Manfaat Tulang Sotong untuk Kenari (tokopedia.com)

8 Manfaat Tulang Sotong untuk Kenari dan Cara Memberikan

Burungnya.com – Banyak peternak yang memberikan tulang sotong untuk hewan ternak mereka, khususnya burung. Mengapa burung diberi tulang sotong? Alasannya karena tulang sotong mengandung banyak kalsium untuk memperkuat tulang dan cangkang. Tak heran, burung-burung kicau seperti Kenari dan Perkutut selalu diberi tulang sotong oleh pemiliknya.

Sebagian besar kicau mania memang memberikan tulang sotong untuk indukan burung yang sedang diternak. Namun, kalau Kung Mania memberikan tulang sotong ke Perkutut agar suaranya lebih merdu dan besar. Burung apa saja yang bisa memakan tulang sotong? Hampir semua jenis burung bisa, termasuk Perkutut, Derkuku, Puter, Kenari, hingga Lovebird.

Manfaat Tulang Sotong untuk Burung Kenari

1. Pertumbuhan dan Membentuk Cangkang Telur

Tahukah Anda, anakan burung Kenari dan jenis burung lainnya membutuhkan asupan kalsium yang tinggi. Tujuannya untuk membentuk cangkang telur agar kuat sampai menetas dan pertumbuhan tulang. Apabila kebutuhan kalsium pada burung tidak terpenuhi, maka burung bisa mengalami gangguan pada pertumbuhan tulang, seperti tulang mudah patah dan lembek.

Untuk indukan burung betina yang kekurangan kalsium (hypocalsemia) dari tulang sotong, maka cangkang telurnya bisa tipis, lembek, dan mudah pecah. Alhasil anakan burung tidak akan tumbuh sempurna dan terkadang telur tidak ada isinya.

2. Mengasah Paruh dan Memperkuat Rahang

Burung Kenari bisa saja mengalami paruh gajah. Penyakit ini menyebabkan pertumbuhan paruh tidak terkendali. Sehingga paruh menjadi sangat panjang dan mengganggu proses makan burung. Kalau burung paruh bengkok, dia akan kesulitan saat mengalami paruh gajah karena paruhnya akan melengkung.

Burung jadi sulit makan atau memecah biji-bijian. Oleh karena itu, Anda disarankan memberikan tulang sotong agar paruh burung tidak panjang. Tulang sotong bisa mengasah paruh sehingga panjangnya normal. Selain itu, rahang burung menjadi lebih kuat karena sudah terbiasa makan makanan yang keras.

3. Meningkatkan Reproduksi Burung

Tulang sotong juga mengandung yodium atau garam yang cukup tinggi. Fungsi garam untuk burung bisa membuatnya over birahi. Akan tetapi, tulang sotong sangat bermanfaat bila indukan burung tidak mau kawin. Anda cukup memberikan tulang sotong, kemudian birahi burung akan naik dan dia bakal kawin dengan pasangannya.

Setelah itu, pemberian tulang sotong dapat dilanjutkan untuk memperkuat cangkang telur. Sehingga, tulang sotong ini sebenarnya bermanfaat untuk indukan, telur, dan calon anakan. Jangan pernah lupa memberikan tulang sotong ke burung Kenari karena manfaatnya luar biasa.

4. Mengurangi Kerusakan Bulu Kenari

Biasanya bulu burung Kenari mudah rontok, terutama pada kepala dan leher. Anda dapat memberikan tulang sotong agar bulu-bulunya tidak mudah rontok. Pertumbuhan bulu menjadi kuat sehingga tidak mudah rontok.

Bulu tumbuh lebih panjang, halus, dan lembut. Apabila Anda sering mendapati bulu burung yang mudah nyerit, sekarang hal tersebut tidak akan terjadi lagi. Selain memberikan asupan gizi dari dalam, Anda juga harus rajin memandikan burung setiap hari dan menjemurnya di bawah sinar matahari.

5. Membantu Sistem Pencernaan

Bagaimana cara tulang sotong membantu sistem pencernaan burung Kenari? Ternyata rahasianya terletak pada tekstur tulang sotong yang mirip dengan grit. Jadi, tekstur tulang sotong yang sudah dihancurkan akan seperti kerikil atau serbuk yang bisa membantu melembutkan biji-bijian.

Loading...
Tulang Sotong untuk Burung Kenari (bukalapak.com)
Tulang Sotong untuk Burung Kenari (bukalapak.com)

Cara Memberikan Tulang pada Burung Kenari

1. Tulang Sotong Digantung

Anda dapat memberikan tulang sotong dengan cara digantung di dinding sangkar. Tulang sotong dilubangi dulu dengan ujung pisau. Jangan menusukkan pisau ke permukaan tulang sotong, nanti pecah atau patah.

Lebih baik, ujung pisau yang tajam didekatkan pada permukaan tulang sotong, kemudian putar-putar ujung pisau seperti gerakan mengebor. Nanti, permukaan tulang sotong akan berlubang dan berikan pengait, gantungan, kawat untuk digantungkan pada dinding sangkar.

2. Dihancurkan atau Menumbuk Sampai Lembut

Tulang sotong dapat dihancurkan dengan benda keras sampai lembut. Anda dapat menumbuk dengan ulekan batu sampai jadi butiran kecil-kecil. Setelah itu masukkan serbuk tulang sotong pada wadah cepuk pakan Kenari.

3. Tulang Sotong Dikerok atau Dikikis

Permukaan tulang sotong dapat dikerok atau dikikis dengan pisau. Hasilnya akan terlihat seperti tulang sotong yang sudah diparut. Selanjutnya masukkan parutan tulang sotong pada cepuk pakan supaya Kenari mudah memakannya.

Kesimpulan

Demikian manfaat tulang sotong untuk burung Kenari dan cara memberikan. Sekarang Anda pasti sudah mengetahui betapa pentingnya tulang sotong untuk burung kicau yang sedang diternak. Soalnya, khasiat tulang sotong sangat berpengaruh pada pertumbuhan burung Kenari.

Baca juga:

Sehingga jika burung Kenari tidak diberi tulang sotong, kemungkinan dia akan mengalami gangguan pertumbuhan dan gangguan kesehatan. Burung yang harus tumbuh sempurna akan mengalami beberapa penyakit, terutama yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Te rima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • mamfaat tulang sotong untuk kenari

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!