Skip to content

Manfaat Udang untuk Cendet dan Efek Samping

Manfaat Udang Untuk Cendet

Burungnya.com – Pernah memberikan udang ke Cendet? Apa manfaat udang untuk Cendet? Tentu banyak di antara kalian yang penasaran dengan pemberian udang hidup pada burung Cendet.

Dulu juga ada seorang kicau mania yang penasaran dengan makanan Cendet dari udang. Pertanyaan dia kala itu, apakah Cendet dikasih makanan udang hidup diperbolehkan?

Soalnya dia dulu hobi memancing ikan di laut. Nah, umpannya berupa udang. Tapi udang tersebut masih tersisa dan niatnya mau diberikan ke burung Cendet.

Jawaban dan Manfaat Udang Untuk Cendet

Anda mungkin bertanya-tanya apakah Cendet boleh makan udang hidup? Tentu jawabannya boleh. Justru manfaat udang untuk Cendet mabung sangat bagus.

Kandungan protein udang sangat tinggi sehingga bisa mencukupi kebutuhan protein saat Cendet mabung.

Untuk memahami bagaimana perawatan Cendet mabung, Anda bisa membaca artikel 15 Perawatan Cendet Mabung yang Benar Agar Cepat Selesai.

Makanan Burung Cendet

Makanan Burung Cendet

Efek Samping Udang Untuk Cendet

Tadi sudah dijelaskan udang boleh dimakan Cendet. Bahkan, Cendet mabung disarankan makan udang hidup.

Sekarang efek samping udang untuk Cendet berbahaya atau tidak? Bila pertanyaannya udang bahaya atau tidak.

Jawabannya udang tidak berbahaya untuk Cendet. Udang cuma bisa membuat burung Cendet ketergantungan saja.

Sebab, setelah makan udang, terkadang Cendet jadi ketergantungan terhadap udang. Burung jadi tidak suka makan jangkrik.

Jika kebanyakan memberikan udang, burung Cendet bisa macet bunyi. Mungkin karena kandungan protein tinggi bisa membuat burung over birahi.

Porsi Udang Untuk Burung Cendet

Burung Cendet tidak diberi udang setiap hari. Dalam pemberiannya, udang harus dibersihkan dulu. Kupas dulu kulitnya biar tidak mengganggu pencernaan burung Cendet.

Jadi udang yang diberikan cuma dagingnya saja. Anda bisa mengupas dulu kulitnya dan memberikan dagingnya dalam cepuk. Kami sarankan porsi udang kecil cukup 3-5 ekor saja. Kemudian waktu pemberian udang saat setelah Cendet mandi.

Pemberian udang bisa dilakukan seminggu dua kali atau tiga hari sekali. Anda bebas mau memberikan udang dalam jumlah berapapun selama Anda sudah mengetahui karakter burung Anda.

Baca juga: Cara Memilih Karakter Cendet yang Bagus dari Bentuk Ekor

Cara Merawat Burung Cendet Harian

Dalam hal perawatan Cendet harian, Anda bisa mulai dari pagi-pagi buta. Waktu selesai Solat Subuh, segera keluarkan burung Cendet untuk pengembunan.

Begitu matahari terbit, tunggu sampai sinarnya agak hangat. Kemudian mandikan burung Cendet dengan cara disemprot embun atau semprot halus.

Makanan Burung Cendet Harian (flickr.com)

Makanan Burung Cendet Harian (flickr.com)

Setelah mandi, burung dibiarkan sebentar sampai bulu agak mengering. Burung lalu dijemur di bawah sinar matahari maksimal 1 jam.

Waktu penjemuran ini Anda bisa memberikan udang atau jangkrik. Jika tidak ada pakan tadi, Anda bisa memberikan pakan EF lainnya.

Baca juga: 12 Pakan EF Cendet yang Bagus dan Perawatannya

Setelah selesai, baru proses pemasteran burung Cendet. Putarkan suara burung lain dari YouTube.

Burung Cendet lama kelamaan akan menirukan suara burung tersebut sampai masuk ke memori ingatannya.

Siangnya biarkan burung Cendet istirahat. Burung baru dikeluarkan lagi dari dalam rumah saat sore hari. Perawatan sore cukup diangin-anginkan saja.

Nanti malam hari, burung bisa dimandikan sebentar tapi tidak perlu basah kuyup. Jika sudah, keringkan bulunya di dekat lampu.

Lalu malamnya burung dibiarkan istirahat dan sangkarnya dikerodong full.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya manfaat udang untuk Cendet itu bisa membuat proses mabung berjalan lancar.

Kemudian udang juga sangat enak. Sehingga udang bisa membuat burung Cendet ketagihan.

Masalahnya kalau Cendet sudah ketagihan makan udang, dia jadi tidak mau makan jangkrik.

Cuma itu saja, kekurangan udang untuk Cendet. Dampak terparah yaitu Cendet bisa macet bunyi bila terlalu banyak mengonsumsi udang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.