3 Mitos Aneh Cara Melatih Burung Jalak Bicara Seperti Manusia

3 Mitos Aneh Cara Melatih Burung Jalak Bicara Seperti Manusia

Burungnya.com – Sampai sekarang masih beredar beberapa mitos tentang cara melatih Jalak bicara seperti manusia. Mitos ini sekilas tidak masuk akal karena cara yang dilakukan untuk membuat burung Jalak bicara terbilang aneh.

Namun, di negara lain malah dijumpai mitos serupa, walau metodenya berbeda. Latihan Jalak bisa bicara dikatakan sebagai mitos karena tidak ada dasar ilmiahnya, tetapi jadi kebiasaan yang dipercaya masyarakat.

Kalau mitos ini baik untuk burung, sebenarnya tidak terlalu bermasalah. Namun, sebagian mitos tersebut justru terlihat menyakiti burung, sehingga apakah tidak sebaiknya ditinggalkan saja.

Baca juga: Hukum Islam Membunuh Jangkrik Untuk Pakan Burung dan Mitos saat Istri Hamil

Terlebih perawatan yang baik dan sabar juga dapat membuat burung bisa bicara menirukan ucapan manusia. Jadi mengapa harus mempercayai mitos yang belum tentu sesuai dengan fakta medis atau fakta ilmiah.

Burung Jalak bisa bicara seperti manusia (pinterest.com)
Burung Jalak bisa bicara seperti manusia (pinterest.com)

Mitos Melatih Burung Jalak Bicara

1. Lidah Burung Jalak Diolesi Cabai

Di sejumlah negara, ada keyakinan bahwa burung Jalak yang akan dilatih bicara seperti manusia harus diolesi dengan cabai. Bayangkan, apakah cara pelatihan Jalak ini tidak terbilang aneh? Selain itu apa hubungan burung bisa bicara dengan cabai?

Lantas bagian tubuh mana yang diolesi cabai? Sebagian kicau mania menyebut bagian Lidah. Katanya ini adalah syarat awal agar burung Jalak cepat bicara seperti manusia setelah menjalani pelatihan.

Padahal sejatinya lidah burung tidak sama dengan lidah manusia yang bisa mengecap rasa manis, pahit, asam, panas, dingin, dan pedas.

Baca juga: Video 5 Jenis Burung Jalak yang Bisa Bicara Seperti Manusia

Penelitian Burung Beo dapat Bicara

Sebagai contoh, kami akan menjelaskan bagaimana burung Beo bisa bicara, padahal tidak mempunyai larynx dan syrinx.

Burung Beo dapat bicara karena menggerakkan lidahnya ke depan dan ke belakang. Hal ini yang kemudian membuat Gabriel Beckers dan teman-temannya dari Universitas Leiden, Belanda, tertarik untuk mengamati apakah pergerakan lidah tersebut memang berperan pada burung Beo dalam menirukan ucapan manusia.

Saat itu, para peneliti mencoba melakukan riset pada sejumlah burung Beo. Syrinx beberapa burung diganti sebuah speaker elektronik yang sangat kecil. Ketika amplifier memperdengarkan suara, sebuah pengait menggerakkan lidah burung tersebut.

Setelah diamati, ternyata pergerakan lidah burung kurang dari satu milimeter saja dapat menimbulkan perbedaan besar pada kualitas suara vokal burung Beo.

Perbedaan vokal burung Beo lebih besar dari perbedaan antara huruf ‘a’ dan ‘o’ yang diucapkan manusia. Jadi, walau lidah burung hanya bergerak maju mundur sedikit saja, tapi sudah seperti mengucapkan beberapa kata yang berbeda.

Baca juga: Cara Membuat Burung Jalak Sangat Jinak Hingga Mengikuti Keinginan Pemiliknya

2. Memotong Ujung Lidah Burung agar Bisa Bicara

Kalau di Indonesia, mitosnya lebih seram lagi. Sebab, untuk melatih agar burung Jalak dan Beo bisa bicara, pemiliknya harus memotong ujung lidah burung tersebut.

Bukankah kalau lidah burung dipotong malah membuatnya sulit bicara? Ini hanya logika saja karena cara burung berbicara seperti manusia cuma menggunakan lidah.

Loading...
Perawatan Jalak Suren gacor (ryanhotspot.blogspot.com-sanchai k)
Perawatan Jalak Suren gacor (ryanhotspot.blogspot.com-sanchai k)

Apabila lidah burung terluka karena dipotong, pastinya membuat burung kesulitan untuk mengeluarkan suara, apalagi bicara.

Burung juga jadi sulit makan dan minum. Akhirnya burung stres dan macet bunyi. Nah, karena tidak mau makan minum, kondisi tubuh burung menjadi drop dan jatuh sakit. Lama-kelamaan burung semakin lemah dan berujung pada kematian.

Sebenarnya memotong lidah burung tidak berpengaruh pada kepintaran burung dalam berbicara. Justru sebaliknya, burung akan mengalami celaka karena lidahnya terluka.

Mungkin setelah lidahnya dipotong, burung jadi suka mengeluarkan suara, tapi itu bukan suara bahagia melainkan suara sedih karena lidahnya terluka.

Baca juga: Pakai Air Ludah, Dalam 1 Hari Lovebird Bisa Langsung Jinak, Begini Caranya

3. Lidah Burung Digosok dengan Cincin Emas

Mitos lain yang kurang masuk akal adalah menggosok cincin emas pada lidah burung. Mitos seperti ini dulu cukup dipercayai masyarakat untuk membuat anaknya cepat bicara. Ternyata hal tersebut juga dilakukan pada lidah burung.

Jadi sebagian kicau mania percaya bahwa menggosok lidah burung dengan cincin emas dapat membuatnya cepat bicara. Secara logika, tindakan tersebut tidak masuk akal karena tidak ada hubungan antara pintar bicara dengan cincin emas.

Burung Jalak Jinak (blog.omy.sg)
Burung Jalak Jinak (blog.omy.sg)

Apalagi ada mitos yang mengatakan cincin emas yang mahal dapat membuat burung cepat bicara. Namun anehnya, hal tersebut dipercaya orangtua untuk membuat anaknya bisa bicara.

Baca juga: Fenomena Langka, Burung Perkutut Pakai Perhiasan Emas, Harganya Jadi Mahal

Selain cincin emas, sebagian orangtua zaman dulu percaya bahwa daun sirih yang dibacakan surah Al Fatihah dapat membuat anak cepat bisa bicara. Jadi setelah dibacakan Al Fatihah, daun sirih tersebut kemudian dipukulkan secara pelan pada mulut anak.

Katanya secara berangsur-angsur anaknya jadi bisa bicara. Sekarang anak tersebut malah kebanyakan bicara dan sulit disuruh diam. Apakah hal tersebut pengaruh daun sirih? Hal ini masih belum bisa dibuktikan kebenarannya.

Itulah beberapa mitos aneh cara melatih burung Jalak bicara seperti manusia. Semua mitos belum jelas kebenarannya, jadi tidak perlu terlalu dipercaya. Kalau mitos tersebut mempunyai dampak buruk, sebaiknya tidak perlu dilakukan.

Baca juga: Penggunaan Ilmu Hitam dan Minta Bantuan Dukun pada Lomba Burung

Kalau mau burung Jalak cepat bicara layaknya manusia, Anda bisa mengajaknya ngobrol secara rutin. Burung Jalak Nias, Jalak Kebo, dan Jalak Suren mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi. Sehingga cukup diajak bicara saja, mereka dapat menirukannya.

Cara-cara yang aneh dan terbilang ekstrem sebaiknya tidak perlu dilakukan karena justru akan membuat burung terluka. Lakukan cara alami dalam melatih burung bicara agar hasilnya memuaskan.

Apabila Anda mempunyai pengalaman aneh dalam melatih burung bicara, silakan berbagi dalam kolom komentar Burungnya.com. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • cara memotong lidah jalak kebo
  • cara melatih jalak suren bisa ngomong
  • cara memotong lidah burung jalak kebo
  • cara melatih jalak suren bisa bicara
  • memotong lidah jalak kebo
  • melatih jalak suren ngomong
  • melatih jalak suren bicara
  • burung aneh
  • apakah jalak suren dewasa bisa di latih ngomong
  • supaya jalak suren bisa ngomong

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!