Manfaat Daun Dewa untuk Pakan Burung Kenari

Burungnya.com – Burung Kenari bisa diberi makan berupa biji-bijian, buah, sampai sayuran. Nah, kebetulan ada daun-daunan yang manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan burung Kenari, namanya daun dewa.

Nama latin daun dewa adalah Gynura divaricata. Dia adalah tanaman herbal yang dapat tumbuh di ketinggian 200 – 800 mdpl. Daun ini cukup terkenal tapi di beberapa daerah penyebutannya berbeda-beda, seperti sambung nyawa, san qi cao, hingga samsit.

Manfaat Daun Dewa untuk Kenari (telisik.id)
Manfaat Daun Dewa untuk Kenari (telisik.id)

Ciri Daun Dewa

  • Tinggi pohon daun dewa 30-40 cm.
  • Batang daun dewa pendek.
  • Tekstur daun dewa lunak.
  • Bentuk daun segi lima dan penampang berbentuk lonjong.
  • Pada bagian permukaan daun seperti ada rambut-rambutnya halus.
  • Bagian tepi daun berwarna hijau keunguan.
  • Tangkai daun pendek.
  • Untuk membudidayakan daun dewa cukup mudah karena bisa stek batang maupun umbi.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Dewa untuk Lovebird dan Burung Pemakan Biji Lainnya

Manfaat Daun Dewa Untuk Kenari

  1. Memaksimalkan suara burung Kenari.
  2. Menambah stamina.
  3. Burung Kenari jadi rajin bunyi.
  4. Obat anti peradangan.
  5. Mengatasi burung Kenari stres.
  6. Menjadikan bulu Kenari halus dan mengkilap.
  7. Mengatasi burung Kenari nyilet atau kurus.
  8. Menggemukkan burung Kenari.
  9. Menyembuhkan Kenari suara serak.
  10. Dapat mengobati penyakit snot pada Kenari.

Cara Pemberian Daun Dewa

1. Digantung

Kebanyakan daun dewa diberikan ke burung Kenari dengan cara digantung di dinding sangkar. Metode ini cocok untuk Kenari dan beberapa burung lain, seperti Lovebird, Parkit, hingga Finch.

Loading...

2. Dijadikan Bulatan Kecil

Cara lain, daun dewa bisa dijadikan bulatan-bulatan kecil. Daun dewa dibersihkan dulu dengan air, lalu diremas dan dibentuk bulatan seperti jagung. Berikan butiran daun dewa di wadah pakan burung Kenari atau bisa dilolohkan langsung.

3. Waktu Pemberian

Kalau bisa daun dewa jangan diberikan setiap hari. Pemberian daun dewa yang benar 2-3 kali dalam seminggu. Baru kalau burung sedang sakit atau suara serak, daun dewa dapat diberikan setiap hari.

Baca juga: Cara Menurunkan Birahi Kenari dengan Daun Kemangi

Cara Budidaya Daun Dewa

Anda tidak perlu membeli daun dewa terus menerus. Pasalnya, Anda dapat membudidayakan daun dewa sendiri dengan berbagai cara.

1. Stek Batang

Caranya pilih batang daun dewa yang tidak terlalu tinggi. Potong miring 45 derajat di bagian batang dengan panjang 10-12 cm.

Tancapkan di media tanam tanah atau kompos. Awal-awal akan kelihatan layu, tapi setelah disiram setiap hari, seminggu kemudian daun dewa akan tumbuh subur.

2. Perbanyak Tunas

Ambil bagian tunas yang terlihat subur. Kemudian tanam tunas tersebut di tanah atau kompos. Jangan lupa tanaman ini siram setiap hari di waktu pagi secukupnya saja.

3. Teknik Perbanyak Umbi

Pilih umbi yang nantinya kelihatan akan bertunas banyak. Umbi kemudian disemaikan di media campuran tanah dan pupuk kandang.

Lalu nanti pindahkan pada pot atau polibag dengan media tanam tanah, pasir, dan pupuk kompos. Campurkan pupuk Furadan dan NPK.

Campuran pupuk tadi dikira-kira sekitar 15-20 gram per pot. Bibit daun dewa ditanam kira-kira 3-5 cm lalu timbun dengan tanah sedikit. Jangan lupa setiap hari disiram.

Baca juga: 12 Manfaat Daun Binahong untuk Lovebird dan Kenari

Kesimpulan

Demikian manfaat daun dewa untuk pakan burung Kenari. Burung-burung pemakan biji bisa diberi daun dewa. Manfaatnya banyak sekali.

Kalau untuk pemeliharan kesehatan Kenari, Anda dapat memberikan daun dewa 2-3 hari sekali. Intinya jangan terlalu sering diberikan daun dewa. Tapi kalau Kenari sakit, pemberian daun dewa bisa setiap hari.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!