5 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Burung dan Cara Memberikannya

5 Manfaat Biji Pepaya untuk Kesehatan Burung dan Cara Memberikannya

Burungnya.com – Tahukah Anda ternyata tidak hanya buah pepaya yang bermanfaat untuk kesehatan burung. Sebab, biji pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk burung kicauan. Padahal, kita sering membuang biji buah pepaya karena rasanya pahit.

Nah, sekarang daripada membuang biji pepaya, bagaimana kalau kita berikan ke burung saja sebagai Extra Fooding (EF). Mungkin Anda sudah tahu manfaat pepaya untuk burung, tapi apakah Anda sudah tahu manfaat biji pepaya untuk burung?

Biji pepaya berukuran kecil-kecil dan berwarna hitam. Banyak orang yang langsung membuang biji pepaya karena rasanya tidak enak. Kendati demikian, sebagian orang masih menyimpannya untuk ditanam lagi sebagai bibit buah pepaya.

Baca juga: 40 Makanan Kacer Alami, Pabrikan, dan Racikan Agar Cepat Gacor

Biji Pepaya Aman Dikonsumsi

Ternyata biji pepaya aman dikonsumsi, bahkan untuk manusia sekalipun. Menurut lama Hellosehat.com biji pepaya mengandung berbagai mikronutrien esensial yang dilengkapi dengan polifenol tinggi flavonoid.

Kedua senyawa tersebut merupakan fitokimia alami yang berperan sebagai aktioksidan. Biji pepaya juga mengandung sejumlah asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan aman untuk dimakan.

Manfaat Biji Pepaya untuk Burung (sweetlifespa.com)
Manfaat Biji Pepaya untuk Burung (sweetlifespa.com)

Kandungan serat biji pepaya sangat tinggi sehingga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol pada tubuh. Biji pepaya dapat dimakan langsung dengan daging buahnya atau dihaluskan dulu agar dapat dikonsumsi dengan mudah.

Dengan begitu Anda jadi mengetahui apa saja manfaat biji pepaya untuk burung dan manusia. Kalau untuk burung, apa saja manfaatnya?

Baca juga: 10 Manfaat Tomat untuk Burung Cucak Ijo dan Efek Sampingnya

Manfaat Biji Pepaya untuk Burung

1. Obat Antivirus

Jika diolah dengan benar, ternyata biji pepaya dapat dimanfaatkan sebagai obat antivirus. Burung-burung yang terkena virus dari burung lain dapat disembuhkan dengan cara memberikan biji pepaya.

Selain antivirus, biji pepaya juga dapat digunakan untuk menyembuhkan infeksi ringan akibat tubuh burung tergores alas sangkar atau terjepit jeruji sangkar.

2. Obat Cacing

Apabila burung cacingan, Anda dapat mengobatinya dengan memberikan biji pepaya. Hal ini karena kandungan biji pepaya terdapat alkaloid (carpaine) yang berfungsi untuk membunuh cacing parasit pada usus burung.

Biji pepaya bermanfaat sebagai obat cacing semua jenis burung. Sebelum penyakit cacingan burung bertambah parah, sebaiknya berikan obat cacing sesegera mungkin.

3. Untuk Melancarkan Pencernaan Burung

Kandungan enzim papain pada biji pepaya dapat membantu melancarkan pencernaan burung. Burung yang jarang buang kotoran atau kotorannya encer dapat diobati menggunakan biji pepaya.

Loading...

Tahukah Anda, kandungan enzim papain tadi dapat memecah protein, sehingga sistem pencernaan burung menjadi lebih lancar. Segala bentuk sisa makanan yang menumpuk dalam usus dapat terdorong keluar dan pencernaan menjadi sehat seperti sediakala.

4. Untuk Menetralkan Racun

Makanan atau minuman burung terkadang higienis sehingga membuat burung keracunan. Untuk menetralkan racun pada burung, Anda dapat memberikan biji pepaya.

Manfaat biji pepaya ternyata dapat mengobati burung yang keracunan. Racun yang sudah masuk ke dalam tubuh burung akan dinetralkan dan berangsur-angsur akan menghilang dengan sendirinya.

Setelah diobati dengan biji pepaya, sebaiknya Anda lebih selektif dalam memberikan pakan atau minum ke burung peliharaan. Pasalnya, ini sangat vital dan dampaknya bisa mengancam keselamatan burung.

5. Untuk Menangkal Radikal Bebas

Burung yang sering dijemur di pinggir jalan atau berada dekat dengan asap kendaraan, asap rokok, hingga asap pabrik kemungkinan sering terkena radikal bebas dan polusi udara.

Oleh karena itu, berikan biji pepaya karena fungsinya dapat dijadikan antioksidan penangkal radikal bebas.

Setelah diberi biji pepaya, sebaiknya Anda lebih memperhatikan letak menjemur burung. Pilih tempat gantang yang sejuk dan udaranya bersih.

Baca juga: Cabai Pakan Alternatif Untuk Menjadikan Burung Cepat Gacor

Cara Memberikan Biji Pepaya untuk Burung

1. Pemberian Biji Pepaya Melalui Jangkrik

Anda dapat memberikan biji pepaya ke burung melalui perantara jangkrik. Caranya, jangkrik diberi pakan berupa biji pepaya yang sudah dihaluskan.

Sehingga, burung yang makan jangkrik tersebut akan mempunyai manfaat yang sama seperti makan biji pepaya secara langsung. Ini untuk burung kicauan seperti Kacer, Murai Batu, Jalak, dan lain-lain.

2. Biji Pepaya Dicampur Kroto

Apabila burung suka dengan kroto, Anda bisa mencampur biji pepaya dengan kroto. Bagaimana caranya? Mudah sekali, pertama keringkan biji pepaya di bawah sinar matahari, kemudian tumbuk atau blender biji pepaya sampai halus.

Setelah halus, campurkan biji buah pepaya ke kroto dan bisa langsung diberikan ke burung sebagai pakan tambahan. Nah, karena ini sifatnya sebagai pakan tambahan, Anda dapat memberikannya sedikit atau sesekali saja.

3. Voer Dicampur Biji Pepaya

Sama seperti mencampurkan kroto dengan biji pepaya. Anda juga dapat mencampur biji pepaya dengan voer. Namun, sebelumnya keringkan dulu biji pepaya sampai tidak tersisa kandungan airnya.

Pengeringan bisa dilakukan dengan cara apapun, termasuk menjemurnya di bawah terik matahari atau menggorengnya tanpa minyak. Setelah itu, hancurkan biji pepaya sampai lembut dengan cara ditumbuk atau diblender.

Setelah semua halus seperti tepung, Anda dapat mencampurnya kembali dengan voer. Agar campuran merata dengan cepat, gunakan blender. Anda bisa membeli blender khusus untuk pakan burung, sehingga tidak tercampur dengan blender dapur untuk makanan atau minuman sehari-hari.

Demikian sejumlah manfaat biji pepaya untuk burung dan cara memberikannya. Sebagian burung mungkin tidak suka dengan biji pepaya. Namun, kalau biji pepaya dicampur dengan pakan lain, kemungkinan besar mereka akan menyukainya.

Jadi jangan berhenti untuk bereksperimen tentang pemberian biji pepaya dengan pakan lainnya. Cari pasangan makanan biji pepaya sampai burung menyukainya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman lainnya, dan tolong cantumkan sumbernya. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • manfaat pepaya buat murai batu
  • manfaat buah pepaya untuk kacer
  • manfaat pepaya untuk murai batu
  • pepaya burung
  • manfaat biji pepaya pada lovebird
  • pepaya untuk kacer
  • fungsi buah pepaya untuk murai
  • Buah Asem untuk kacer
  • biji pepaya untuk merpati
  • biji pepaya untuk lb

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!