Skip to content

10 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing dan Cara Memberikan

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing

Burungnya.com – Minyak ikan menjadi salah satu suplemen yang biasa dikonsumsi manusia. Ternyata minyak ikan ini juga dapat dijadikan suplemen makanan kucing.

Alasannya karena minyak ikan murni mengandung Omega 3 yang baik untuk kesehatan kucing. Namun, sekarang sudah ada minyak ikan khusus kucing, sehingga kandungannya sudah disesuaikan.

Baca juga:

Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing

1. Obat Alergi Kulit Kucing

Alergi kulit pada kucing ditandai dengan rasa gatal dan kucing sering menggesekkan tubuhnya ke dinding. Obat kucing seperti ini yaitu minyak ikan secara rutin.

Kucing bisa alergi biasa karena makanan. Ada kucing yang bisa menerima semua makanan, tapi ada juga kucing yang gampang alergi.

2. Untuk Kesehatan Bulu Kucing

Apabila bulu kucing rontok, coba rutin berikan minyak ikan pada kucing. Nah, minyak ikan ini bisa dipadukan dengan makanan kucing yang khusus untuk memperlebat bulu kucing.

Setelah diberikan kombinasi makanan kucing dan minyak ikan, nanti bulu kucing akan bertambah sehat serta kuat.

3. Ginjal Lebih Sehat

Apabila kucing Anda mengalami gangguan ginja, Anda juga bisa memberikan minyak ikan pada pagi dan sore hari. Pemberian minyak ikan akan membantu kesembuhan kucing tersebut.

4. Menambah Jumlah Kolesterol Baik

Kandungan Omega 3 pada minyak ikan bisa menambah jumlah kolesterol baik pada tubuh kucing. Dengan begitu, kolesterol jahat di tubuh kucing akan menurun sendiri.

5. Jantung Kucing Lebih Sehat

Gangguan jantung juga bisa terjadi pada kucing. Nah, karena minyak ikan menaikkan kolesterol baik, maka jantung akan menjadi lebih sehat. Ini mungkin dianggap sepele karena jarang terjadi, padahal sangat berbahaya.

6. Mengurangi Penyakit Degeneratif pada Kucing

Apa itu penyakit degeneratif pada kucing? Itu adalah penyakit yang berhubungan dengan gangguan fungsi tubuh kucing. Penyakit seperti ini bisa menyebabkan kucing mati lebih awal.

7. Mencegah Kucing Kena Kanker

Tidak hanya manusia, kucing juga bisa kena kanker. Namun, ini penyebabnya makanan yang buruk. Ada juga penyebab lain yaitu faktor keturunan dan lingkungan.

Pemberian minyak ikan secara rutin bisa membantu memperkuat jaringan sel dan menurunkan risiko terkena kanker.

8. Menjaga Tubuh Kucing Selalu Sehat

Minyak ikan termasuk suplemen makanan sehingga fungsinya untuk menjaga kesehatan tubuh kucing. Selain minyak ikan, tambahan lainnya yakni madu dan VCO.

Cara Memberikan Minyak Ikan pada Kucing

1. Tusuk Jarum

Pertama, Anda bisa menusuk minyak ikan dengan jarum. Nanti aroma minyak ikan akan keluar dan kucing datang untuk menjilatinya. Jadi tidak perlu memasukkan kapsul minyak utuh ke mulut kucing.

2. Campur Makanan

Apabila kucing tidak suka menjilatinya, minyak ikan bisa dicampur pada makanan kucing. Buka dulu kapsulnya lalu airnya dicampur pada makanan.

Pemberian minyak ikan bisa sehari 2 kali pagi dan sore atau sekali di pagi hari 1 kapsul.

Harga Minyak Ikan Kucing

Berapa harga minyak ikan kucing? Kalau di Shopee, minyak ikan kucing dijual sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000 isi 100 pcs. Kalau dalam sehari kucing diberi 1 kapsul, maka minyak ikan ini bisa awet sampai 3 bulan lebih.

Kesimpulan

Demikian beberapa manfaat minyak ikan untuk kucing dan cara memberikan. Minyak ikan merupakan salah satu suplemen kucing terbaik. Dengan harga yang murah, Anda sudah bisa memberikan suplemen ke kucing.

Jadi, ada baiknya pemberian minyak ikan pada kucing dilakukan setiap hari saja. Tujuannya agar kucing selalu sehat dan tidak gampang sakit.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.