Skip to content

12 Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung

Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung Kicau

Burungnya.com – Banyak yang bilang, manfaat daun mengkudu untuk burung sangat bagus. Kemudian kicau mania memberikan daun mengkudu ke burung, hasilnya ternyata bagus.

Apakah daun mengkudu memang bagus untuk burung kicau? Jawabannya iya bagus sekali. Soalnya daun hijau ini efeknya alami dan tidak ada efek samping.

Baca juga: 16 Manfaat Daun Mengkudu atau Pace Untuk Burung Kicau serta 4 Cara Pemberiannya

Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung

Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung

Manfaat Daun Mengkudu Untuk Burung

1. Menyembuhkan Tenggorokan Serak

Kalau burung tidak mau bunyi mungkin karena dia sedang sakit tenggorokan. Anda bisa menyembuhkan sakit tenggorokannya dengan daun mengkudu.

2. Meningkatkan Volume Suara

Burung suaranya kecil sekali, mungkin perlu ditingkatkan volume suaranya jadi lebih keras. Burung kicau yang suaranya kecil bisa tambah besar dengan daun mengkudu.

Baca juga: 5 Racikan Minuman Kenari Biar Cepat Gacor dengan Daun Mengkudu

3. Burung Cepat Gacor

Percaya tidak percaya, burung kicau bisa cepat gacor dengan daun mengkudu. Mungkin usianya masih muda atau sudah remaja tapi belum bunyi. Anda bisa mempercepat burung gacor dengan daun tersebut.

4. Suara Ngeriwik Cepat Ngeplong

Burung mungkin masih tahap ngeriwik. Tapi ngeriwiknya kenapa lama sekali? Anda bisa mempercepat suaranya jadi ngeplong dengan bantuan daun mengkudu.

5. Suara Lebih Nyaring

Biasanya suara burung masih tertahan. Anda bisa mengatasinya dengan daun mengkudu. Dengan begitu, suara burung akan menjadi nyaring.

Baca juga: 6 Cara Memberikan Daun Mengkudu ke Burung Lovebird

6. Memperlancar Fungsi Pencernaan

Jika kotoran burung terlihat cair, ada kemungkinan burung sedang sakit perut. Sistem pencernaannya mungkin terganggu. Jadi perlu disembuhkan dengan daun mengkudu.

7. Indukan Lebih Subuh

Kalau sedang ternak burung, coba indukannya diberi daun mengkudu. Nanti telurnya pasti isi semua. Sehingga tidak ada telur kosong.

8. Buat Telur Burung Lebih Besar

Apakah telur burung bisa lebih besar setelah diberi daun mengkudu? Jawabannya bisa ya, tapi butuh waktu karena sampai nutrisinya menyerap ke tubuh burung.

9. Daya Tetas Telur

Kalau telur sulit menetas, solusinya bisa dikasih daun mengkudu. Telur yang tadinya kosong dan tidak kuat bisa juga diberi pecahan telur dan asinan sebagai tambahan kalsium.

10. Menjaga Stamina Burung

Burung yang mudah sakit mungkin karena staminanya sedang buruk. Jadi, burung harus ditingkatkan kekuatannya menggunakan makanan bergizi salah satunya adalah daun mengkudu.

Baca juga: Rahasia Manfaat Daun Kemangi Untuk Burung Kicau

11. Burung Tidak Stres

Burung stres mungkin karena gangguan hewan lain atau baru pindah tempat tinggal. Jadi, stresnya bisa dihilangkan dengan terapi suara dan asupan makanan bergizi dari daun alami mengkudu.

12. Anti Alergi

Burung yang sering menghirup polusi udara kemungkinan bisa sakit pernapasan. Jadi, perlu diberi makanan anti alergi seperti daun mengkudu biar tidak gampang alergi.

Cara Memberikan Daun Mengkudu Ke Burung

  • Daun digantung di dinding sangkar dan diberikan seminggu dua kali.
  • Daun mengkudu ditumbuk lalu dicampur air dan disaring. Berikan daun mengkudu sebagai air minum.
  • Daun mengkudu direbus sampai matang, sisa air rebusan untuk air minum burung.
  • Daun mengkudu dijadikan pakan jangkrik. Setelah itu, jangkriknya diberikan ke burung.

Kesimpulan

Demikian manfaat daun mengkudu untuk burung. Anda bisa memberikan daun mengkudu sesuai dengan kesukaannya.

Bila burung suka daun digantung, ya gantung saja. Namun, bila dia tidak suka daun mengkudu, lewat perantara jangkrik juga boleh.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow berita terbaru di Google News. Terima kasih.

x

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.