5 Manfaat Batu Bata Merah untuk Lovebird dan Efeknya

Burungnya.com – Batu bata merah lebih sering digunakan untuk bahan bangunan pembuatan dinding rumah. Ternyata batu bata juga bisa dipakai untuk pakan extra fooding Lovebird. Apakah tidak masalah memberikan batu bata merah untuk makanan Lovebird?

Tentu saja tidak masalah, justru batu bata ini bisa dijadikan pengganti tulang sotong yang penuh kalsium. Selain pengganti tulang sotong, batu bata merah juga memiliki banyak manfaat untuk Lovebird.

Manfaat Batu Bata Merah untuk Lovebird

1. Membuat Paruh dan Kuku Lovebird Tajam

Batu batu merah bisa dijadikan pengganti kayu gigitan. Tekstur batu yang keras dapat dijadikan pengasah paruh dan kuku Lovebird agar lebih tajam. Kalau sudah tajam, burung Lovebird jadi mudah membuka biji kuaci, memotong batang sayur, dan lain-lain.

2. Memperlancar Pencernaan

Burung Lovebird yang makan bata merah bagian sistem pencernaannya akan berjalan lancar. Batu tersebut bisa dijadikan campuran atau pakan selingan Lovebird. Anda dapat mencampur pakan Lovebird dengan serbuk batu bata merah.

3. Warna Lovebird Lebih Cerah

Bulu Lovebird terkadang terlihat kusam dan berantakan. Anda dapat memberikan batu bata merah agar bulunya lebih cerah dan mengilap. Namun, jangan hanya memberikan bata merah saja, Anda juga harus rajin memandikan Lovebird agar warna bulunya lebih cerah.

4. Mencegah Paruh Gajah

Sudah pernah mendengar gangguan masalah paruh gajah pada Lovebird? Kalau belum akan kami berikan penjelasannya sedikit. Jadi, paruh gajah adalah pertumbuhan paruh yang tidak normal sehingga ukurannya panjang sekali.

Burung menjadi kesulitan untuk makan dan minum karena paruh terlalu panjang. Biasanya kondisi ini terjadi karena burung jarang mengasah paruhnya. Alasannya lain di dalam kandang tidak ada media untuk mengasah paruh, seperti kayu, tulang sotong, atau batu bata merah.

Solusi untuk masalah paruh gajah dengan cara dipotong atau dikikir paruhnya.

5. Batu Batu Merah Pengganti Tulang Sotong

Tulang sotong memiliki manfaat yang sama dengan batu bata merah. Sehingga jika Anda kesulitan membeli tulang sotong, Anda bisa menggantinya dengan batu bata merah. Pemberian batu bata ini sebaiknya dalam kondisi utuhan saja. Biarkan burung Lovebird memakannya secara perlahan dengan cara digigit.

Pakan Batu Bata Merah untuk Lovebird (youtube.com)
Pakan Batu Bata Merah untuk Lovebird (youtube.com)

Efek Pemberian Batu Bata Merah pada Lovebird

Untuk efek positifnya sudah kami jelaskan di atas, salah satunya untuk melancarkan pencernaan dan mencegah paruh gajah. Namun, efek lainnya yaitu kotoran burung akan berwarna merah. Mungkin Anda akan terkejut karena kotoran berubah menjadi merah.

Loading...

Hal tersebut sebenarnya tidak masalah karena kotoran burung menyesuaikan dengan apa yang dia makan. Jika dia memakan sayur-sayuran maka kotorannya berwarna hijau. Begitu juga saat Lovebird makan batu bata merah, pasti kotorannya berwarna merah.

Ini lebih bagus daripada kotoran Lovebird berwarna putih dan cair. Soalnya ini pertanda burung terkena penyakit berak kapur dan cukup berbahaya apabila tidak segera ditangani.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian manfaat batu bata merah untuk Lovebird dan efeknya. Selama ini batu bata merah bagus untuk Lovebird ternak soalnya mengandung kalsium tinggi. Namun, pemberian bata merah pada indukan Lovebird jangan terlalu banyak karena bisa menyebabkan cangkang telur terlalu keras.

Sebaiknya pemberian batu bata merah diberikan utuhan saja. Biarkan Lovebird menyesuaikan sendiri porsinya. Jika dia merasa cukup mengonsumsi batu bata, maka dia akan berhenti sendiri. Kalau Anda mencampur serbuk batu bata merah pada makanannya, tentunya Anda tidak akan mengetahui apakah porsinya sudah tepat atau belum.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kegunaan batu bata untuk lovebird
  • manfaat batu bata untuk lovebird
  • pemilihan batu bata untuk lovebirt
  • fungsi batu bata pada ternak lovebird
  • fungsi bata merah untuk pakan ayam telur
  • pentingkah batu bata untuk lovebird
  • Batu bata untuk love bird
  • batu bata lovebird
  • Bata merah untuk pakan burung lovebird
  • bata kandanf lovebird

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!