4 Mitos Burung Perkutut yang Bikin Merinding

4 Mitos Burung Perkutut yang Bikin Merinding

Burungnya.com – Masyarakat Jawa mempercayai hal-hal gaib yang berkaitan dengan burung Perkutut. Namun, sebagian orang menganggap hal tersebut cuma mitos Perkutut saja. Tentu di zaman modern seperti sekarang, orang-orang terbagi menjadi dua, ada yang percaya mitos burung Perkutut, ada pula yang tidak mempercayainya.

Bagi Anda yang mempercayai mitos tersebut, sang pemelihara burung Perkutut tidak boleh sembarangan. Pasalnya, burung Perkutut dapat membawa keberuntungan, tapi ada juga Perkutut pembawa sial. Oleh karena itu, dalam merawat Perkutut harus berhati-hati.

Anda boleh percaya atau tidak, tapi orang Jawa kuno tentu sangat memegang teguh budaya dan kepercayaannya. Kalau burung Perkutut Lokal mempunyai mitos tertentu sebaiknya Anda jangan coba-coba menyepelekan atau meremehkan mitos tersebut.

Burung Perkutut Bertanduk Langka (facebook.com)
Burung Perkutut Bertanduk Langka (facebook.com)

Mitos Perkutut Lokal

1. Tidak Pelihara Burung Perkutut, Belum Jadi Pria Sejati

Orang-orang di Jawa mempercayai pria dewasa yang tidak memelihara burung Perkutut berarti belum bisa dikatakan pria sejati. Hal ini berhubungan dengan pakem orang jawa, yakni pakem 5 wasta.

5 Wasta yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Wisma: tempat tinggal
  2. Curigo: keris
  3. Turangga: kendaraan
  4. Garwa: istri
  5. Kukilo: burung (Perkutut)

2. Burung Perkutut Pembawa Keberuntungan

Tahukah Anda, burung Perkutut juga dipercaya dapat membawa keberuntungan alias dapat membawa rezeki, ketenteraman rumah tangga, meningkatkan wibawa atau pangkat kedudukan tertentu, dan mendatangkan keuntungan.

Jenis burung Perkutut yang dapat membuat orang kaya, senang, dan memudahkan rezeki adalah Perkutut Udan Mas, Perkutut Pancuran Emas, dan Perkutut Banyu Mili. Burung-burung ini dapat mensugesti pemiliknya agar lebih bahagia, mudah dalam hal pekerjaan, dan disukai banyak orang.

Perkutut Songgo Ratu (youtube.com)
Perkutut Songgo Ratu (youtube.com)

Selain itu, ada pula Perkutut yang dapat membawa keberuntungan, di antaranya Perkutut Songgo Ratu, Perkutut Lurah, Perkutut Daringan, Perkutut Putih, dan Perkutut Hitam atau Kol Buntet.

Salah satu Perkutut yang baik dipelihara adalah Perkutut Satriyo Pinayungan. Cirinya pada bagian kepala ada bulu warna putih. Burung ini dapat membuat keluarga tentram, dilancarkan rezeki, dan hal-hal baik lainnya. Perkutut ini tidak langsung membuat kaya, tapi dapat mensugesti seseorang menjadi cepat kaya.

3. Perkutut dapat Membawa Malapetaka

Pada zaman kerajaan Majapahit, ada seekor Perkutut pusaka kerajaan yang bernama Joko Mangu. Kisahnya Joko Mangu adalah pangeran yang berasal dari kerajaan Pajajaran yang ingin menuntut balas pada kerajaan Majapahit pasca perang Bubat.

Pangeran tersebut menyamar sebagai burung dan langsung masuk ke kaputren atau tempat sekar kedaton. Pangeran ini menyamar sebagai Perkutut. Kalau siang jadi Perkutut, kalau malam dia jadi manusia. Kemudian antara pangeran dan sekar kedaton memadu kasih. Pada suatu ketika mereka ketahuan, lalu menikah dan punya anak.

Loading...

Dari kisah Joko Mangu ini akhirnya dijadikan pusaka kerajaan Majapahit. Kemudian burung Perkutut jadi bernilai tinggi dan jadi burung peliharaan orang ningrat dan para raja-raja.

4. Burung Perkutut Pembawa Sial

Tidak hanya pembawa malapetaka saja, ternyata ada pula burung Perkutut yang bisa membawa sial bagi pemiliknya. Agar Anda dapat lebih mewaspadai hal tersebut, simak beberapa ciri-ciri Perkutut pembawa sial berikut:

  • Terdapat kecacatan pada bulu.
  • Burung sering berkicau tak karuan.
  • Perkutut hanya berkicau pada tengah malam saja. Katanya burung ini sedang mengundang nasib buruk atau malapetaka untuk datang ke rumah pemiliknya.

Tidak semua jenis Perkutut cocok dengan manusia. Sebagai contoh, burung Perkutut Buntel Mayit. Jika orang tersebut tidak kuat dengan burung Perkutut Buntel Mayit, maka orang tadi bisa mati atau ekonomi menurun, keluarga hancur, dan pekerjaan berantakan.

Ciri mathi burung Perkutut Buntel Mayit yakni di bagian sayap terdapat bulu putih. Kemudian ada juga burung Perkutut Brahma Labuh Genit yang mitosnya bisa menghambat perekonomian, rumah tangga berantakan, dan hal menakutkan lainnya. Ciri mathi Perkutut Brahma Labu Genit yakni di bulunya ada totol-totol merah.

Kesimpulan

Demikian beberapa mitos burung Perkutut yang menakutkan sekaligus bikin merinding. Mitos-mitos burung ini dapat Anda percaya atau tidak. Namun, yang pasti hal-hal gaib yang berkaitan dengan burung Perkutut selalu mengerikan.

Baca juga:

Kalau Anda ingin memelihara burung Perkutut, sebaiknya tanya dulu kepada ahlinya. Anda juga bisa datang ke penangkaran burung Perkutut yang fokus pada suara. Apabila Anda berburu Perkutut alam atau hutan, lebih baik berhati-hati karena bisa saja Perkutut tersebut tidak baik dipelihara karena bisa membawa malapetaka hingga membawa sial.

Kasus lainnya ada burung Perkutut masuk ke dalam rumah. Kemudian burung Perkutut tersebut cuma berbunyi di tengah malam. Burung seperti ini sebaiknya dilepaskan kembali dan jangan dipelihara. Takutnya, burung tersebut dapat membawa sial dan kesengsaraan. Kalau sudah dilepas, burung tetap balik lagi ke rumah, dipelihara tidak masalah.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • perkutut Brahma labuh
  • gambar perkutut aneh
  • gambar burung perkutut kolbuntet
  • foto perkutut bertuah
  • ciri ciri perkutut majapahit
  • Ciri ciri burung perkutut majapahit
  • ciri ciri burung perkutut banyu mili
  • Burung perkutut sendang pancura
  • burung perkutut pembawa sial
  • Perkututbanyumilipembawahoki

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!