Skip to content

5 Minuman Kucing Terbaik yang Sehat dan Aman

Minuman Kucing Terbaik

Burungnya.com – Sebagian tubuh kucing diisi oleh cairan. Sehingga agar tubuh kucing seimbang, maka sediakan minuman kucing yang sehat dan aman.

Jangan sampai kucing kurang minum karena bisa berakibat dehidrasi. Kalau tubuh sudah dehidrasi, banyak penyakit yang mengintai.

Oleh karena itu, sediakan minuman kucing terbaik. Letaknya boleh agak jauh dari makanan, karena takutnya air tersebut jatuh ke mana sehingga makanan jadi basi.

Agar Anda tahu seberapa penting air minum pada kucing, kami akan menunjukkan beberapa akibat bila kucing tidak mau minum air sama sekali.

Akibat Kucing Tidak Mau Minum

  • Tekanan darah menurun.
  • Lemas dan lesu.
  • Mual dan muntah.
  • Sembelit atau susah buang air besar.
  • Otot kram.
  • Metabolisme menurun.
  • Kulit kuring dan bulu rontok.

Sekarang minuman apa saja yang bagus untuk kucing? Soalnya, banyak cat lovers yang mungkin belum mengetahui. Mereka mengira minuman kucing ya cuma air putih. Padahal masih banyak minuman lainnya.

Sebaiknya pemberian minuman tidak hanya air putih saja. Anda bisa menambah nutrisinya dengan memberikan asupan cairan lainnya pada kucing.

Minuman Kucing Terbaik

Minuman Terbaik Untuk Kucing

Minuman Terbaik Untuk Kucing

1. Air Putih

Tetap saja, walau banyak minuman untuk kucing, yang pertama harus air putih. Minuman ini baik untuk menyeimbangkan cairan di dalam tubuh.

Selain itu, air putih bisa melancarkan metabolisme tubuh. Namun, ada juga cat lovers yang penasaran tentang air putih dingin untuk kucing.

Apakah boleh kucing minum air dingin?

Sebenarnya air dingin tidak bagus untuk kucing. Lagian kucing tidak akan menyukai air dingin.

Kalau air hangat gimana, apakah kucing boleh minum air hangat?

Bukan masalah boleh atau tidak boleh. Kucing bisa minum air hangat tapi kita tidak tahu seberapa kuat lidah kucing dalam menerima tingkat hangat dari air tersebut.

Daripada kucing terluka lidahnya, lebih baik berikan air putih biasa saja. Terlebih air putih juga harus diganti secara rutin. Kalau air sisa kemarin, tentu sudah tidak segar lagi.

Manfaat Kucing Minum Air Putih

Apa saja manfaat kucing minum air putih? Kucing tidak akan dehidrasi, metabolisme lancar, kadar air tubuh seimbang, pencernaan sehat, tidak sembelit, dan kulit sehat.

2. Susu Kucing

Sekarang banyak sekali produk susu untuk kucing. Susu ini diracik khusus agar aman dikonsumsi kucing. Kebanyakan susu diberikan pada bayi indukan kucing yang sedang hamil atau anak kucing.

Dalam memberikan susu pada kucing, pilih yang bebas laktosa. Zat laktosa ini bisa mengganggu pencernaan kucing dan kucing bisa mencret.

Susu KucingTerbaik

Susu KucingTerbaik

Daripada memberikan susu sembarangan pada kucing, lebih baik ganti dengan susu khusus kucing berikut:

  1. Royal Canin Baby Cat Milk
  2. Whiskas Cat Milk
  3. KMR Kitten Milk Replacer Powder
  4. Growssy Milk
  5. Aufbau Plus Ketzenmilch
  6. Goat Milk For Cat and Dog
  7. Lactol Kitten Milk
  8. Kitten Milk Replacer
  9. Gim Cat Cat-Milk
  10. New Zealand Lactose Free Pet Milk

Baca juga: 8 Susu Kucing yang Bagus Untuk Anakan dan Dewasa

3. Madu

Minuman madu tentu bagus untuk kesehatan kucing. Namun, jangan terlalu banyak memberikan madu pada kucing nanti kucing bisa diabetes.

Lebih baik, berikan madu secara langsung saja. Biarkan kucing yang mendekati madu sendiri, nanti dia akan menjilatinya.

Baca juga: Apakah Kucing Boleh Mengonsumsi Madu? Bahaya atau Tidak?

4. Air Kelapa Muda atau Degan

Apakah kucing boleh minum air kelapa muda atau degan? Tentu saja boleh, karena air kelapa banyak elektrolit yang bagus untuk kucing dehidrasi dan kelelahan.

Saat kucing mencret, air kelapa bisa berfungsi sebagai oralit alami. Dengan begitu, sistem pencernaan kucing akan baik kembali.

5. Minyak Ikan

Minuman minyak ikan seperti apa rasanya? Nah, coba Anda minum minyak ikan sedikit dulu dan rasakan. Mungkin rasanya aneh, tapi baik untuk tubuh.

Kucing juga boleh minum minyak ikan tapi sedikit saja. Fungsi minyak ikan sebagai vitamin kucing saja, bukan minuman harian.

Baca juga: 10 Manfaat Minyak Ikan Untuk Kucing dan Cara Memberikan

Kesimpulan

Demikian minuman kucing terbaik yang sehat dan aman. Semua minuman sebenarnya baik untuk kucing, tapi yang paling bagus adalah air putih.

Minum air putih tidak ada efek sampingnya, yang penting tidak satu galon sekaligus. Selain itu, air putih bisa membuat metabolisme lancar dan kucing tidak akan mengalami berbagai masalah pencernaan.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Berikan komentar

error: Stop copy and paste because it is an illegal act.