Manfaat Kuning Telur untuk Kucing, Bagus Mentah atau Matang?

Burungnya.com – Mungkin saat ini banyak yang belum tahu bahwa kuning telur bermanfaat untuk kucing. Ternyata kucing suka dengan kuning telur. Masalahnya adalah, apakah kuning telur diberikan secara mentah atau matang?

Biasanya soal telur seperti ini pasti menimbulkan pro dan kontra. Ada yang bilang telur mentah bisa menyebabkan kucing terkena bakteri dan lain-lain. Namun, hal tersebut sepertinya kurang berlaku.

Soalnya, kesempatan kucing terkena bakteri akibat makan telur mentah sama seperti manusia. Jadi, hampir bisa dikatakan kalau kucing tidak akan terkena bakteri saat mengonsumsi telur mentah.

Baca juga: 15 Makanan Kucing Terbaik Sehat Bergizi Dilengkapi Merek

Kuning Telur Saja

Telur seperti apa yang boleh dikonsumsi kucing? Menurut channel YouTube Kucing Om Wepe, Anda bisa memberikan kuning telur ayam kampung. Ingat ya, kuning telurnya saja.

Mengapa putih telurnya tidak diberikan ke kucing sekalian? Ternyata putih telur bisa mengurangi penyerapan vitamin B pada tubuh kucing. Jika putih telur diberikan, bisa jadi nanti kucing mengalami masalah di kulit dan bulunya rontok.

Manfaat Kuning Telur Ayam untuk Kucing (pumpkin.care)
Manfaat Kuning Telur Ayam untuk Kucing (pumpkin.care)

Porsi Kuning Telur untuk Kucing

Bagi Anda yang bingung harus memberikan berapa telur untuk kucing, hitungannya kita samakan dengan pemberian telur pada kucing Om Wepe.

Om Wepe memiliki 4 kucing. Untuk semua kucingnya, dia memberikan 2 butir kuning telur. Jadi, satu ekor kucing hanya makan setengah kuning telur.

Kira-kira setiap setengah kuning telur sama dengan 2,5 sendok teh. Jadi, bagi Anda yang bingung, bisa menggunakan takaran sendok teh.

Loading...

Baca juga: 8 Cara Membuat Makanan Kucing dari Kuning Telur Murah Bergizi

Cara Memberikan Kuning Telur pada Kucing

Anda bisa memisahkan dulu kuning telur dengan putih telur. Caranya banyak di YouTube atau bisa mengikuti cara Om Wepe dengan memindahkan kuning telur dari satu cangkang ke cangkang yang lain sampai tinggal kuning telurnya saja.

Setelah itu bagi kuning telur dengan takaran sendok teh sebanyak dua setengah sendok teh untuk setiap kucing.

Berikan kuning telur di wadah. Kemudian kucing akan memakannya dengan lahap.

Kuning Telur Dijadikan Snack Kucing

Oh iya, kuning telur ini sifatnya cuma jadi snack kucing, bukan makanan utama. Jadi, pemberian kuning telur cuma seminggu dua kali.

Baca juga: 7 Cara Bikin Kucing Jadi Gembul Selain dari Makanan

Manfaat Kuning Telur untuk Kucing

Apakah kuning telur boleh dimakan kucing? Jawabannya tentu boleh. Lantas apa manfaat kuning telur untuk kucing?

Manfaatnya kucing Anda akan mendapatkan protein, lemak, vitamin B, vitamin A, D, E, K, dan 90 jenis asam amino alamiah.

Kesimpulan

Jadi banyak sekali manfaat kuning telur untuk kucing. Anda bisa memberikan kuning telur dalam bentuk mentah atau matang. Kalau Om Wepe tadi memberikan kuning telur dalam kondisi mentah.

Kucing yang paling suka kuning telur, biasanya kucing kampung. Coba perhatikan kucing-kucing milik Om Wepe, kucing kampungnya, lebih cepat habis saat makan kuning telur dan memakan kuning telur milik temannya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!