13 Manfaat Sarang Burung Walet Untuk Kesehatan dan Kecantikan

13 Manfaat Sarang Burung Walet Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Burungnya.comBurung Walet dikembangbiakkan agar menghasilkan sarang burung Walet yang melimpah. Setelah terkumpul banyak, sarang Walet akan dijual atau diolah menjadi sup. Manfaat sarang burung Walet beragam, apalagi untuk kesehatan dan kecantikan.

Warga Cina percaya sejak zaman nenek moyang mereka mengonsumsi sarang Walet menjadi rahasia sehat dan cantik yang sampai sekarang terus terjaga.

Menurut ilmu pengobatan tradisional Cina, makan sarang burung Walet dapat menangkal penuaan dini, melawan penyakit kanker, merangsang tumbuhnya sel dan jaringan sehat, mengencangkan kulit, serta meningkatkan daya konsentrasi otak.

Eskpor sarang Walet ke China (hindustantimes.com)
Eskpor sarang Walet ke China (hindustantimes.com)

Itu tadi hanya sebagian kecil manfaat sarang Walet untuk kesehatan. Sebenarnya masih banyak manfaat lainnya yang tidak boleh dilewatkan.

1. Sarang Walet Mengandung Asam Amino

Tahukah Anda, air liur burung Walet yang mengeras kemudian menjadi sarang mengandung beberapa macam asam amino, di antaranya:

  • Tirosin gunanya untuk mempercepat pemulihan setelah sakit.
  • Sistein dan Fenilalanin yang bermanfaat untuk meningkatkan kerja memori, kerja impuls saraf, dan membantu penyerapan vitamin D dari cahaya sinar matahari.
  • Prolin dan asam aspartat sangat berguna untuk regenerasi sel.
  • Glukomin manfaatnya untuk proses pemulihan tulang rawan.

Kandungan asam amino ini tidak terdapat di dalam tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan. Ini yang menjadi alasan mengapa sarang Walet jadi asupan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan asam amino tubuh Anda.

2. Sarang Burung Walet Mengandung Mineral yang Baik

Ternyata sarang Walet mengandung berbagai jenis mineral yang diperlukan tubuh, seperti tembaga, kalsium, mangan, seng, dan kromium. Nah, kami akan memberikan penjelasan manfaat masing-masing kandungan mineral tersebut.

  • Tembaga dapat menjaga kesehatan jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Tembaga juga mampu mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh, dan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.
  • Kalsium berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan persendian, sera mengatur proses pembekuan darah.
  • Mangan tugasnya untuk membantu tumbuh kembang tulang, menyembuhkan luka, dan melancarkan proses metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino dalam tubuh. Selain itu, fungsi mangan lainnya untuk mengaktifkan dan memastikan enzim bekerja dengan baik dalam tubuh.
  • Seng atau zinc bisa membantu menyembuhkan luka, memperkuat indera perasa dan penciuman, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel, serta mengurai karbohidrat.
  • Krominum membantu tubuh menyerap nutrisi di dalam usus. Dengan begitu, nutrisi yang kemungkinan tertinggal di usus dapat diambil dan dimanfaatkan sepenuhnya.

3. Mencegah Diabetes

Tak banyak yang tahu bahwa manfaat sarang Walet dapat mencegah diabetes. Ya, mengonsumsi sarang burung Walet secara rutin dapat mencegah resistensi insulin pada orang yang terbiasa makan makanan berlemak. Resistensi insulin merupakan faktor risiko terbesar dari penyakit diabetes.

Jadi, kandungan nutrisi pada sarang Walet bisa mencegah otak melepaskan sinyal yang memperbanyak produksi insulin sebagai respon dari asupan lemak berlebihan. Di samping itu, air liur Walet ini dapat memecah lemak lebih efektif.

4. Mencegah Terkena Penyakit Kronis

Mayoritas penyakit kronis disebabkan oleh radikal bebas. Nah, kebetulan sarang Walet termasuk makanan yang tinggi aktioksidan. Sehingga senyawa tersebut akan melawan efek radikal bebas penyebab penyakit kronis. Ini diketahui dari jurnal penelitian Letters In Health and Biological Sciences.

5. Mengatasi Masalah Pembekuan Darah

Dari hasil penelitian jurnal Drug Design Development and Therapy tahun 2015, diketahui bahwa sarang Walet dapat menurunkan risiko pengentalan darah akibat kolesterol tinggi. Dengan begitu, Anda akan terbebas dari masalah pembekuan darah atau penyakit kardiovaskular.

6. Mampu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Kemoterapi

Dalam jurnal Drug Design Development and Therapy tahun 2016, sarang burung Walet dapat membantu daya tahan tubuh selama kemoterapi. Jika Anda mengonsumsi sarang Walet secara rutin selama 30 hari, Anda dapat meningkatkan kekebalan imun dalam usus yang melemah akibat kemoterapi.

Loading...
Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan dan Kecantikan (edu.sg)
Manfaat Sarang Walet untuk Kesehatan dan Kecantikan (edu.sg)

7. Meredakan Peradangan Sistemik dalam Tubuh

Hasil penelitian dari Malaysia yang dimuat di jurnal International Food Research Journal tahun 2011 melaporkan bahwa mengonsumsi sarang Walet secara rutin dapat mengurangi protein khusus yang memicu terjadinya peradangan sistemik dalam tubuh.

8. Meningkatkan Gairah S3ksu4l

Makan sarang burung Walet dapat meningkatkan testosteron dan estradiol untuk meningkatkan gairah s3ksu4l. Selain itu, kandungan testosteron dapat membentuk otot dan pembakaran lemak. Kalau estradiol dapat mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

9. Mengatasi Gejala Menopause

Ada berbagai gejala menopause seperti gelisah, gangguan tidur, gairah s3ksu4l menurun, hot flashes, dan rentan terhadap penyakit. Nah, di dalam sarang burung Walet terdapat kandungan hormon estradiol jenis estrogen untuk mengatasi gejalan menopause.

10. Mengatasi Nyeri Sendi atau Peradangan Tulang

Manfaat sarang burung Walet dapat mengatasi nyeri sendi dan gejala osteoarthritis atau peradangan pada tulang rawan. Hal ini karena sarang Walet mengandung asam amino yang bisa meningkatkan pertumbuhan tulang rawan sehingga dapat mencegah peradangan tulang.

11. Mengatasi Stres dan Depresi

Kandungan mineral dan protein pada sarang Walet dapat memperbaiki suasana hati seseorang, sehingga Anda dapat terhindar dari stres atau depresi. Selain itu, sarang burung ini bisa meningkatkan kerja otak dan saraf.

12. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan protein dalam sarang Walet dapat merangsang pertumbuhan sel untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Selain itu, sarang ini juga bisa meningkatkan stamina tubuh agar lebih lancar dalam beraktivitas sehari-hari.

13. Menjaga Kecantikan Kulit

Beberapa kandungan nutrisi pada sarang burung Walet dapat membantu proses perkembangan sel. Jadi, sarang ini baik untuk membantu regenerasi sel kulit. Bahkan, sarang Walet dipercaya sebagai anti-aging untuk mempertahankan kecantikan kulit. Sehingga Anda dapat terhindar dari gejala penuaan.

Sarang burung ini juga bisa membantu dalam pembentukan kolagen yang mampu membuat kulit tetap kencang, sehat, dan cerah.

Baca juga:

Demikian beberapa manfaat sarang burung Walet untuk kesehatan dan kecantikan. Walau menyehatkan Anda tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsi sarang Walet. Pasalnya, jika sarang ini dikonsumsi dalam jumlah banyak, kemungkinan pada sebagian orang dapat menyebabkan reaksi alergi yang bisa mengancam jiwa.

Penjual Ekspor Sarang Walet (metrotvnews.com)
Penjual Ekspor Sarang Walet (metrotvnews.com)

Di samping itu, beli sarang burung Walet kualitas premium agar manfaatnya dapat dirasakan oleh tubuh. Saat ini cukup banyak penjual nakal yang mencampur sarang Walet dengan pemutih buatan. Tujuannya agar sarang terlihat bersih dan cantik. Ini juga karena sarang Walet putih bersih lebih mahal harganya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • manfaat liur walet untuk merpati
  • cara cuci sarang walet
  • kerja di walet
  • manfaat sarang burung walet untuk perkutut

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!