7 Manfaat Belalang untuk Pakan Burung dan Cara Pemberian

Burungnya.com – Ada banyak pakan extra fooding EF alternatif untuk makanan burung, salah satunya adalah belalang. Dulu belalang dianggap hama, tapi kalau dijadikan pakan burung tentu belalang bisa mendatangkan sejuta manfaat.

Burung pemakan serangga sangat senang diberi belalang. Ini bisa dijadikan makanan pengganti atau pelengkap burung yang sebelumnya cuma mengonsumsi jangkrik.

Jadi Anda dapat memberikan jangkrik dan belalang secara bersamaan. Tidak perlu khawatir terhadap efek samping belalang terhadap burung kicauan. Sebab, manfaat belalang bagi burung sangat baik sekali.

Kandungan Belalang Per 100 Gram

  • Lemak kasar 15,5 gram
  • Protein kasar 62 gram
  • Serat kasar 12,4 gram

Belalang juga mengandung asam amino essensial. Selain itu, di dalam belalang juga terkandung mineral seperti fosfor, kalsium, kalium, dan sodium (natrium).

Kandungan protein 62 gram merupakan yang terbesar di antara jenis serangga lainnya. Apabila burung sedang nyilet atau kurus, berikan saja belalang, nanti tubuhnya akan gemuk lagi.

Kandungan vitamin E pada belalang juga bisa mempercepat pertumbuhan bulu burung. Kemudian kandungan sodium, kalium, kalsium, dan fosfor bisa menyeimbangkan cairan di tubuh dan pertumbuhan tulang.

Baca juga: 6 Cara Memilih Walang Kecek yang Bagus untuk Masteran Burung Cepat Gacor

Jenis Belalang yang Bagus untuk Burung

Beberapa jenis belalang di antaranya belalang ranting (kayu), belalang sembah, belalang setan, hingga belalang daun. Namun, ada jenis belalang yang dipercaya bagus untuk burung, yaitu belalang kayu warna hijau dan belalang setan warna cokelat.

Zaman dulu belalang dijual di pasar burung layaknya jangkrik. Mungkin kalau sekarang jangkrik bisa diternak sehingga masih dijual di pasar burung. Kalau belalang cukup sulit dibudidayakan sehingga dia tergantikan sama jangkrik.

Manfaat Belalang untuk Burung Kicau (treknature.com)
Manfaat Belalang untuk Burung Kicau (treknature.com)

Manfaat Belalang untuk Burung Kicau

Selain mengenyangkan, burung juga bisa membuat burung tambah sehat dan rajin bunyi. Mungkin efek dari makanan yang alami memang demikian.

Loading...

Apa saja Manfaat Belalang pada Burung?

  1. Meningkatkan kualitas suara burung.
  2. Membuat burung jadi gacor.
  3. Warna bulu lebih cerah dan berkilau.
  4. Mempercepat pertumbuhan bulu saat mabung.
  5. Menyeimbangkan cairan di tubuh.
  6. Membuat burung cepat gemuk.
  7. Mengatasi burung nyilet atau kurus.

Baca juga: Jualan Belalang di Lomba Burung, Pria Ini Bisa Beli 4 Motor

Efek Samping Belalang

Walau banyak manfaatnya, pemberian belalang pada burung juga harus diperhatikan. Sebab, belalang juga bisa memiliki efek samping yang merugikan burung.

Belalang bisa membuat burung alergi apabila diberikan terlalu banyak. Efek alerginya berupa gatal. Jadi, burung akan sering menggaruk bulu dan mencabuti bulunya.

Cara Pemberian Belalang pada Burung

Yang paling aman, berikan belalang 2-3 kali seminggu. Porsi belalang untuk sekali pemberian yakni 1-2 ekor pada burung dewasa. Jadi jangan terlalu banyak karena efeknya bisa membuat burung alergi.

Justru untuk burung anakan atau bakalan bisa diberi belalang lebih banyak tapi dengan metode campur jangkrik.

Misalnya, burung terbiasa diberi 5 ekor jangkik per hari. Saat memberikan belalang, porsinya menjadi 2 ekor jangkrik dan 3 ekor belalang.

Kalau mau gampang dan simpel, berikan belalang dan jangkrik secara bergantian. Misal, hari ini full belalang 3 ekor, besoknya full jangkrik 5 ekor.

Ukuran jangkrik juga jangan terlalu besar. Berikan jangkrik warna hijau dengan ukuran kecil dulu. Apabila kaki gergajinya terlalu tajam, lepaskan dulu kakinya biar aman di tenggorokan burung.

Burung lomba bisa diberi belalang. Efeknya bagus karena dapat mendongkrak performa burung di lapangan. Namun, bila sekali burung tidak diberi belalang, performanya bisa langsung turun drastis.

Jika di lingkungan Anda sulit mendapatkan belalang atau walang, lebih baik jangan memberikan belalang pada burung lomba. Takutnya nanti burung ketagihan tapi stok belalang sudah langka sehingga sulit didapat.

Baca juga: 10 Pakan Tambahan Extra Fooding Terbaik Untuk Murai Batu Agar Cepat Gacor

Kesimpulan

Demikian beberapa manfaat belalang untuk burung kicau dan cara pemberian yang benar. Untuk Anda yang tinggal di pedesaan, tentunya mencari belalang sangatlah gampang.

Berbeda dengan orang di perkotaan dan kota-kota besar. Mereka mencari belalang di pasar burung saja pasti sangat sulit. Kalau orang yang tinggal di desa dekat sawah atau kebun, belalang sangat melimpah jumlahnya sehingga bisa diberikan ke burung secara rutin.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • pungsi belalang untk kacer
  • apakah belalang bagus untuk pertumbuhan bulu ekor burung cendet?
  • anfaat belalang buat murai
  • manfaat belalang buat murai
  • Burung bagussan kasih belalang apa jangkrik
  • burung jadi jinak dengan belalang hijau
  • Manfaat belalang hijau untuk m
  • manfaat belalang untuk kacer

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!