5 Manfaat Terapi Mandi Air Garam Untuk Burung Kacer

5 Manfaat Terapi Mandi Air Garam Untuk Burung Kacer

Burungnya.com – Kacer termasuk salah satu jenis burung kicau yang memiliki banyak pengemar di Indonesia. Suara burung Kacer terdengar gacor dan bervariasi. Tak hanya itu, burung Kacer mempunyai gaya ngobra yang unik saat tampil di lapangan.

Jika Anda mempunyai burung Kacer di rumah, berikan perawatan khusus berupa terapi mandi air garam agar bulu-bulunya sehat. Sehingga saat tampil di lomba, gaya ngobra pada ekornya dapat terlihat indah dan memukau juri.

Manfat terapi mandi air garam untuk burung Kacer ternyata cukup banyak. Namun, pada intinya semua manfaat ini dirasakan pada sektor luar tubuh saja, seperti bulu dan kulit burung Kacer.

Baca juga: 12 Manfaat Terapi Mandi Malam untuk Kacer agar Rajin Bunyi

Sebab, air garam hanya dipakai untuk mandi saja. Berbeda ceritanya kalau air garam diberikan sebagai racikan pakan atau minuman burung Kacer.

Manfaat Terapi Mandi Malam untuk Kacer (youtube.com)
Manfaat Terapi Mandi Malam untuk Kacer (youtube.com)

Manfaat Terapi Mandi Air Garam Untuk Burung Kacer

Sebagian dari Anda pasti penasaran, mengapa mandi saja harus menggunakan air garam. Ya, karena ini terapi untuk menyehatkan bulu-bulu burung Kacer.

Kalau cuma mandi pakai air biasa tentu efeknya cuma membersihkan tubuh saja, tapi kalau ditambah dengan air garam, maka akan bermanfaat untuk kesehatan burung Kacer.

Berikut beberapa manfaat terapi mandi air garam untuk Kacer yang baik dan benar agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

1. Menghilangkan Gatal

Air garam dapat digunakan untuk antiseptik. Hal ini memang telah banyak dipahami banyak orang, dan ternyata juga berlaku untuk burung Kacer.

Sehingga burung Kacer yang mandi menggunakan air garam dapat membantu mengatasi rasa gatal pada kulit dan bulu burung. Munculnya rasa gatal pada burung Kacer akan hilang dan menjadikan burung lebih nyaman.

Selain menghilangkan gatal, air garam juga dapat dipakai untuk menghambat pertumbuhan bakteri atau jamur. Sampai sekarang diyakini bakteri dan jamur merupakan penyebab burung sering merasa gatal.

Baca juga: 13 Cara Memandikan Perkutut dan Terapi Renang Perkutut Untuk Lomba

Loading...

2. Jaga Kesehatan Bulu Kacer

Ternyata mandi memakai air garam dapat menjaga kondisi kesehatan bulu Kacer supaya tidak mudah gatal. Terapi mandi air garam, tingkat kebersihannya lebih bagus daripada cuma mandi dengan air biasa.

Anda harus memperhatikan kesehatan bulu burung Kacer karena berpengaruh pada performanya di lapangan. Jika kesehatan bulu Kacer terjaga, maka penampilan burung Kacer di lomba pastinya menjadi lebih baik.

3. Membersihkan Tubuh dan Kulit Kacer

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Jadi, burung juga harus dibersihkan bulunya, tidak hanya kotorannya saja. Oleh karena itu, berikan ramuan air garam untuk memandikan burung Kacer. Tujuannya agar tubuh dan kulit burung Kacer lebih bersih.

Pemilik burung sering memandikan burung Kacer dengan air biasa. Padahal, kalau mereka tahu manfaat mandi air garam pada Kacer, maka saat proses mandi, pasti mereka akan menambahkan garam.

Meski begitu Anda harus tetap berhati-hati. Jangan sampai air garam sampai mengenai organ-organ vital pada burung Kacer, terutama pada bagian mata, hidung, dan luka yang belum mengering.

Baca juga: Cara Aman Terapi Mandi Air Es untuk Lovebird

4. Efek Kenyamanan dan Menenangkan

Selanjutnya, apa manfaat mandi air garam untuk burung Kacer? Ternyata terapi mandi air garam pada burung Kacer bermanfaat untuk memberikan rasa nyaman dan menenangkan.

Hal ini disebabkan karena garam memberikan efek kenyamanan pada burung Kacer. Terutama burung Kacer yang sedang dalam proses pertumbuhan bulu.

Kalau burung Kacer sudah nyaman dan tenang, tentu burung tersebut tidak akan mudah stres. Burung yang terlalu sering stres, maka suara kicaunya akan menurun dan lama-lama tidak mau bunyi.

Jadi, berikan kenyamanan atau relaksasi pada burung Kacer dengan cara mandi air garam. Terapi ini mempunyai cukup banyak manfaat pada Kacer dan tidak memiliki efek samping.

5. Menguatkan Fungsi Otot dan Tulang

Manfaat terapi mandi air garam untuk burung Kacer tidak hanya soal kebersihan saja, akan tetapi air garam juga bisa menguatkan fungsi otot dan tulang.

Tak hanya itu, terapi mandi air garam juga dapat mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh burung Kacer. Bahkan, garam juga dapat mengatur tingkat kelembaban pada sarang burung.

Manfaat lainnya, air garam bisa membuat bulu Kacer lebih kuat dan tidak mudah rontok. Jika bulu Kacer terlihat rontok, berarti ada masalah pada bulunya. Nah, Anda dapat memandikan Kacer dengan air garam agar kesehatan bulunya normal kembali.

Baca juga: Terapi Mandi Tanah Kering dapat Membuat Burung Panjang Umur

Demikian beberapa manfaat terapi mandi air garam pada burung Kacer. Air garam sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan bulu burung Kacer. Bagian bulu juga perlu diperhatikan karena dapat berpengaruh pada performa dan intensitas bunyi burung Kacer.

Bayangnkan, burung Kacer yang biasanya gacor jadi macet bunyi hanya karena gatal-gatal atau masalah pada bulunya. Apabila semua bagian tubuh Kacer tidak mengalami masalah, tentu burung Kacer dapat berkicau gacor dengan maksimal.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • manfaat air garam untuk suara murai batu
  • manfaat mandi sona buat kacer
  • manfaat mandi air garam untuk burung
  • manfaat mandi garam untuk kacer
  • Manfaat garam untuk kacer
  • manfaat garam buat kacer
  • terapi renang untuk kacer
  • mmempaat burung kacer mandi air ujan malam
  • air garam hilangkan kacer dides terus
  • mamfaat mandi air es untuk kacer

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!