7 Manfaat Bulu Kucing, Sayang Bila Dibuang

Burungnya.com – Tahukah Anda apa manfaat bulu kucing? Anda mungkin hanya mengira bahwa bulu kucing bisa membahayakan kesehatan dan bisa membuat bayi keguguran.

Namun, ternyata ada beberapa manfaat bulu kucing yang sangat disayangkan bila dibuang begitu saja. Mungkin setelah membaca artikel ini, Anda akan berpikir dua kali saat akan membuang bulu kucing yang rontok.

Anda mungkin akan menyimpan bulu kucing untuk digunakan pada hal-hal yang bermanfaat. Jadi mari kita simak beberapa kelebihan bulu kucing.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Bulu Kucing Rontok Paling Mudah

Manfaat Bulu Kucing

Manfaat Bulu Kucing Jangan Dibuang
Manfaat Bulu Kucing Jangan Dibuang

1. Cegah Hama Tanaman

Bulu kucing bisa dipakai untuk pestisida alami. Bulu diletakkan di sekitar batang tanaman agar hama tidak menyerang tanaman tersebut.

Biasanya tanaman diserang hama berupa siput dan cacing. Bahkan hewan pengerat seperti tikus curut tidak akan berani mendekat setelah tanaman diberi bulu kucing.

2. Penyubur Tanah

Manfaat bulu kucing lainnya bisa untuk penyubur tanah tanaman. Ya, bulu kucing mengandung nitrogen dalam jumlah yang bagus dan bisa dijadikan nutrisi di tanah.

Ketika bulu kucing terurai di tanah, bulu tadi akan membantu tanah mempertahankan kelembaban sambil mengeluarkan gas ramah tanaman.

Baca juga: 7 Bahaya Bulu Kucing bagi Kesehatan Keluarga di Rumah

3. Pupuk Kompos

Oh iya, bulu kucing juga bisa dicampur pada pupuk kompos. Fungsinya sama yaitu bisa sebagai penyubur tanaman.

Kompos yang bagus terdapat campuran bahan tanaman dikeringkan dan campuran hijau. Jadi, campurkan saja bulu kucing ke dalam kompos tanaman.

Manfaat Bulu Kucing untuk Kehidupan
Manfaat Bulu Kucing untuk Kehidupan

4. Barang Kerajinan

Banyak orang yang tidak bisa berpisah dengan kucing peliharaan mereka. Untuk orang seperti ini Anda bisa membuat barang kerajinan atau craft dari bulu kucing.

Jadi bulu kucing disematkan dalam perhiasaan kalung, dompet, atau tas. Dengan begitu, di manapun Anda pergi Anda seperti sedang bersama kucing kesayangan.

Bahkan Anda bisa mengelusnya karena bulu kucing tersebut sudah Anda bawa ke mana-mana.

Baca juga: 16 Penyebab Bulu Kucing Persia Rontok Parah

5. Sarang Burung

Manfaat bulu kucing yang lain yaitu untuk tambahan sarang burung. Tidak hanya ranting dan rumput, bulu kucing juga bisa dijadikan sarang burung.

Predator yang mau makan anak burung pasti akan kabur duluan karena melihat bulu kucing atau tercium aroma kucing.

Vitamin Untuk Bulu Kucing
Vitamin Untuk Bulu Kucing

6. Program Lingkungan Hidup

Terdapat sebuah program lingkungan hidup yang memanfaatkan rambut atau bulu kucing untuk hal-hal yang bermanfaat.

Rambut manusia dan bulu hewan bisa disumbangkan untuk The Clean Wave Program.

Kumpulan rambut dan bulu dijadikan jaring raksasa untuk menyerap tumpahan minyak di laut, membersihkan saluran air yang terkontaminasi, dan membantu memperlancar saluran air hujan.

Baca juga: 5 Merek Vitamin Bulu Kucing dan Cara Pemakaian

7. Mengusir Kucing Lain

Setiap kucing memiliki penanda dengan cara pipis atau menjatuhkan bulunya. Biasanya bila suatu wilayah sudah dikuasai kucing A, maka kucing B atau kucing lainnya tidak akan berani mendekat.

Anda bisa memanfaatkan bulu kucing A untuk menjaga lingkungan rumah tetap bersih dari kotoran kucing kampung.

Vitamin Kucing Khusus Bulu
Vitamin Kucing Khusus Bulu

Kesimpulan

Demikian beberapa manfaat bulu kucing yang sayang bila dibuang. Bulu kucing yang dianggap tidak berguna dan membahayakan, ternyata banyak manfaatnya.

Apabila bulu kucing mulai rontok, sebaiknya segera simpan bulunya dalam wadah plastik klip atau zipper agar bisa dimanfaatkan untuk yang lainnya.

Baca juga: 22 Cara Merawat Bulu Kucing Agar Tidak Rontok

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.