuk membantu mengurangi gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan kucing muntah atau diare. Kalau sudah diare bahaya, terutama kucing hamil.

Merek Makanan Kucing Hamil (medicanimal.com)
Merek Makanan Kucing Hamil (medicanimal.com)

Oh iya, pilih makanan yang banyak kalorinya untuk menambah energi indukan. Beri makanan lebih sering tapi sedikit-sedikit saja. Pemberian makanan kering agak dikurangi dan sediakan minuman segar.

Nanti di tahap akhir kehamilan, nafsu makan kucing akan menurun. Hal tersebut wajar karena merupakan tanda umum kucing akan melahirkan. Meski begitu, tetap berikan makanan dan minuman pada kucing hamil besar.

Baca juga: Cara Membedakan Jenis Kelamin Anak Kucing Bayi Usia 15 Hari

Kesimpulan

Demikian beberapa makanan kucing hamil dan menyusui. Anda bisa memberikan makanan tadi saat kucing sedang mengandung bayi kucing atau sedang menyusui.

Berikan asupan nutrisi yang bagus selama kucing mau melahirkan atau pasca hamil. Sebab, kesehatan induk kucing dan anak kucing bergantung pada makanan yang mereka konsumsi sehari-hari.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!