Manfaat Ulat Daun Pisang untuk Burung Kicau (bukalapak.com)

Manfaat Ulat Daun Pisang Untuk Burung Kicau dan Cara Pemberian

Burungnya.com – Bagi Anda yang tinggal di pedesaan, pastinya Anda pernah melihat ulat daun pisang atau enthung. Hewan melata ini gemar sekali membuat rumah di daun pisang. Kemudian ulat ini berubah menjadi kepompong dan akhirnya menjelma jadi kupu-kupu cantik.

Ternyata ulat daun pisang warna putih ini bisa dijadikan pakan extra fooding burung kicau. Manfaat ulat daun pisang bisa menambah performa di lapangan. Namun, pemberian ulat tersebut harus dibatasi agar tidak berefek buruk pada burung kicau.

Manfaat Ulat Daun Pisang untuk Burung Kicau

Tahukah Anda di Thailand ulat daun pisang diolah sebagai bahan pangan yang kaya protein. Ini karena ulat enthung memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Jadi, apabila nanti Anda memberikan ulat daun pisang ke burung, maka porsinya harus dibatasi atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Secara umum, manfaat ulat daun pisang untuk mendongkrak performa burung kicau. Sehingga saat tampil di lapangan menjadi lebih fighter dan mentalnya tinggi. Selain itu, burung bisa gacor dan rajin bunyi. Namun, Anda harus memahami kondisi birahi burung dulu.

Jika burung dalam keadaan birahi tinggi atau over birahi, kemudian diberi entung, sudah pasti dia akan lebih birahi lagi. Selain itu, pemberian entong dalam jangka panjang kurang baik karena bisa membuat burung obesitas atau kegemukan.

Pakan Extra Fooding Burung Ulat Daun Pisang atau Enthung (muhammadiyah.or.id)
Pakan Extra Fooding Burung Ulat Daun Pisang atau Enthung (muhammadiyah.or.id)

Cara Memberikan Ulat Daun Pisang ke Burung

Pemberian ulat daun pisang disarankan sedikit saja. Paling tidak, seminggu sekali burung diberi 1-2 ekor ulat daun pisang. Kalau mau lomba, porsi pemberian ulat bisa ditambah. Misalnya, H-3 dan H-2 burung diberi 2 ekor ulat pagi hari dan sore hari 3 ekor. Saat hari H lomba, pemberian ulat daun pisang cukup 1 ekor di pagi hari.

Anda dapat memberikan ulat daun pisang melalui cepuk wadah pakan atau diberikan langsung menggunakan tangan. Ulat tidak perlu dimatikan karena tidak berbahaya atau menyakiti burung. Berbeda dengan kelabang, yang mungkin berbahaya jika diberikan ke burung dalam keadaan hidup. Jadi kelabang harus dimatikan dulu baru diberikan ke burung.

Loading...

Selain itu, perhatikan pula serbuk putih di tubuh ulat tersebut. Bentuk serbuk putih tersebut menyerupai tepung, sehingga kurang baik dikonsumsi burung. Ada baiknya, sebelum ulat diberikan ke burung, ulat tadi dibersihkan dahulu serbuknya.

Namun, ada juga burung yang suka ulat daun pisang alami. Dia tetap mau memakan ulat tersebut walau masih ada serbuk putihnya. Terbukti dari sebuah postingan di internet yang menunjukkan seekor burung Kepodang sedang memakan ulat daun pisang di atas pohon langsung.

Cara Mendapatkan Ulat Daun Pisang

Untuk mendapatkan ulat daun pisang sebenarnya cukup mudah. Anda tinggal mencarinya di daun pisang. Biasanya daun pisang akan tampak menggulung seperti gulungan kertas. Jika Anda menemukan daun pisang yang menggulung kemungkinan besar ada ulatnya.

Terkadang gulungan daun tadi kosong karena ulat sudah menjadi kupu-kupu atau sudah dimakan burung liar. Jadi, lihat dulu kondisi gulungan daun tersebut. Kalau daunnya masih segar, berarti ada ulat daun pisang. Sebaliknya, kalau kondisi gulungan daun sudah agak tua atau robek, berarti ulatnya sudah tidak ada.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian manfaat ulat daun pisang untuk burung kicau dan cara pemberian yang benar. Kami ingatkan lagi kalau enthung memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga pemberianny harus sedikit saja. Anda bisa memberikan ulat tersebut 1 ekor setiap satu minggu atau saat akan lomba saja.

Sebab, efek pemberian ulat daun pisang yang terlalu banyak bisa membuat burung over birahi dan obesitas. Jadi, pemberian ulat ini kami anjurkan selama seminggu sekali atau sebelum lomba. Ulat ini jarang ditemukan di toko pakan burung, sehingga Anda harus mencarinya sendiri di kebun pisang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • Pisang cepuk putih

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!