13 Model Sangkar Berbagai Jenis Burung di Indonesia

Burungnya.com – Setiap jenis burung di Indonesia memiliki model sangkar atau kandang yang berbeda. Misal sangkar Murai Batu ukurannya lebih besar dan tinggi karena ekornya panjang. Sementara sangkar burung Pleci kecil karena ukuran tubuhnya kecil. Model sangkar burung menyesuaikan ukuran dan pergerakan burung.

Jangan sampai Anda salah dalam memilihkan sangkar burung. Soalnya, burung tidak akan nyaman dan tersiksa jika Anda tidak besar dalam membelikan kandang burung. Sebagai contoh, Anda memiliki burung Lovebird, tapi Anda malah masukkan ke dalam sangkar Perkutut.

Walau sama-sama burung berada di dalam kandang, tetapi tingkat kenyamanan berkurang dan kurang sedap dipandang mata. Belum lagi, orang lain akan menertawakan karena Anda salah dalam membeli sangkar burung.

Nah, agar tidak salah lagi, berikut beberapa model sangkar berbagai jenis burung populer di Indonesia.

1. Sangkar Burung Lovebird

Sangkar Burung Lovebird (arenahewan.com)
Sangkar Burung Lovebird (arenahewan.com)

Burung Lovebird suka menggigit kayu. Oleh karena itu, biasanya Lovebird diberi sangkar kapsul dari besi agar aman. Bentuk sangkarnya pada bagian atas oval, sementara bagian bawah diberi tebok yang bisa diganti-ganti warna dan desainnya. Kemudian bagian gantungan sangkar juga bisa diganti sesuai selera.

Lovebird juga memiliki bentuk sangkar kotak yang biasanya untuk koloni atau ternak. Lalu, di dalamnya diberi glodok untuk sarang saat mengerami telur. Ukuran tinggi sangkar 65 cm dengan diameter 33 cm.

2. Kandang Burung Murai Batu

Kandang Burung Murai Batu (tokopedia.com)
Kandang Burung Murai Batu (tokopedia.com)

Burung Murai Batu dikenal memiliki ekor yang indah dan panjang. Sehingga ukuran sangkar burung ini harus tinggi dan besar. Biasanya ukuran sangkar Murai tingginya 75 cm dengan diameter 60 cm. Mengapa sangkar harus tinggi?

Alasannya karena panjang ekor Murai Batu bisa lebih dari 30 cm. Kalau sangkar kecil, ekornya bisa terbentuk dinding atau alas, dan akhirnya rusak atau patah.

3. Sangkar Burung Kenari

Sangkar Burung Kenari (suarasiber.com)
Sangkar Burung Kenari (suarasiber.com)

Tidak perlu besi, burung Kenari bisa menggunakan sangkar kayu. Tenang saja, burung Kenari bukan tipe pemakan kayu. Sehingga kandang kayu masih aman dan dia tidak akan kabur.

Ukuran sangkar Kenari biasanya bermacam-macam, tetapi bedanya cuma beberapa cm saja. Yang paling besar, sangkar berukuran 48 cm x 42 cm x 70 cm.

4. Kandang Burung Kacer

Kandang Burung Kacer (youtube.com)
Kandang Burung Kacer (youtube.com)

Sama seperti Kenari, burung Kacer bisa menggunakan sangkar yang ukurannya mirip dengan burung Kenari. Kacer identik dengan sangkar kotak. Sehingga ditempatkan di sangkar milik Kenari juga tidak masalah. Tetapi bedanya, ukuran diameter kandang bisa lebih besar antara 40 cm – 60 cm.

5. Sangkar Burung Jalak

Sangkar Burung Jalak (shopee.co.id)
Sangkar Burung Jalak (shopee.co.id)

Ukuran burung Jalak dan Kacer hampir sama tetapi lebih besar Jalak. Sehingga diameter sangkar Jalak diusahakan yang besar, 45 cm – 60 cm. Untuk bahan sangkar, bisa menggunakan kayu saja. Kalau mau kuat, pilih sangkar kayu jati. Selain kuat sangkar kayu jati juga awet dan tidak mudah keropos.

6. Kandang Burung Cucak Ijo

Kandang Burung Cucak Ijo (globalkicau.com)
Kandang Burung Cucak Ijo (globalkicau.com)

Nah, kalau burung Cucak Ijo sangkarnya bisa disamakan dengan burung Jalak. Pasalnya, karakter dan ukuran kedua jenis burung tersebut hampir sama. Misal, Anda memiliki burung Jalak dan Cucak Ijo, beli saja dua kandang kayu dengan model yang sama.

7. Sangkar Burung Cendet

Sangkar Burung Cendet (omkicau.com)
Sangkar Burung Cendet (omkicau.com)

Bagaimana dengan Cendet? Sama saja, ukuran sangkar Cendet bisa disamakan dengan Kacer atau Kenari. Anda bebas, mau memilihkan ukuran sangkar Cendet karena tubuhnya tidak terlalu besar atau kecil.

Loading...

8. Kandang Burung Pleci

Sangkar Burung Pleci (tokopedia.com)
Sangkar Burung Pleci (tokopedia.com)

Kalau burung Pleci ukuran sangkarnya beda dari yang lain. Burung ini bisa diberi sangkar ukuran kecil 22 cm x 22 cm x 60 cm. Bentuk sangkar kandang Pleci ada yang kapsul atau kotak memanjang. Anda bisa membeli sangkar berbahan kayu atau besi.

9. Sangkar Burung Perkutut

Kandang Burung Perkutut (blanja.com)
Kandang Burung Perkutut (blanja.com)

Ciri khas sangkar burung Perkutut memiliki kubah bulat di atasnya. Sebagian besar sangkar Perkutut berbahan kayu. Bagian atas sangkar berbentuk oval kemudian semakin ke bawah ukuran diameter mengecil.

Rata-rata ukuran sangkar memiliki tinggi 65 cm dan lebar 45 cm. Bentuk tangkringan Perkutut juga berbeda karena terlihat lebih tebal dan bertumpuk.

10. Kandang Burung Anis Merah

Sangkar Burung Anis Merah (bukalapak.com)
Sangkar Burung Anis Merah (bukalapak.com)

Nah, burung Anis Merah mempunyai sangkar yang mirip dengan Murai Batu. Namun, tinggi sangkarnya lebih rendah dari burung Murai Batu. Mungkin hal tersebut karena ekor Anis Merah tidak terlalu panjang.

11. Sangkar Burung Merpati

Kandang Burung Merpati Dongdang (shopee.co.id)
Kandang Burung Merpati Dongdang (shopee.co.id)

Kalau Burung Merpati model sangkarnya sebagian besar kotak. Burung ini bukan tipe ocehan sehingga tidak memiliki kaki-kaki. Ukuran sangkar Merpati dengan 4 pintu biasanya 60 cm x 30 cm x 35 cm.

12. Kandang Burung Branjangan

Sangkar Burung Branjangan (business.site)
Sangkar Burung Branjangan (business.site)

Sekilas kandang burung Branjangan sama dengan Anis Merah dan Murai Batu. Namun, ukurannya lebih kecil yaitu diameter 33 cm dan tinggi 60 cm. Ada lagi perbedaannya, yakni tangkringan burung Branjangan terbuat dari bahan batu apung. Jadi, tangkringan cuma kecil di tengah dengan batu apung di atasnya.

13. Sangkar Burung Kolibri

Kandang Burung Kolibri (shopee.co.id)
Kandang Burung Kolibri (shopee.co.id)

Salah satu burung terkecil adalah Kolibri. Nah, karena ukuran tubuh kecil, maka ukuran sangkar juga kecil yaitu 25 cm x 25 cm x 40 cm. Dibandingkan dengan sangkar Pleci, sepertinya lebih kecil sangkar burung Kolibri. Jangan lupa pilih jeruji yang agak rapat karena burung ini sangat kecil.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian beberapa model sangkar berbagai jenis burung di Indonesia. Apakah Anda sudah membelikan sangkar yang sesuai dengan jenis burung tersebut? Sekarang harga sangkar sangat terjangkau, tapi kalau bahan dan desainnya bagus biasanya masih mahal.

Terlepas dari harga murah dan mahal, lebih baik pilihkan sangkar yang sesuai dengan jenis burung. Jangan sampai Anda asal membeli sangkar karena tidak tahu. Burung butuh rumah untuk tinggal dan meningkatkan rasa percaya diri. Jadi jangan sampai salah membeli sangkar burung.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa bagikan ke teman-teman yang lain dan follow Instagram @burungnyadotcom. Terima kasih.

Loading...

Pencarian terkait:

  • kumpulan sangkar burung unik
  • bentuk bentuk sangkar dan ukuranya
  • jenis2 sangkar perkutut
  • macam2 sangkar burung dari besi
  • jenis jenis sangkar
  • Jenis jenis sang
  • ukuran jenis kurungan burung
  • dongdang jati minimalis 4 pintu
  • contoh sangkar dari kawat untuk burung prenjak
  • berbagai macam kandang kayu

Berikan komentar

error: Dilarang Copy Paste!!