Mengenal Kucing Kuning, Asli atau Semiran?

Burungnya.com – Salah satu admin kami sempat kaget karena melihat kucing kuning di Indomart. Apakah ada kucing warna kuning atau memang warna semiran.

Admin kami tidak bertanya bagaimana kucing tersebut bisa berwarna kuning. Namun, dia jadi penasaran bagaimana mungkin bisa ada kucing warna kuning.

Kucing Kuning Viral

Jelas itu kucing langka karena kucing warna kuning memang jarang ditemukan. Walau tahun lalu sempat ada kucing kuning yang viral karena mirip Pikachu. Tapi kucing tersebut ternyata sedang menjalani pengobatan karena jamur.

Ya, tubuh kucing tersebut katanya sedang jamuran. Lalu pemiliknya mengobati jamur kucing menggunakan kunyit. Sehingga warna bulu kucing tersebut menjadi kuning menyala mirip Pikachu.

Tak heran, kucing kuning ini langsung viral di Twitter. Warna kuning kucing ini ternyata karena penggunaan kunyit. Sehingga bukan bawaan gen kucing.

Baca juga: 7 Bahaya Bulu Kucing bagi Kesehatan Keluarga di Rumah

Kucing Kuning karena Kunyit (twitter.com)
Kucing Kuning karena Kunyit (twitter.com)

Kucing Warna Kuning Semiran

Apakah ada kucing warna kuning karena disemir? Kami belum mengetahuinya, tapi kemungkinan ada. Kucing warna kuning dianggap unik karena jarang sekali dijumpai di tempat umum.

Untuk masalah warna bulu kucing, sebaiknya jangan sampai diwarnai atau disemir. Sebab, hal tersebut bisa mengganggu kesehatan kucing dan mungkin bisa alergi.

Lebih baik cintai kucing Anda apa adanya, bukan mencintai kucing agar sesuai dengan keinginan Anda. Meski warna kucing Anda kurang bagus, tetap sayangi dia karena saat awal mengadopsi, Anda sudah diberi tanggungjawab untuk merawatnya.

Sehingga sampai kapanpun Anda harus tetap sayang sama kucing Anda. Anggaplah kucing sebagai keluarga sendiri.

Kalau pewarnaan kucing karena alasan pengobatan atau terapi, tentu masih bisa dimaklumi. Jika Anda mewarnai bulu kucing karena iseng atau lucu-lucuan, lebih jangan dilakukan.

Baca juga: 22 Cara Merawat Bulu Kucing Agar Tidak Rontok

Penyakit Kuning Pada Kucing

Penyebab Penyakit Kuning

Tahukah Anda, kucing bisa terkena penyakit kuning (Jaundice) yang membuat sebagian tubuhnya berwarna kuning. Penyakit ini muncul karena kerusakan pada organ prehepatic, hepatic (hati), dan posthepatic.

Sehingga bilirubin pada darah terlalu berlebihan dan mengubah tubuh kucing menjadi kuning. Bilirubin sendiri merupakan pecahan dari molekul heme.

Pada umumnya jaundice prehepatic terjadi akibat terlalu banyak sel darah merah yang rusak. Nah, kerusakan ini yang menimbulkan hemolisis atau bisa juga karena immune mediated.

Loading...

Hewan yang sehat, imunnya atau sistem ketahanan tubuhnya dapat mengusir bakteri dari dalam tubuh. Namun, kalau kucing Anda mengalami autoimmune, imunnya bisa menyerang sel darah.

Tanda dari penyakit ini warna plasma darah menjadi agak pink sampai merah, urin positif hemoglobinuria, dan di dalam darah terdapat spherocyte atau bentukkan seperti bola, serta sel anisocytosis.

Baca juga: 5 Merek Vitamin Bulu Kucing dan Cara Pemakaian

Kemunculan Penyakit Kuning Jaundice

Bagaimana proses munculnya penyakit kuning pada kucing? Ternyata salah satunya karena pemberian transfusi darah. Mungkin kucing Anda pernah sakit kemudian diberi transfusi darah dari kucing lain.

Padahal setiap kucing memiliki golongan darah yang tidak boleh diberikan pada kucing lainnya. Kucing memiliki golongan darah A, B, dan AB.

  • Kucing dengan golongan darah AB tidak mempunyai alloantibodies atau sangat jarang.
  • Kucing golongan darah A punya anti-antibody B yang lemah.
  • Kucing golongan darah B punya anti-antibody A yang kuat.

Sehingga kucing yang golongan darahnya B akan memiliki antibody pelawan pada kucing golongan darah tipe A. Kondisi tersebut mempermudah terjadinya jaundice setelah transfusi darah.

Terkadang anakan kucing usia 2-3 hari sudah mati dini karena jaundice. Ini karena anak kucing darah A lahir dari induk golongan darah B. Jadi disarankan, kucing betina golongan darah B tidak dikawinkan dengan kucing jantan golongan darah A.

Penyebab jaundice lainnya pada kucing dikarenakan Feline Infectious Peritonitis (FIP), Neoplasia, hepatolipodosis, dan kelainan darah atau autoimmune hemolitic.

Tanda-tanda Penyakit Post Hepatic pada Kucing

  1. Kucing warna kuning
  2. Tidak nafsu makan
  3. Depresi
  4. Stres
  5. Sakit pada abdomen
  6. Demam

Baca juga: 6 Cara Menghilangkan Kutu Kucing Paling Cepat dan Alami

Kesimpulan

Demikian alasan mengapa ada kucing kuning. Bisa jadi kucing warna kuning ini karena sedang pengobatan dengan kunyit atau memang dia sakit penyakit kuning.

Kalau Anda melihat kucing warna kuning, sebaiknya ditanyakan kepada pemiliknya. Itu kuningnya alami, pewarna dari kunyit, atau memang sakit kuning.

Jika Anda masih bingung dengan penyakit kuning pada kucing Anda bisa membaca artikelnya di pdhbvet.com dengan judul Penyakit dengan Tanda Kuning (Jaundice /Icterus) pada Kucing yang dijelaskan oleh drh. Cucu K. Sajuthi.

Dalam artikelnya tersebut dia mengambil referensi dari beberapa pustaka, sebagai berikut:

  • nelson RW, Couto CG (eds): anemia, in small animal Internal medicine, ed 2, st Louis. Mosby, 1988,00 1160-1173
  • Paul Crawford Bvetmed, Causes of icterus in cats, Veterinary Technician vol 22, Feb 2001
  • stonehewer j; the liver and pancreas in feline medical 7 therapy 3rd edition, Blackwell 2007, hal 442-450
  • D.A and Sparkes. H, ARKES: Feline Immunodeficiency virus in Feline Medical & therapy 3rd edition, Blackwell, 2007, hal 612-613.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!